Yusuf Fahlevi, Anak Rantau yang Kuliah Gratis Berkat Hafal Alquran

Advertorial - detikNews
Rabu, 29 Mei 2019 00:00 WIB
Yusuf Fahlevi, anak rantau yang bisa kuliah gratis berkat hafal Alquran (Foto: dok. PPPA Daarul Qur'an)
Jakarta - Ada yang unik dari kisah Yusuf Fahlevi (20). Mahasiswa semester enam jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) ini merantau seorang diri dari Padang demi melanjutkan pendidikannya.

Bagi alumni SMAN 1 Padang Panjang ini, melanjutkan sekolah jauh dari orang tuanya yang bekerja sebagai pedagang perabot rumah tangga dan berbeda pulau bukanlah hal yang mudah.

Banyak tantangan yang ia harus hadapi saat menimba ilmu di tanah Jawa. Mulai dari perbedaan budaya hingga permasalahan biaya pendidikan dan biaya hidup. Yusuf sudah membayangkan biaya besar yang harus ia keluarkan jika ia mengambil kesempatan untuk berkuliah. Mulai dari biaya kuliah, kos, makan sehari-hari, ongkos, hingga buku.

Maka ia bersiteguh untuk mencari peluang bisnis demi meringankan beban orang tua. Bertemulah Yusuf dengan PPPA Daarul Qur'an yang menawarkan beasiswa pendidikan bagi para penghafal Alquran.

Yusuf memang merupakan seorang penghafal Alquran. Ia telah memiliki modal hafalan sebanyak delapan juz sebelum ia bergabung dengan program Beasiswa Tahfizh Qur'an (BTQ) for Leaders.

Kala itu, ia harus mengikuti serangkaian proses penyaringan hingga akhirnya lolos dan menjadi salah satu penerima manfaatnya. Selama mengikuti program, Yusuf tak hanya mendapatkan bantuan finansial. Namun juga dididik agar kelak bisa menjadi pemimpin yang berkarakter Alquran.

Kini Yusuf telah menyelesaikan 30 juz hafalannya. Makin membanggakan, IPK-nya juga diatas angka tiga koma. Namun Yusuf masih harus menyelesaikan kuliah dan tugas pengabdiannya sebagai syarat bagi penerima beasiswa selama setahun setelah ia lulus kuliah.

"Beasiswa ini sangat berguna bagi saya karena bukan saja memberikan fasilitas bagi para penghafal Alquran. Namun juga mendidik penerimanya agar memiliki karakter pemimpin yang berlandaskan Alquran," katanya.

Tak hanya Yusuf, masih ada banyak mahasiswa-mahasiswi lainnya yang juga menjadi penerima manfaatnya. Anda bisa turut serta mendukung program Beasiswa Tahfidz Quran For Leaders melalui rekening BCA 603 030 8041 an Yayasan Daarul Quran Nusantara atau klik link ini.

Melalui program beasiswa ini, Daarul Qur'an berikhtiar menyiapkan generasi baru dan calon pemimpin masa depan yang Alquran ada di dalam setiap helaan nafasnya. (adv/adv)