Sunday Market di Madiun Serap Ratusan Pedagang Lokal

Advertorial - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 00:00 WIB
adv pemkab madiun
Foto: Dok. Pemkot Madiun
Madiun - Pemerintah Kota Madiun mengadakan acara bertajuk Sunday Market di bantaran sungai sekitar Jl. Ahmad Yani, Kota Madiun. Acara ini menghadirkan ratusan pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjajaki berbagai dagangan yang digelar Minggu (16/2/2020), kemarin.

"Kalau jumlah pelaku UMKM yang berjualan di lokasi Sunday Market ada kurang lebih sekitar 700 dan 652 asli warga kota Madiun dan sisanya dari luar kota," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun, Gaguk Haryono dalam keterangan tertulis.

Menurut Gaguk, acara ini pada awalnya bertajuk Car Free Day (CFD) dan dilaksanakan di Jl. Pahlawan Kota Madiun. Namun kemudian acara tersebut diubah namanya dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 4 Agustus 2019.

Para pedagangan yang sebelumnya berjualan di CFD berharap dengan dipindahkannya dagangan mereka ke Sunday Market bisa mendapatkan keuntungan lebih besar. Terlebih ketentuan jam berjualan di Sunday Market, lebih lama dibandingkan pada CFD sebelumnya.

"Kalau CFD kan jam 08.00 WIB sudah harus bubar. Tapi kalau di Sunday Market ini kan bisa jualan sampai pukul 12.00 WIB. Harapannya ya pendapatan lebih besar. Saat di CFD saya bisa mendapatkan Rp 300 ribu per kegiatan CFD. Di sini dapat Rp 500 ribuan," ujar salah satu pedagang Sunday Market Yanti.

Sunday Market di Madiun Serap Ratusan Pedagang LokalFoto: Dok. Pemkot Madiun

Selain pedagang, acara ini juga menambah penghasilan warga di sekitar Kelurahan Pangongangan yang membuka jasa parkir. Setiap adanya Sunday Market kendaraan tampak berjajar di bantaran sungai Madiun sepanjang kurang lebih 1 KM.

Tidak ketinggalan salah satu pengunjung bernama Siti juga ikut berkomentar kalau di Sunday Market semua kuliner lengkap tersaji mulai dari selera anak hingga dewasa dan orang tua.

"Semua kuliner komplit baik untuk anak-anak, dewasa maupun orang tua. Ada pecel dan aneka kuliner tradisional, getuk," ungkap siti.

"Asik sekali suasananya, bisa menghilangkan kepenatan di Minggu pagi. Suasananya juga nyaman, bersih cocok untuk acara keluarga," pungkas Siti. (adv/adv)