Beredar Masker Medis BFE Tinggi, Apa Itu?

Advertorial - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 00:00 WIB
adv pokana
Foto: dok. Pokana Mask
Jakarta - Sejak awal virus COVID-19 merebak, langkah pertama dalam mengurangi penyebaran sesuai anjuran dari WHO adalah penggunaan masker. Namun beberapa waktu lalu, karena timbulnya kepanikan di masyarakat, masker dengan kualitas baik seperti masker medis menjadi hal yang langka akibat penimbunan sehingga membuat harganya meroket.

Kondisi itu membuat masker kain, masker scuba, atau masker daily (sehari-hari) dipilih menjadi alternatif oleh sebagian masyarakat. Namun saat ini muncul masker medis dengan BFE tinggi yang bisa digunakan masyarakat, sebenarnya apa sih masker medis BFE tinggi tersebut?

Dilansir dari laman harvardbusinessreview, para peneliti menyebutkan bahwa virus COVID-19 sebagian besar ditularkan melalui droplet orang yang terinfeksi COVID-19. Orang tersebut dapat dengan mudah menyebarkan droplet tersebut pada saat mereka sedang bernafas, berbicara, batuk, maupun bersin.

Oleh karena itu, diperlukan masker dengan tingkat filtrasi (bacterial filtration efficiency/BFE) yang tinggi sehingga transmisi virus dapat dicegah. Semakin tinggi tingkat BFE-nya maka semakin baik filtrasi terhadap virus yang dimiliki masker tersebut.

Dari beberapa penelitian yang ada, masker bedah (masker medis) dengan tingkat BFE tinggi dapat juga menghalangi sebagian besar transmisi dari COVID-19. Sedangkan untuk masker biasa seperti masker kain dan masker daily, hanya bisa melindungi dari partikel seperti debu saja karena tidak memiliki filter untuk virus.

Terkait dengan tren penggunaan masker saat ini, ada baiknya menggunakan masker medis yang lebih aman ketimbang masker biasa. Apalagi ketersediaan masker medis pun sudah semakin banyak sehingga masyakarat tidak kesulitan mendapatkan masker dengan proteksi lebih baik, terlebih saat tingkat penyebaran virus masih tinggi.

Namun, masyarakat juga harus tahu bahwa tidak semua masker medis yang dijual saat ini memiliki tingkat BFE tinggi, karena tidak adanya bahan filter di dalam masker tersebut.

Salah satu merek masker dengan tingkat BFE tinggi yang sudah teruji medis adalah Pokana Mask. Masker ini memiliki bahan filter spesial bernama meltblown yaitu serat khusus yang dapat menahan mikropartikel seperti virus COVID-19.

[Gambas:Video 20detik]

Sebagai filter, meltblown mempunyai fungsi electret yaitu magnet yang membuat partikel virus menempel di bagian luar masker sehingga meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Filter meltblown ini pun sudah terbukti secara medis memiliki tingkat filtrasi BFE 97%. Artinya, memfiltrasi droplet secara maksimal.

Masker Pokana sudah lulus uji ISO (International Standard Operation) Medis 13485, ISO 10993 dan bersertifikat CE yang merupakan standar alat kesehatan di wilayah Eropa. Ketika dicoba menggunakan air, Pokana Masker dengan filter meltblown juga terbukti tidak tembus air atau tahan air.

Pokana Mask merupakan masker medis BFE tinggi dengan tiga lapisan terbaik untuk memberikan proteksi maksimal bagi masyarakat di new normal. Yuk gunakan masker medis dengan BFE tinggi untuk menjaga diri kita dan orang lain dari virus berbahaya.

(adv/adv)