Lintasarta Dukung Smart City di Pemkab Siak

Advertorial - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 00:00 WIB
adv lintasarta
Foto: dok. Lintasarta
Siak - Lintasarta kembali mendukung program pemerintah Indonesia, khususnya pembangunan smart city di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Provinsi Riau. Acara launching Siak Live Room yang berlangsung pada 13 Februari 2020 lalu, dihadiri oleh Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, Bupati Siak Drs. H. Alfedri M.Si, Direktur Bisnis Lintasarta Alfi Asman, Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan manajemen Pemkab Siak.

Setelah membantu membangun lebih dari 20 wilayah kota/kabupaten di Indonesia dalam menerapkan smart city, hal tersebut merupakan bentuk dukungan Lintasarta pada pembangunan daerah di seluruh Indonesia. Melalui solusi total Information and Communications Technology (ICT) yang lengkap, mulai dari infrastruktur yang handal dan jaringan komunikasi yang luas hingga daerah terpencil di seluruh Indonesia.

Lintasarta berkontribusi mulai dari Smart City Platform, Smart Tourism, Akses Internet, dan CCTV yang terintegrasi dengan aplikasi milik pemerintah daerah. Ditahap awal, penerapan smart city di Kabupaten Siak berfokus pada integrasi data ke sebuah platform smart city yang dinamakan SKOTA DATA, serta pengembangan pariwisata melalui pembangunan aplikasi mobile bernama Smart Tourism untuk perangkat Android.

"Lintasarta terus membantu mengimplementasikan smart city di beberapa wilayah Indonesia yang memotivasi daerah lain untuk ikut tumbuh menjadi kota yang terus berkembang dan berkompetisi menjadi kota cerdas yang semakin meningkatkan pendapatan asli daerahnya, serta semakin baik pelayanan publiknya," ujar Direktur Bisnis Lintasarta Alfi Asman.

"Membangun Indonesia melalui teknologi menjadi komitmen Lintasarta sebagai salah satu kunci sukses dalam mendukung penerapan smart city di wilayah Pemkab Siak. Hal ini menambah daftar kota dan kabupaten yang didukung oleh Lintasarta dalam mengimplementasikan Smart City," imbuhnya.

SKOTA, merupakan Solusi Kota milik Lintasarta yang membantu pemerintahan dalam memberikan layanan smart city terbaik pada masyarakat kota dan daerah. SKOTA menawarkan solusi menyeluruh yang terbagi dalam beberapa tahapan, mulai dari perencanaan, implementasi, hingga sosialisasi pada masyarakat.

Smart City mendukung keputusan strategis dan penyusunan program berkelanjutan dari Pemkab Siak, di antaranya terkait event dan pengembangan potensi wisata, monitoring limbah yang mengalir di sungai, monitoring serta langkah antisipasi kebakaran hutan atau lahan, yang keseluruhannya ditunjang oleh data-data berbasis Internet of Things (IoT).

Lintasarta juga menyediakan konsultasi solusi hingga tahap sosialisasi ke masyarakat melalui kolaborasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melalui layanan dari Project Digital Marketing seperti Digital Signage (Videotron), Wifi, dan SEO Social Media Activation. Melalui kerja sama dengan Lintasarta, setiap daerah akan terbantu tidak hanya sampai implementasi layanan tetapi berdampak pada kemajuan yang dirasakan oleh masyarakat daerah.

Sebagai ICT Total Solution Company, Lintasarta terus memberikan kualitas layanan yang terbaik bagi berbagai daerah dalam mendukung implementasi smart city menuju smart nation di Indonesia.

Kunjungi www.lintasarta.net untuk mengetahui layanan Smart City Lintasarta. (adv/adv)