Ini Cara Mencari Influencer Terbaik untuk Endorse

Advertorial - detikNews
Rabu, 26 Jun 2019 00:00 WIB
Cara mencari influencer terbaik untuk endorse (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Pertanyaan terbanyak bagi pemilik bisnis online saat ini adalah bagaimana cara mencari influencer terbaik untuk endorse. Faktanya, perkembangan marketing online melalui endorse atau menggunakan jasa selebgramatau influencer untuk bisnis online semakin pesat. Hal ini berbeda jika dibandingkan 5 tahun lalu saat media sosial tidak se-hype seperti saat ini.

Sebagai informasi, influencer merupakan orang-orang yang punya banyak audiens di media sosial. Mereka memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengikut seperti artis, selebgram, blogger, YouTuber, dan lain sebagainya. Apa yang mereka pakai, sampaikan, atau lakukan, dapat menginspirasi dan mempengaruhi audiens atau para pengikut untuk mencoba suatu produk.

Sebelum media sosial hadir, salah satu cara menaikkan awareness sebuah brand adalah dengan menggunakan artis papan atas. Misalnya menggunakan jasa mereka sebagai brand ambassador. Cara ini dianggap ampuh mempromosikan langsung sebuah campaign atau produk baru.

Namun setelah Instagram tumbuh pesat hingga menaikkan jumlah influencer ataupun selebgram, penggunaan jasa artis dianggap kurang maksimal. Data dari Google mencatat 82% subscriber milenial lebih percaya pada selebgram maupun micro influencer daripada rekomendasi brand ambassador di iklan-iklan besar.

Melihat data tersebut, penggunaan jasa micro influencer menjadi meningkat. Permasalahannya adalah bagaimana cara mudah mengetahui influencer mana yang cocok untuk diajak kerja sama.

Untuk membantu memilih influencer yang tepat, Anda dapat menggunakan situs Omnifluencer.com. Situs ini memiliki tiga fitur menarik yang bisa memberikan cara mencari influencer terbaik untuk endorse. Apa saja fiturnya? Cek ulasannya berikut ini.

1. Data Engagement Influencers

Ini Cara Mencari Influencer Terbaik untuk EndorseCara mencari influencer terbaik untuk endorse (Foto: Shutterstock)

Hanya dengan mengetik nama selebgram atau influencer di Omnifluencer.com, Anda dapat segera mengetahui data lengkap mengenai score engagement, jumlah audiens ter-influence, kalkulasi engagement, likes, dan komentar per post.

Data ini akan sangat membantu Anda untuk melihat seberapa efektif foto atau video sang influencer dalam mempromosikan produk Anda apabila Anda akan menggunakan jasa endorse influencer tersebut.

Mari lihat beberapa study case berikut ini. Kim Kardhasian mendapatkan score engagement 0,65% dari 140 juta followers-nya. Itu berarti post Instagram dari Kim Kardhasian dapat mempengaruhi atau meng-influence kurang lebih 904.850 orang per post.

Kylie Jenner, adik Kim Kardhasian, mendapatkan score engagement 1,33% dari 136 juta followers-nya. Ini berarti post Instagram dari Kylie Jenner dapat mempengaruhi atau meng-influence kurang lebih 1.820.000 orang setiap postnya. Wow, insight yang sangat menarik, bukan?

Dari sini terlihat bahwa meskipun Kim Kardhasian mempunyai followers yang lebih banyak, namun jangkauan influence-nya kalah 900.000 orang alias 100% dibandingkan post Kylie Jenner ke followers-nya.

Nah dari insights data ini, jika berandai-andai mempunyai budget yang sama untuk endorse ke Kim Kardhasian atau Kylie Jenner, kira-kira Anda mau memilih siapa? Jelas akan memilih Kylie Jenner karena terlihat bahwa score engagement dan jumlah influence-nya lebih tinggi 100% dibandingkan Kim Kardhasian. Cukup jelas, bukan?

