Kenali Tantangan Finansial pada Setiap Fase Kehidupan

Advertorial - detikNews
Senin, 16 Sep 2019 00:00 WIB
Dok. Shutterstock
Dok. Shutterstock
Jakarta - Mengatur pola keuangan merupakan salah satu upaya agar kita dapat memenuhi kebutuhan dalam fase kehidupan dengan aman dan terjamin. Pengaturan keuangan ini tidak hanya dilakukan pada saat uang masuk atau keluar saja, tetapi harus memikirkan bagaimana mengelola keuangan sejak masa single, ketika berumah tangga, hingga saat memasuki fase nonproduktif.

Mengatur pola keuangan ini tidak hanya dilakukan ketika memiliki pendapatan yang tinggi. Berapapun nominal pendapatan kita saat ini, memiliki potensi besar untuk memenuhi beragam kebutuhan ke depannya jika dikelola dengan perencanaan yang matang. Bagi yang masih single, ini adalah saat yang tepat untuk mulai mempercantik portofolio keuangan agar harapan masa depanmu tercapai.

Lain ceritanya bagi yang memutuskan untuk berkeluarga. Perlu diperhatikan bahwa kebutuhan ke depan akan semakin kompleks dengan adanya pasangan dan bertambahnya anak. Kebutuhan yang sebelumnya masih bisa ditunda, tiba-tiba akan menjadi lebih penting dan sangat diperlukan. Misalnya, untuk membeli kendaraan, menyicil rumah, memilih asuransi kesehatan, dan mempersiapkan tabungan untuk biaya pendidikan anak. Cermat dalam mengatur pola keuangan keluarga juga harus kita lakukan dengan konsisten dan dalam jangka panjang hingga nanti saat kita mempersiapkan rencana tabungan untuk hari tua.

Perencanaan ini juga tidak lepas dari perhitungan yang kita buat terhadap pemasukan yang dimiliki seiring dengan bertambahnya kebutuhan dalam fase hidup. Karena tidak hanya pengeluaran yang akan berubah dalam setiap fase hidup, namun juga pemasukan. Meskipun perencanaan ini sudah dibuat dan prioritas sudah ditentukan, sering kali kita masih bingung menemukan solusi finansial yang tepat. Padahal kita bisa memanfaatkan penyedia jasa keuangan yang dapat membantu kita merencanakan potensi keuangan, agar berbagai kebutuhan kita dalam setiap fasenya bisa terpenuhi dengan baik dan siap menghadapi tantangan di tiap fasenya.

Setiap fase kehidupan punya tantangan hidup berbeda dan membutuhkan solusi finansial yang juga berbeda. UOB mengerti kebutuhan setiap generasi dalam fase kehidupan yang beraneka ragam, dan dapat memberikan solusi finansial yang sesuai untuk kebutuhan setiap generasi. Informasi selengkapnya mengenai cara perencanaan keuangan bisa klik di sini (adv/adv)