Dukung Kemajuan UKM, SRC Berdayakan Ritel Tradisional di Indonesia

Advertorial - detikNews
Rabu, 24 Apr 2019 00:00 WIB
Jakarta - Peran UKM sangat dominan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sehingga dapat memacu pada arah menuju UKM yang lebih baik dalam hal ekonomi dan pemberdayaan nya. UKM harus terus ditingkatkan dan aktif agar tetap maju dan bersaing dengan perusahaan besar. Ditambah lagi, keuntungan UKM membuat banyak orang tertarik menjadi peritel.

Namun permasalahan peritel bukanlah hanya bagaimana mengumpulkan modal dan membangun usaha. Setelah itu, peritel harus meningkatkan daya saing dan kualitas agar bisa bersaing di skala nasional maupun global.

Bagi bisnis UKM, ada beberapa hal yang menjadi tantangan terbesar yaitu merekrut karyawan bertalenta, mendapat modal bisnis, mendapat pelanggan, strategi bisnis yang harus menyesuaikan dengan zaman, dan manajemen arus keuangan yang kurang.

Agar peritel bisa menghadapi tantangan tersebut dan kompetisi bisnis yang terus meningkat, peritel menemukan salah satu caranya dengan bergabung kedalam program ritel, seperti Sampoerna Retail Community (SRC).SRCmerupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing para peritel tradisional melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Baik dalam mengembangkan usaha maupun meningkatkan jumlah pelanggan.

SRC menjadi pendorong pengembangan UKM di Indonesia dengan bermula dari SRC Kantin Amik dan 57 toko lainnya di kota Medan pada tahun 2008.

Seiring berjalannya waktu, SRC juga berkembang menjadi konsep pendampingan bisnis yang berkelanjutan yang dilakukan PT HM Sampoerna kepada para peritel tradisional. Tidak hanya distribusi, program-program SRC menjadi lebih luas. Dari yang sifatnya fundamental seperti kerapian toko, penataan barang, dan tata letak, sampai kepada pengembangan bisnis dan bagaimana SRC dapat berkontribusi pada ekonomi dan sosial di sekitarnya.

Konsep edukasi dan pendampingan menjadi komitmen program yang dinaungi Sampoerna ini selama lebih dari 10 tahun mendukung para peritel atau pelaku UKM di Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar mereka siap menghadapi perubahan zaman dan kompetisi bisnis yang terus meningkat.

Sampai akhirnya pada 2018, SRC di seluruh Indonesia telah mencapai jumlah lebih dari 100.000 peritel dan terus bertambah hingga sekarang. Tidak hanya sampai di situ, dengan jumlah yang semakin besar dan tantangan yang semakin nyata, komitmen SRC juga terus berlanjut untuk kemajuan UKM Indonesia yang lebih baik.

Sebentar lagi SRC akan merayakan ulang tahun yang ke-11 pada tanggal 9 Mei 2019, 11 tahun adalah momen penting bagi SRC dalam mewujudkan komitmen untuk menjadi lebih baik bagi lingkungan sekitar.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs SRC dengan klik di sini atau dapat langsung download AYOSRC. (adv/adv)