Selain itu, Omnifluencer.com juga meng-compare lebih dari 100.000 influencers secara acak dan mengukur rata-rata score engagement mereka. Jadi Anda bisa juga melakukan comparison atau perbandingan dengan rata-rata influencer lain secara umum berdasarkan jumlah followers mereka.

Ini Cara Mencari Influencer Terbaik untuk EndorseAnalisa influencer di Instagram (Foto: dok. omnifluencer.com)

Anda sekarang dapat mencoba-coba sendiri untuk mengecek score engagement artis-artis ataupun influencers yang Anda favoritkan di Omnifluencer.com, baik untuk keperluan riset sebelum endorse maupun sekadar penasaran.

2. Compare langsung dengan Influencer yang Lain

Ini Cara Mencari Influencer Terbaik untuk EndorseCara mencari influencer terbaik untuk endorse (Foto: Shutterstock)

Anda pasti akan mencari lebih dari satu artis atau influencer saat melakukan riset nanti. Nah karena terlalu banyak influencer di kategori yang sama, Anda bisa jadi kewalahan memilih influencer yang mana untuk melakukan kerja sama. Bakal keren banget apabila Anda bisa melakukan perbandingan atau compare beberapa influencer sekaligus dalam satu halaman. Benar, kan?

Jangan khawatir karena fitur compare ini juga ada di Omnifluencer.com sehingga Anda bisa memilih maksimum 4 influencer dan bisa langsung di-compare atau dibandingkan dalam satu halaman sehingga mudah terlihat dan head to head antara satu dengan lainnya. Lebih menarik lagi, halaman compare ini bisa Anda download dan print sehingga Anda dapat membandingkan lebih banyak lagi influencers dalam satu dinding yang sama. Keren banget, bukan?

Fitur ini akan sangat berguna bagi Anda yang membuka digital agency sehingga Anda dapat memberikan referensi terbaik bagi klien dan melakukan pemilihan influencers side by side dengan lebih cepat menggunakan data yang akurat.

Fitur Compare Influencer juga akan meningkatkan trust atau kepercayaan klien terhadap Anda karena alasan dalam pemilihan influencer bukan lagi berdasarkan referensi, tapi juga didasari oleh insights dari real time data influencer tersebut.

3. Professional Influencer Report

Ini Cara Mencari Influencer Terbaik untuk EndorseCara mencari influencer terbaik untuk endorse (Foto: Shutterstock)

Fitur ini menarik karena selain membantu para pencari influencers, Omnifluencer.com juga dapat membantu para influencer untuk mempromosikan diri mereka. Fitur ini juga merupakan fitur favorit para manager digital agency. Sebab, sekarang mereka dapat mengirim Professional Influencer Report dalam format PDF yang didesain modern dan menarik kepada para calon klien mereka.

Lebih hebatnya lagi, Professional Influencer Report ini dapat dibuat atau di-generate hanya dengan 1 tombol klik saja. Simak study case berikut ini.

Untuk Influencer

Jika Anda seorang influencer yang dikontak oleh calon klien, selain portfolio Anda juga dapat mengirimkan Professional Influencer Report dari Omnifluencer.com. Nilai positifnya adalah report ini dibuat secara otomatis, modern dan profesional dari pihak netral yang punya otoritas dan dibuat berdasarkan real data yang Anda miliki.

Ini akan meningkatkan trust calon klien tersebut dan pastinya membuat Anda terlihat lebih profesional dibandingkan influencer kompetitor Anda lainnya, bukan?

Untuk Digital Agency

Jika Anda adalah sebuah digital agency, Anda sekarang dapat mengirimkan beberapa pilihan influencer langsung dalam laporan Influencer yang modern. Anda dapat mengirimkan laporan Influencer Compare Report ataupun Influencer Report satu per satu. Segalanya diserahkan kepada Anda, yang jelas apapun pilihannya, digital agency Anda akan terlihat lebih profesional.

Salah satu kelebihan Professional Influencer Report dari Omnifluencer.com ini adalah Anda dapat memasang Logo Digital Agency di Influencer Report. Keren sekali, bukan? Kepercayaan klien Anda akan meningkat dengan Professional Influencer Report ini. (adv/adv)