detikNews
Kamis 11 April 2019, 00:00 WIB

Jokowi Pasti Menang di Kupang

Kerjo - detikNews
Jokowi Pasti Menang di Kupang Jokowi optimis raih 80% suara di NTT (Foto: dok. Tim Kerjo)
Jakarta -

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) yakin mendapatkan dukungan suara hingga 80% di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi berjanji untuk segera datang kembali ibu kota NTT tersebut bila menang dalam Pilpres 2019.

[Gambas:Youtube]

Optimistis Jokowi bukan tanpa dasar. Pada Pemilu 2014, Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla, memperoleh suara dari warga NTT sebesar 66%.

"Tapi tahun 2019 ini, saya yakin dengan semangat siang hari ini. Insyallah minimal di NTT 80%, ini minimal loh," ucap Jokowi disambut teriakan puluhan ribu massa di Lapangan Sitarda, Kupang, beberapa hari yang lalu.

Dalam kampanye terbuka di bawah teriknya panas matahari, Jokowi menyebutkan bahwa dirinya sudah sangat sering berkunjung ke provinsi yang terletak di bagian paling selatan Indonesia itu. Menurut Jokowi, dirinya sudah delapan kali berkunjung ke beberapa daerah di NTT. Jumlah kunjungan itu paling banyak dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

NTT memang istimewa karena provinsi ini mendapat perhatian yang cukup besar dari Pemerintahan Jokowi. Dalam waktu lima tahun Jokowi menjabat, sudah dibangun tujuh bendungan di NTT. Padahal, di provinsi lain hanya satu-dua bendungan saja di periode itu.

Di provinsi yang berbatasan langsung dengan Timor-Leste ini, bendungan adalah infrastruktur penting. Sebab, NTT mengandalkan aliran air untuk menggerakan roda perekonomian mereka. Provinsi yang merupakan bagian Kepulauan Nusa Tenggara ini memiliki curah hujan yang rendah. Selain itu, cuacanya juga sangat panas. Suhu udara di Kupang bisa mencapai 33 derajat celcius, hampir mirip dengan suhu di kota Jakarta.

Tujuh bendungan baru senilai Rp 5,9 triliun tersebar di dua pulau di NTT. Empat bendungan berada di Pulau Timor, yakni Bendungan Raknamo, Rotiklot, Manikin, dan Kolhua. Sedangkan tiga lainnya berada di Pulau Flores, yakni Bendungan Napun Gete, Temef, dan Mbay.

Pembangunan tujuh bendungan dimaksud, sangat penting bagi masyarakat NTT yang kerap mengalami kekurangan air. Secara keseluruhan pembangunan ketujuh bendungan akan menampung 188 juta meter kubik volume air yang dapat dimanfaatkan untuk irigasi, sumber air baku, pembangkit listrik dan pariwisata. Tidak hanya bendungan, embung dan sumur bor juga dibangun di NTT oleh Pemerintahan Jokowi melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama periode 2015-2019.

Jokowi serius membangun NTT maupun daerah lainnya di timur Indonesia. Perhatian dan pembangunan berkelas SATU, diberikan Jokowi bagi seluruh daerah demi terjadinya pemerataan pertumbuhan dan juga kesejahteraan.


(-/-)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed