detikNews
Sabtu 13 April 2019, 00:00 WIB

Survei-survei Terbaru Kembali Sebut Jokowi-Ma'ruf Unggul

Kerjo - detikNews
Survei-survei Terbaru Kembali Sebut Jokowi-Maruf Unggul Capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (Foto: Tim Kerjo)
Jakarta -

Tinggal hitungan hari lagi menuju hari H pemilihan presiden (pilpres) serentak. Survei terbaru menunjukkan elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin atau Jokowi-Ma'ruf, masih unggul atas rivalnya yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

[Gambas:Youtube]

Menurut hasil laporan survei panel pilpres 2019 yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 1-4 April 2019, elektabilitas Jokowi-Amin sebesar 57,3%. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandi sebesar 32,5% dan undecided voters (belum memilih) sebanyak 10,2%. Jika ditambahkan dengan prediksi pilihan swing dan undecided voters, elektabilitas Jokowi-Amin menjadi 60%, sedangkan pasangan nomor 02 Prabowo-Sandi menjadi 40%.

Di sisi lain, Lembaga Survei Cyrus Network pada Kamis (11/4/2019) menyampaikan hasil temuan terbarunya yang menyebutkan Jokowi-Ma'ruf 56,4% dan rivalnya 38,1%. Survei dilakukan pada 27 Maret-2 April 2019 dengan 1.230 responden penduduk Indonesia berusia 17 tahun dan sudah menikah.

Adapun responden laki-laki dan perempuan sama-sama 50%. Responden yang tinggal di wilayah desa 51% dan kota 49%. Survei Cyrus menyampaikan responden terpilih diwawancara menggunakan metode tatap muka. Margin of error survei +/- 3 persen pada tingkat kepercayaan 95%.

Ditemukan juga sebanyak 48,5% dari pemilih Jokowi sudah mantap dengan pilihannya. Sedangkan 30,2% responden pemilih Prabowo juga tak akan mengubah pilihannya.

Hasil survei terbaru SMRC dan Cyrus datang menjelang debat kelima pilpres 2019 yang akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta pada Sabtu (13/4/2019) mendatang. Debat terakhir sebelum hari pencoblosan yang menampilkan kedua pasang capres-cawapres akan mengambil tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. Tema pamungkas ini dinilai menjadi jantung persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

Cawapres 01 Ma'ruf Amin juga yakin mereka tidak hanya unggul di dalam survei saja, tetapi dalam debat pamungkas mendatang. "Pak Jokowi tentu lebih unggul. Saya kan mendampingi saja karena Pak Jokowi sebagai petahana dan sudah melakukan langkah-langkah. Menurut saya langkah itu on the track. Artinya, sudah benar," ujar Ma'ruf di Situbondo, Jakarta Pusat sebelum berangkat ke Istora Senayan, Senin (8/4/2019).

Survei, meski tidak mutlak meramalkan hasil pilpres nantinya, bisa menjadi cerminan tingkat kepercayaan publik pada pasangan capres-cawapres yang diunggulkan. Pilih capres-cawapres yang kerjanya nomor satu.


(/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed