detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 00:00 WIB

Ringan dan Fun, Mereka Sukses Kenalkan Indonesia Lewat TikTok

Advertorial - detikNews
Ringan dan Fun, Mereka Sukses Kenalkan Indonesia Lewat TikTok (Foto: dok.TikTok)
Jakarta -

Sebentar lagi Indonesia akan memperingati hari jadinya yang ke-74. Sebagai warga negara, sudah seharusnya kita menunjukkan rasa cinta kepada Tanah Air. Sebagai bentuk betapa bersyukurnya bisa terlahir di Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi.

TikTok, platform konten video berdurasi singkat terdepan di dunia, meluncurkan kampanye #EkspresiMerdeka yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74.

Melalui kampanye #EkspresiMerdeka ini, TikTok mengajak pengguna untuk menunjukkan rasa cinta mereka terhadap Tanah Air dengan mengekspresikan kemerdekaan menggunakan cara mereka masing masing melalui tagar #IndonesiaBanget atau menarikan tarian tradisional menggunakan tagar #MenariUntukIndonesia.

Dalam kesempatan yang sama, TikTok memperkenalkan beberapa kreator seperti fotografer travel Barry Kusuma, seorang ibu rumah tangga yang mencintai dunia kuliner Irma, dan entrepreneur lokal yang mendapatkan banyak penggemar di TikTok karena bakat make-upnya Twinny.

detikcom berkesempatan untuk berbincang dengan Barry yang memanfaatkan berbagai fitur TikTok untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada Indonesia melalui karya fotografi, dengan memamerkan berbagai tempat menarik di Indonesia, dari yang terkenal sampai yang masih kurang terjamah.

Barry yang tumbuh di dunia fotografi, kini menjalani profesi sebagai travel photo blogger sejak 2004. Karier travel photo blogger Barry dimulai dengan menulis catatan perjalanannya beserta foto dan mengirimnya ke media. Ia telah mengunjungi hampir 90 persen tempat di negara Indonesia.

Ringan dan Fun, Mereka Sukses Kenalkan Indonesia Lewat TikTokBarry Kusuma (Foto: dok.TikTok)

"Melalui akun (TikTok) ini, aku ingin memberikan konten yang beragam di TikTok, dan menunjukkan bahwa kita bisa kok menggunakan TikTok untuk banyak hal berguna, seperti mempromosikan destinasi wisata dalam negeri," tuturnya saat dihubungi detikcom.

Barry mengatakan awalnya ia sempat meragukan respons dari para pengguna TikTok jika ingin membuat konten berbeda. Namun ternyata ia mendapatkan respons yang sangat positif dengan views mencapai ratusan ribu di sebagian besar postingannya, terutama tentang wisata di Indonesia.

Adapun, kata Barry, sejak membuat konten-konten tourism yang mengedukasi banyak komentar-komentar positif yang ia terima. Contohnya saat membuat konten soal pembuatan gula aren. Di konten itu, banyak milenial yang baru mengetahui dan merasa antusias dengan pembuatan gula aren.

Selain itu, karena latar belakangnya di fotografi, ia juga ingin berbagi kepada para followers-nya tentang teknik pengambilan gambar dan video yang bagus namun tetap fun.

Barry berharap para pengguna TikTok dapat ikut menikmati dan mengagumi keindahan tempat wisata dan budaya Indonesia melalui foto dan video yang diunggahnya di akun TikTok. Barry juga mengajak pengguna lainnya untuk ikut mempromosikan dan menunjukkan keindahan negara Indonesia, ataupun mengungkapkan rasa cintanya kepada Tanah Air ini melalui konten video dan foto yang kreatif di TikTok, terutama dalam kampanye #EkspresiMerdeka ini.

"Meng-explore tempat wisata di Indonesia rasanya tidak akan ada habisnya karena selalu ada tempat baru yang membuat negara ini menjadi tujuan wisata yang potensial bagi seluruh dunia," kata Barry. Dengan membagikan hasil fotonya melalui TikTok, Barry bisa mengajak generasi muda untuk lebih menjajaki dan mengagumi keindahan negara Indonesia.

Selain melibatkan para creator seperti Barry, Irma, dan Twinny, TikTok juga acara dengan konsep pesta rakyat di berbagai kota, antara lain di Bandung, Surabaya, Lombok, Balikpapan, dan Makassar, sebelum akhirnya menyelenggarakan acara bersama para kreator lainnya di Jakarta.

#EkspresiMerdeka merupakan persembahan TikTok bagi Indonesia dalam bentuk kolaborasi antara kecanggihan teknologi dengan kreativitas anak muda dalam mempromosikan kekayaan Indonesia melalui sebuah video singkat yang diselenggarakan sejak awal Agustus 2019.

Yuk, ikut perkenalkan keunikan daerah kamu dan ekspresikan cintamu pada Indonesia di akun TikTok dengan menggunakan tagar #EkspresiMerdeka!


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com