Solusi Hyundai untuk Kendaraan Ramah Lingkungan di Indonesia

Advertorial - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 00:00 WIB
adv hyundai
Hyundai IONIQ Electric (Foto: dok. Hyundai)
Jakarta - Perusahaan otomotif asal Korea Selatan Hyundai baru-baru ini memperkenalkan Electric Vehicle (EV) miliknya yaitu Hyundai IONIQ Electric. Bekerja sama juga dengan Grab, Hyundai Motor Company akan memberikan 20 unit Hyundai IONIQ Electric ini untuk nantinya beroperasi di awal tahun 2020.

Kehadiran Hyundai IONIQ Electric juga menandai awal perjalanan Hyundai dan Grab Indonesia, untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan di negara ini. Pada tahap awal kemitraan, Grab Indonesia akan memiliki 20 unit Hyundai IONIQ Electric untuk beroperasi mulai dari awal 2020 di Wilayah Jabodetabek.

Hyundai IONIQ Electric adalah generasi terbaru dari kendaraan bermotor ramah lingkungan. Mobil ini adalah sebuah kombinasi yang menarik dan luas dari inovasi, kecanggihan, kinerja dan gaya, yakni 100% listrik. Hyundai IONIQ Electric memiliki kapasitas baterai 38,3 kWh dan dilengkapi dengan pengisian daya secara cepat (50-kW), yang dapat diisi ulang hingga 80 persen hanya dalam 57 menit. Ketika baterai terisi penuh, Hyundai IONIQ Electric dapat menempuh jarak rata-rata mengemudi hingga 373 km (berdasarkan NEDC).

Dengan diperkenalkannya Hyundai IONIQ Electric untuk pertama kalinya di Indonesia, bekerja sama dengan Grab bulan lalu, Hyundai Motor Company juga akan berkontribusi untuk memelihara ekosistem kendaraan listrik Indonesia. Selain itu Hyundai juga ingin membangun lingkungan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan kepemimpinan dalam teknologi clean mobility.

Lebih lanjut, ekosistem kendaraan listrik yang matang di Indonesia akan memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan sektor industri kendaraan listrik termasuk kelistrikan, stasiun pengisian daya, baterai, bagian-bagian kendaraan listrik, bahan baku, dan lain-lain. Untuk itulah, Hyundai berkomitmen untuk melakukan penilaian komprehensif untuk menciptakan kontribusi signifikan terhadap perkembangan tersebut.

Seperti beberapa bulan yang lalu, pihak Hyundai berbicara di hadapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyatakan komitmennya untuk memperkuat sektor otomotif Indonesia dengan mengembangkan pusat manufaktur ASEAN pertama dan menjajaki peluang untuk memproduksi kendaraan listrik.

Selain itu, investasi dan pembangunan akan membawa nilai tambah yang besar bagi perekonomian nasional dengan membuka lebih dari 23.000 lapangan kerja baru, baik secara langsung maupun tidak langsung, serta pusat-pusat penelitian dan pengembangan. Hyundai Motor Company juga merasa terhormat dengan kemitraan yang terjalin dengan Grab dan dukungan dari pemerintah dalam merangkul masa depan mobilitas dengan kendaraan listrik.

Hyundai Motor Company juga berkomitmen untuk mengamankan posisi kepemimpinan dalam elektrifikasi di bawah strategi 2025 dengan berfokus pada penyajian produk dan layanan yang paling diinginkan bagi pelanggan.

Untuk mengamankan posisi tersebut di bawah strategi 2025, Hyundai Motor Company bulan lalu mengumumkan rancangan strategi yang cukup berani untuk mengamankan posisinya sebagai pelopor dalam industri mobilitas masa depan.

Hyundai akan mendorong Smart Mobility Device dan Smart Mobility Service sebagai dua pilar bisnis inti, dan sinergi antara dua pilar ini yang diharapkan dapat memfasilitasi transisi perusahaan menjadi Smart Mobility Solution Provider.

Untuk Bisnis Smart Mobility Device, Hyundai akan memasok produk-produk yang dioptimalkan untuk layanan dan digunakan sebagai dasar untuk membantu mengembangkan layanan bisnis. Di sisi lain, bisnis Smart Mobility Service akan memberikan konten dan layanan yang dipersonalisasi pada perangkat untuk membantu mengamankan basis pelanggan yang lebih luas.

