Silent Killer, Waspada Serangan Jantung yang Bisa Serang Siapa Saja

Advertorial - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 00:00 WIB
Foto: Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta - Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Malah terkadang, penyakit ini bisa tak terdeteksi. Orang dengan tampilan fisik yang sehat dan bugar, bisa secara tiba-tiba mengalami serangan jantung. Di beberapa kasus, atlet yang notabene rajin berolahraga bahkan bisa mengalaminya.

Serangan jantung terjadi, salah satunya karena terjadi penyumbatan pembuluh darah koroner. Faktor lainnya adalah karena gangguan irama jantung yang tak jarang menyebabkan meninggal dunia mendadak.

"Serangan jantung dapat terjadi pada semua orang," ujar Dokter Spesialis Jantung, Agung Fabian Chandranegara, Sp.JP (K) FIHA, dalam keterangan tertulis.

Lantas apakah pria dan wanita bisa mengalami serangan jantung yang berbeda? Umumnya gejala serangan jantung berupa nyeri dan rasa tidak nyaman di dada. Rasanya seperti sedang terhimpit, tertindih, tercengkeram, atau diremas.

Kondisi itu juga dibarengi dengan detak jantung yang berdenyut kencang. Kemudian muncul keringat dingin dan kondisi tubuh yang mudah lelah. Nafas pun tiba-tiba terasa sesak hingga akhirnya pingsan.

"Gejala tersebut serupa untuk pria dan wanita, namun biasanya gejala pada wanita lebih kepada dada terasa nyeri seperti berdenyut dan rasa berdebar yang dominan," ujar dr. Agung.

Menurutnya, serangan jantung bisa dicegah dengan memeriksakan diri secara teratur ke dokter jantung. Selain itu, atur lah pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan nutrisi.

Serangan jantung juga dapat dihindari dengan tidak mengonsumsi makanan pemicu. Serangan jantung bisa dikarenakan seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi. Untuk itu mulai lah jalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi.

Diketahui dari data Riskesdas Kemenkes RI, 15 dari 1.000 penduduk di Indonesia menderita penyakit jantung. Hal ini menempatkan penyakit jantung sebagai penyumbang deifsit terbesar tagihan BPJS Kesehatan, bersamaan dengan penyakit kardiovaskular lainnya. Untuk itu, masih banyak penderita penyakut jantung yang memerlukan bantuan.

Jika Anda tergerak untuk membantu para penderita penyakit jantung, kini sudah ada platform penggalangan dana yang dikhususkan di bidang kesehatan bernama Pedulisehat.id.

Silent Killer, Waspada Serangan Jantung yang Bisa Serang Siapa Saja

Platform Pedulisehat.id terdiri dari situs resmi www.pedulisehat.id dan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone melalui Google Play Store (khusus Android). Pedulisehat.id memiliki 3 fungsi utama yaitu:

1. Meringankan beban finansial para pasien yang sedang berjuang melawan penyakit kritis.

2. Menjembatani masyarakat untuk berdonasi atau menjadi donatur dalam melakukan penggalangan dana dengan cara mudah dan praktis.

3. Mempermudah pemberian donasi kepada pasien yang membutuhkan secara cepat dan transparan.

Silent Killer, Waspada Serangan Jantung yang Bisa Serang Siapa Saja

Dukungan untuk para penderita penyakit jantung sangat berarti. Selain dukungan moral, dukungan materi terutama untuk penderita leukemia yang berasal dari keluarga kurang mampu dapat menyelamatkan hidup mereka. Anda bisa menyalurkan bantuan melalui platform donasi khusus kesehatan, yakni melalui situs resminya di sini. (adv/adv)