Profesional, Mahasiswa President University Wawancarai Anggota DPR RI

Advertorial - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 00:00 WIB
Foto: Dok. President University
Jakarta - Dalam kunjungannya ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) di Jakarta beberapa waktu lalu, mahasiswa Ilmu Komunikasi President University bertemu dan mewawancarai Ratih Megasari Singkarru, anggota DPR RI komisi X.

Seperti diketahui, Ratih merupakan alumni Ilmu Komunikasi President University angkatan 2008.

Dosen Ilmu Komunikasi President University M. Raudy Gathmyr mengatakan kunjungan tersebut merupakan bagian dari mata kuliah Introduction to Journalism atau Pengantar Jurnalistik.

"Topik yang sedang dipelajari mahasiswa saat ini sebenarnya adalah reporting local government. Tapi saya tantang mereka untuk langsung ke DPR karena saya melihat bahwa Indonesia saat ini berada di era legislative heavy, jadi akan lebih berharga jika mereka melakukan liputan di DPR," kata Raudy dalam keterangannya, Rabu (18/12/2019).

Profesional, Mahasiswa President University Wawancarai Anggota DPR RIFoto: Dok. President University

Format liputan yang semula berkonsep one to one, atas permintaan Kepala Biro Setjen DPR RI berubah menjadi format talkshow.

Dengan sigap para mahasiswa menata ulang segala perlengkapan serta menyimak arahan Raudy sebagai dosen pendamping.

Keren Gracelie, salah satu mahasiswa yang mengikuti praktik liputan tersebut mengatakan para mahasiswa diberi kebebasan dan tanggung jawab namun tetap mengacu pada arahan Raudy.

"Seluruh anggota tim bersama-sama memikirkan set kameranya mau seperti apa dan menentukan letak camera. Kemudian kami meminta persetujuan dan arahan dari Pak Raudy. Jadi intinya, kami diberikan kebebasan dan tanggung jawab tapi tetap diarahkan," ungkap Karen.

Hal senada juga diungkapkan Angelina Natasha yang mengatakan bahwa dengan persiapan yang matang, liputan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

"Pertama deg-degan. Saya yang awalnya jadi camera person, tiba-tiba harus berubah menjadi reporter karena perubahan format liputan yang menjadi talkshow. Tetapi berkat persiapan yang matang dan materi yang diajarkan di kelas, liputan dilaksanakan dengan baik," ujar Angelina.

Profesional, Mahasiswa President University Wawancarai Anggota DPR RIFoto: Dok. President University

Seperti diketahui pengalaman liputan kali ini cukup menegangkan bagi para mahasiswa karena para peserta merupakan mahasiswa semester pertama.

"Yang melakukan liputan ini adalah mahasiswa yang baru 4 bulan menjalani masa perkuliahan. Meski begitu, mereka dengan baik melaksanakan liputan bahkan tanpa pengulangan. Semuanya one take. Bahkan beberapa orang yang menyaksikan liputan kami mengira bahwa mereka adalah mahasiswa tingkat akhir," ujar Raudy.

Selain Ratih, para mahasiswa juga berkesempatan untuk mewawancarai jurnalis senior yang saat ini menjadi Wakil Pemimpin Redaksi iNews, Ariyo Ardi di markas besar MNC Group di Jakarta.

Dalam liputan ini, para mahasiswa berusaha mengulik seluk beluk profesi jurnalis dan belajar untuk menjadi jurnalis yang baik.

Raudy pun berharap melalui praktik-praktik langsung semacam ini, lulusan Ilmu Komunikasi President University dapat menjadi jurnalis-jurnalis andal yang siap kerja. (adv/adv)