DPRD Kota Surabaya Lantik 50 Anggota Baru Periode 2019-2024

Advertorial - detikNews
Sabtu, 24 Agu 2019 00:00 WIB
Pelantikan anggota baru DPRD Kota Surabaya periode 2019-2024 (Foto: dok. DPRD Surabaya)
Surabaya - DPRD Kota Surabaya melantik 50 anggota baru periode 2019-2024. Ke-50 anggota DPRD Kota Surabaya 2019-2024 tersebut berasal dari 10 parpol peserta pemilu.

Adapun rinciannya , antara lain PDIP mendominasi dengan 15 kursi, PKB, Gerindra, Golkar, PKS masing-masing 5 kursi, PSI dan Demokrat masing-masing 4 kursi, PAN dan Nasdem masing-masing 3 kursi, serta 1 kursi PPP.

Acara yang digelar di Ruang Rapat Utama DPRD Kota Surabaya, Sabtu (24/8/2019) ini dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, dan Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji serta Ketua Pengadilan Negeri Kota Surabaya, Nursyam yang memandu pengucapan sumpah dan janji sesuai Pasal 28 peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2018 yang diubah menjadi Pasal 28 Nomor 1 tahun 2019.

"Sejak Otonomi Daerah banyak perkembangan yang terjadi dalam tata kelola pemerintahan. Kita berusaha profesional memberikan layanan terbaik bagi masyarakat," ujar Ketua DPRD Kota Surabaya, Armuji, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/8/2019)

Ia berharap masyarakat mampu mengantisipasi derasnya arus globalisasi dan demokrasi yang membawa pengaruh budaya budaya asing.

DPRD Kota Surabaya Lantik 50 Anggota Baru Periode 2019-2024Pelantikan anggota baru DPRD Kota Surabaya periode 2019-2024 (Foto: dok. DPRD Surabaya)

"Oleh karena itu, menjadi antisipasi kita memperteguh budaya bangsa. Selama ini DPRD Kota Surabaya telah melakukan kegiatan reses menampung aspirasi masyarakat," katanya.

Armuji juga menambahkan DPRD Kota Surabaya turut memperhatikan surat Gubernur Jatim untuk menimbang dan memutuskan serta menetapkan, meresmikan, dan memberhentikan dengan hormat disertai ucapan terimakasih atas jasa selama menjadi anggota dewan.

Pengucapan sumpah dilakukan di depan para pemuka agama. Anggota baru berjanji akan memenuhi kewajiban sebagai anggota DPRD Kota Surabaya dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

Diucapkan juga pada prosesi pengucapan sumpah antara lain dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan, serta memperjuangkan aspirasi rakyat untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI.

Pada acara ini, Armuji juga menyerahkan buku memori dan palu sidang kepada Dominikus Adi Sutarwijono dari PDIP yang mendapat mandat sebagai Ketua DPRD Kota Surabaya sementara. Ia akan berdampingan dengan Laila Mufidah dari PKB.

"Peran serta lapisan masyarakat harus kita hargai sebagai wujud menciptakan keadilan bagi seluruh masyarakat," kata Dominikus.

Ia mengimbau anggota DPRD Surabaya memiliki kepekaan serta akuntabilitas dalam menyerap aspirasi masyarakat.

"DPRD mempunyai tugas yang cukup berat terlebih akan agenda besar pemilihan wali kota Surabaya 2020. Oleh karena itu, perlu membangun komitmen dan disiplin agar tugas dapat terlaksana dengan baik," pungkas Dominikus. (adv/adv)