Rencana Hyundai untuk Smart Mobility Device mencakup berbagai kelompok produk di luar mobil seperti Personal Air Vehicle (PAV), robotika, dan mobilitas jarak jauh. Hyundai akan memperkuat kemampuan manufakturnya untuk membangun produk yang menawarkan pengalaman mobilitas tanpa batas kepada para pelanggan.

Sementara itu, Smart Mobility Service adalah area bisnis baru untuk Hyundai yang akan dikembangkan sebagai pilar strategis utama bagi bisnis di masa depan. Layanan dan konten akan dipersonalisasi dan ditawarkan melalui platform terintegrasi untuk memaksimalkan nilai/value bagi pelanggan.

Hyundai pun selalu menjadikan masyarakat sebagai pusat dunia yang telah menginspirasi Hyundai untuk terus berinovasi dan menghasilkan solusi yang lebih cerdas. Solusi yang akan membuat hidup lebih mudah, lebih sehat dan nyaman. Hyundai akan terus berkomitmen untuk menjadi pemimpin masa depan mobilitas dengan mobil-mobil yang dapat digunakan bersama, saling terhubung, dan bersih.

Hyundai juga akan menawarkan mobilitas yang terhubung untuk menghubungkan mobil dengan dunia. Salah satunya dengan menghadirkan clean mobility dengan fuel cell dan mobil listrik untuk menawarkan masa depan yang lebih bersih dan sehat. Hyundai juga menjadi penyedia solusi mobilitas pintar dengan tiga pilar penting: shared mobility, connected mobility, dan clean mobility.

Baru-baru ini, Hyundai Motor Company pun telah meluncurkan visi inovatifnya di ajang CES 2020 bagi mobilitas perkotaan untuk membantu menghidupkan kota-kota masa depan yang tersentralisasi pada umat manusia. Untuk mewujudkan visi tersebut, Hyundai Motor memperkenalkan tiga solusi mobilitas, yang terdiri dari Urban Air Mobility (UAM), Purpose Built Vehicle (PBV) dan Hub, tempat untuk perpindahan mobilitas dan kegiatan-kegiatan komunitas.

Berdasarkan solusi mobilitas ini, Hyundai memiliki tujuan untuk membebaskan kota-kota masa depan dan orang-orang dari batasan waktu dan ruang serta memungkinkan mereka untuk menciptakan nilai atau value lebih dalam kehidupan mereka. Perusahaan juga akan mempercepat implementasi visi merek yakni 'Progress for Humanity' dan mentransformasikan dirinya menjadi 'Smart Mobility Solution Provider'. Hyundai juga akan berencana untuk mengimplementasikan visi-misi tersebut di Indonesia.

Lewat inovasi-inovasi tersebut Hyundai Motor Company telah bekerja keras untuk memberikan keleluasaan kepada semua orang dengan berinvestasi dalam layanan mobilitas, membangun hubungan baik dengan penyedia layanan mobilitas terkemuka dan memperluas perannya di luar sektor transportasi otomotif. Nantinya perusahaan akan memainkan peran penting dalam transisi masyarakat global ke sebuah teknologi energi bersih dengan membantu menjadikan hidrogen sebagai sumber energi yang layak dikonsumsi secara ekonomi.

Hyundai juga memiliki gagasan tentang mobilitas masa depan didasarkan pada komitmen kuat yang diberikan kepada masyarakat. Dalam hal ini Hyundai berperan untuk melakukan sesuatu hal yang benar, yakni untuk kemanusiaan. Fokus pada kemanusiaan yang berarti memahami apa yang orang-orang butuhkan di dalam kehidupan. Untuk mendapatkan yang terbaik dari waktu yang dimiliki.

Hyundai pun memahami bahwa waktu adalah komoditas paling berharga, satu hal yang tidak dapat dibeli dengan uang. Begitulah cara hidup bukan hanya tentang menghabiskan waktu, namun tentang bagaimana waktu dapat digunakan dengan baik.

Hyundai memiliki tujuan yaitu untuk menemukan kembali 24 jam yang sama-sama telah diberikan untuk menghabiskan waktu berkualitas, menjadikan setiap momen benar-benar berharga dan bermanfaat. Ini adalah mobilitas masa depan dan juga bukan tentang pergi dari satu tempat ke tempat lain, namun ini lebih ke momen-momen yang sangat penting di hidup. Menghubungkan orang-orang di sekitar dengan waktu yang berkualitas.

Baca cerita menarik lainnya dari Hyundai, di sini. (adv/adv)