detikNews
Selasa 30 April 2019, 00:00 WIB

Genjot Pariwisata, Pemkab Trenggalek Sasar Investor di JMW 2019

Advertorial - detikNews
Genjot Pariwisata, Pemkab Trenggalek Sasar Investor di JMW 2019 Pertunjukkan seni khas Trenggalek (Foto: dok. Pemkab Trenggalek)
Jakarta -

Dalam memajukan pariwisata di Kabupaten Trenggalek, Pemerintah Daerah terus malakukan sosialisasi mengenai beragam keindahan dan potensi wisata yang dimiliki dengan beragam keindahan dan keunikannya.

Plt Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin alias Gus Ipin pun memanfaatkan kegiatan Jakarta Marketing Week (JMW) 2019 di Kota Kasablanka, pada Sabtu (27/4/2019) lalu, dengan menunjukkan wisata tersembunyi di Trenggalek. Mengambil tema 'Visit Trenggalek: The Hidden Gem in East Java', Gus Ipin pun menunjukkan beragam wisata dengan menayangkan video berdurasi pendek.

Gus Ipin menjelaskan, Trenggalek sendiri merupakan Southern Paradise, surga di Selatan Jawa, yang memiliki banyak keindahan. Trenggalek berada di antara Kabupaten Tulungagung dan Pacitan. Berada di koridor Jogja-Malang, Trenggalek punya 100 KM garis pantai, yang cukup indah. Banyak deretan pantai yang eksotis dan menawan.

Meskipun berada di Pesisir Selatan, pantai di Trenggalek tidak seperti pantai yang lainnya, ombaknya kecil dan nyaman dan aman untuk berenang dan bermain air. Untuk membuktikannya, dalam event tersebut, Gus Ipin mengambil 10 pengunjung beruntung untuk diberi hadiah trip wisata ke Trenggalek.

10 orang ini akan diajak berkeliling ke beberapa tempat unggulan di Trenggalek secara gratis, dengan imbalan berbagi keseruan melalui akun sosial media masing masing. 10 orang ini dipilih secara acak oleh Gus Ipin. Beliau meminta penonton yang ingin berwisata ke Trenggalek angkat tangan, lalu memilih sepuluh orang secara random.

"Nanti saya sendiri yang jadi pemandu wisatanya," ujar Gus Ipin, dalam keterangan tertulis.

Gus Ipin menambahkan, untuk titik penjemputan wisata berada di Surabaya untuk wisatawan yang naik pesawat. Sementara untuk wisatawan yang naik kereta akan dijemput di Tulungagung.

Selain mengenalkan pariwisata di Trenggalek, Gus Ipin juga mengadakan lelang peluang investasi dalam acara JMW 2019 tersebut. Dalam kesempatan itu, Gus Ipin memaparkan potensi wisata Trenggalek dan peluang investasi kepada pengusaha Ibu Kota dan calon investor lainnya.

Gus Ipin juga memberikan penawaran menarik bagi investor terkiat kemudahan berinvestasi di Trenggalek. Investasi yang dimaksudkan agar terdorong percepatan pembangunan masyarakat di kota kripik ini baik secara ekonomi, sosial maupun budayanya. Secara detail, Gus Ipin mengupas apa saja peluang yang dapat diambil kerja sama dengan para investor.

Menurut Gus Ipin, dengan dirintisnya jalur lintas Selatan menjadi awal kebangkitan masyarakat di pesisir Selatan Jawa pasalnya koridor Jogja-Malang akan tersambung. Tahun ini Islamic Development Bank akan menghubungkan antara Trenggalek dan Tulungagung.

Selain itu, saat ini salah satu pabrik besar di Kediri tengah membangun bandara di Kediri dan Tol Surabaya-Solo sudah tersambung. Sehingga jarak ke Trenggalek semakin dekat, yang dulunya dari Surabaya ke Trenggalek ditempuh dengan waktu 5 jam kini bisa ditempuh hanya dengan waktu 3 atau hanya 2 jam saja.

Di Trenggalek juga tengah dirintis olahraga Aerosport. Susi Air juga berwacana membangun bandara rintisan di Trenggalek dengan jalur penerbangan perintis Trenggalek-Solo, Trenggalek-Jogja dan Trenggalek-Surabaya, sehingga jarak untuk ke Trenggalek semakin dekat.

Tidak harus beli tanah, Gus Ipin juga akan siapkan aset strategis yang dimiliki Pemda untuk dibuat kerja sama.

"Tidak harus BOT, kerjasama yang dibangun akan dipermudah, namun diharapkan para pengusaha yang mau berinvestasi tadi diminta ikut membantu potensi lokal sehingga sektor pariwisata bisa tumbuh dengan baik," papar Gus Ipin.

Bahkan kepada para pengusaha yang ikut dalam lelang investasi ini, Gus Ipin akan menjamin kemudahan pembebasan beberapa pajak dan yang lainnya.

"Saya jamin sediakan jalur Fast Track untuk anda yang mau masuk investasi di Trenggalek," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Ipin juga memberikan mobilisasi gratis kepada 10 pengusaha yang ingin melihat potensi investasi di Trenggalek.

"Ada 10 investor dari 10 perusahaan yang mau datang ke Trenggalek dan kita atur waktu dalam lelang ini, meskipun mereka belum tentu melakukan investasi, pasalnya investasi itu sama halnya memilih jodoh," ujarnya.

"Yang jelas saya sudah menawarkan dan yang penting ada ketertarikan dulu. Akan ada 10 orang yang akan kita susun rencana perjalanan mau investasi di spot mana saja dan kita bicarakan di group," imbuhnya.

Selain itu, Gus Ipin juga menegaskan, status hukum terhadap potensi yang dia tawarkan sudah cukup jelas, bahkan ada Peraturan Daerah yang mengatur.

"Bahkan untuk pemetaan potensi investasi sesuai dengan perkembangan Sustainable Development Goals (SDGs) yang ada," pungkasnya.

Salah satu pengunjung JMW 2019, Citra pun berbagi cerita pengalaman saat berkunjung di Trenggalek.

"Berwisata pantai mungkin dalam benak kita ada Bali. Namun di Trenggalek ternyata tersembunyi potensi wisata pantai yang tidak kalah indahnya," katanya.

"Pantainya bersih, indah, nyaman cocoklah untuk family time," ujar Citra.

Genjot Pariwisata, Pemkab Trenggalek Sasar Investor di JMW 2019

Pertunjukkan seni khas Trenggalek (Foto: dok. Pemkab Trenggalek)

Dalam kesempatan itu, turut pula ditampilkan Tari Minion Yakso (refleksi tari khas Kabupaten Trenggalek, Jaranan Turonggo Yakso dengan kesenian lain Jawa Timuran, Jula Juli dan Tari Remong) yang dibawakan oleh Dian Bokir, penari kontemporer asal Trenggalek yang berhasil mencuri perhatian juri Asian Got Talent beberapa waktu lalu, berkolaborasi dengan Cahyo S. dan satu teman lainnya sebagai penata musik.


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed