Sido Muncul Beri Bantuan Korban Banjir Jakarta Senilai Rp 650 Juta

Advertorial - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 00:00 WIB
Sido Muncul beri bantuan ke posko bencana banjir Jakarta (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Bencana banjir yang melanda ibu kota Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 ini begitu memprihatinkan. Iyam salah seorang korban banjir dari Kelurahan Cipinang Melayu menceritakan kejadian banjir bandang yang menerjang pada malam Tahun Baru lalu.

"Iya itu sekitar jam 5 sore, air tiba-tiba datang 'wusss' kayak kali, dan langsung tinggi, nggak ada yang namanya berpikir buat nyelamatin barang-barang, itu semua dagangan, barang, kerendem semua, yang penting diri bisa selamat, langsung pergi, ngungsi saja," ucap ibu satu anak ini di Posko Universitas Borobudur, Kamis (2/1/2020).

Seorang warga Cawang, Ike, yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung pun turut menuturkan kisah tragisnya, saat banjir yang tiba-tiba datang dan menjebol tembok kayu rumahnya.

"Jadi itu air sungai besar datang dari Bogor, karena penuh tidak bisa mengalir ke arah sana (hilir), menghempaslah ke arah sini (rumahnya). Ini semua jebol, terbawa banjir semua, tidak ada yang bisa diselamatkan. Tinggi airnya sudah sampai 2 meter itu bisa dilihat sendiri masih basah temboknya," tuturnya.

Sido Muncul Beri Bantuan Korban Banjir Jakarta Senilai Rp 650 JutaPemberian bantuan melalui Polda Metro Jaya (Foto: dok. detikcom)

Sebagai bentuk empati terhadap para korban terdampak khususnya masyarakat di wilayah Jakarta, PT Industri Jamu Sido Muncul Tbk memberikan bantuan total senilai Rp 650 juta. Bantuan itu diberikan dalam bentuk produk-produk Sido Muncul.

Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan produk-produk Sido Muncul seperti Tolak Angin, Tolak Linu, Kuku Bima Energi, dan Madu Sido Muncul diharapkan bisa membantu warga dalam mengurangi beberapa keluhan kesehatan seperti masuk angin.

"Waktu banjir saya masih di Korea, terus saya telepon. Kemarin langsung berpartisipasi dengan Polda Metro Jaya, di Cawang, Teluk Gong, Posko Borobudur, Petogogan. Kita kasih produk-produk Sido Muncul, seperti Tolak Angin cair karena kan masuk angin, terus Tolak Linu, Kuku Bima Energi, Madu Sido Muncul," ungkapnya.

Ia berharap jangan sampai bencana banjir ini terjadi lagi. Sebab, banjir bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat terutama lansia dan juga seringkali merusak harta benda yang menyebabkan kerugian yang cukup besar.

"Saya juga berharap masyarakat harus tertib dalam membuang sampah. Ini salah satu penyebabnya. Sampah berlebihan," imbuhnya.

Bantuan senilai Rp500 juta diserahkan secara langsung oleh Brand Ambassador Kuku Bima Energi, Donny Kesuma kepada Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Wahyu Hadiningrat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Sido Muncul yang telah memberikan sumbangan kepada para korban-korban banjir yang ada di 11 titik yang ada di Kota Jakarta ini. Hari ini, Wakapolda dan seluruh jajaran dan juga dari pihak Sido Muncul sendiri akan langsung menuju ke posko-posko untuk mendistribusikan secara langsung kepada korban-korban banjir," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus.

Adapun bantuan yang diberikan melalui Polda Metro jaya berupa produk-produk Sido Muncul seperti Tolak Angin Cair 150 Karton, Tolak Angin Anak 50 karton, Tolak Angin Bebas Gula 5 karton, Madu 30 karton, Tolak Linu 30 karton, Kuku Bima Energi 5 karton, Kopi Jahe 50 karton, dan Susu Jahe 200 karton.

Sido Muncul Beri Bantuan Korban Banjir Jakarta Senilai Rp 650 JutaPemberian bantuan secara simbolis di posko Universitas Borobudur (Foto: dok. detikcom)

Selain diserahkan melalui Polda Metro Jaya, bantuan juga diserahkan secara langsung ke beberapa lokasi Posko Bantuan. Pertama yaitu posko di Kelurahan Petogogan Jakarta Selatan. Lurah Petogogan, Sarwanto mengucapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan Sido Muncul.

"Ini sangat membantu sekali, kami sangat berterima kasih. Di samping memberikan tambahan kesehatan kepada masyarakat yang mengungsi, mudah-mudahan Sido Muncul juga akan berpartisipasi di kelurahan lainnya yang masih membutuhkan bantuan dari Sido Muncul. Dan mudah-mudahan yang terkena banjir akan cepat surut kalinya," ungkapnya.

Setelah dari Petogogan, tim Sido Muncul pun bertolak ke Posko Universitas Borobudur dan Posko Kelurahan Cawang di Jakarta Timur. Di lokasi bencana, Brand Ambassador Kuku Bima Energi, Donny Kesuma membagi-bagikan produk-produk Sido Muncul kepada para korban.

Sido Muncul Beri Bantuan Korban Banjir Jakarta Senilai Rp 650 JutaBrand Ambassador Kuku Bima Energi, Donny Kesuma mebagikan produk Sido Muncul kepada para korban (Foto: dok. detikcom)

Melihat secara langsung korban-korban banjir Jakarta, Donny mengatakan bahwa bencana ini merupakan sebuah bencana yang bukan hanya berasal dari alam tapi juga akibat dari perbuatan manusia.

"Jadi imbauan kami dari Sido Muncul, dari saya sendiri kepada masyarakat, jagalah lingkungan, mudah-mudahan bencana seperti ini tidak akan terjadi lagi. Memang hujan deras, tapi kalau kita menjaga lingkungan, drainase bersih, got bersih, Insyaallah tidak akan terjadi banjir," tandasnya. (adv/adv)