detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 00:00 WIB

Alvara Rilis 5 Menteri Terbaik Jokowi-JK, Salah Satunya Arief Yahya

Advertorial - detikNews
Alvara Rilis 5 Menteri Terbaik Jokowi-JK, Salah Satunya Arief Yahya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Foto: Dok. Kemenpar
Jakarta -

Alvara Research Center mengumumkan peringkat dan nilai kepuasan publik terhadap kinerja menteri-menteri di era Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla di 2014-2019.

Lembaga riset tersebut merilis deretan menteri yang memimpin kementerian di era Jokowi-JK dan mendapat penilaian paling memuaskan.

Alvara melakukan survei pada 12-31 Agustus 2019 dengan metode pengambilan sampel menggunakan multi-stage random sampling. Survei ini menjangkau 1.800 responden berusia 14-55 tahun dengan dipilih dan diwawancarai secara tatap muka.

Adapun kelima menteri tersebut adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi kinerja menteri dengan nilai 91,95 persen," kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam keterangan terutlis, Senin (14/10/2019).

Disusul kemudian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 84,07 persen, Menteri Keuangan Sri Mulyani 83,39 persen. Menteri Pariwisata Arief Yahya sebesar 82,38 persen, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebesar 82,14 persen.

"Lima menteri itu memang kelihatan kinerjanya, dan publik sangat paham apa saja yang sudah dilakukan. Karena cukup luas menyentuh masyarakat," imbuhnya.

Hasanuddin menyebut menteri-menteri tersebut disukai karena karakteristik kepemimpinannya dan gaya mereka mengambil kebijakan di masing-masing kementerian. Di samping itu, mereka juga dianggap telah membuat perubahan besar di lingkungan birokrasi yang mereka pimpin.

"Contohnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Dia diapresiasi karena keberanian dan ketegasannya," ujarnya.

Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dianggap berjasa atas pembangunan infrastruktur di Tanah Air yang sangat menonjol dan bisa dirasakan langsung dampaknya.

"Sedangkan Sri Mulyani dihargai publik karena mampu mengelola keuangan negara dengan baik meskipun kondisi ekonomi global yang tidak menentu," lanjut Hasanudin.

Sementara itu, sektor pariwisata yang semakin kinclong, tumbuh menjadi core economy bangsa dan menjadi mesin penghasil devisa kedua di Indonesia dengan nilai USD 19,2 juta. Pada 2018, pertumbuhan jumlah wisman mencapai 15.8 juta. Trend tersebut terus menanjak. Hal ini pula yang membuat publik mengapresiasi kinerja Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Adapun di peringkat selanjutnya, ada Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebesar 81,90 persen, Menristekdikti M Nasir sebesar 81,74 persen. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan sebesar 81,63 persen, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebesar 81,32 persen, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebesar 81,90 persen.

Berikut daftar lengkapnya:

1. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

2. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

3. Menteri Keuangan Sri Mulyani

4. Menteri Pariwisata Arief Yahya

5. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

6. Menkominfo Rudiantara

7. Menristekdikti M Nasir

8. Menteri ESDM Ignatius Jonan

9. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

10. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com