detikNews
Kamis 04 April 2019, 00:00 WIB

Di Semua Survei Terpercaya, Jokowi Terus Unggul Telak

Kerjo - detikNews
Di Semua Survei Terpercaya, Jokowi Terus Unggul Telak Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Foto: dok. AFP)
Jakarta -

Gelaran pemilihan presiden (pilres) tinggal hitungan hari. Elektabilitas pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul telak atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di semua lembaga survei terpercaya.

Keunggulan Jokowi-Ma'ruf secara rata-rata bahkan mencapai dua digit. Ada tujuh lembaga survei yang merilis data pada Januari 2019, dengan hasil surveinya menyebutkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf unggul telak.

Lembaga survei tersebut adalah Media Survei Nasional (Median) yang menyebutkan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf sebesar 47,9%, jauh dibandingkan pasangan Prabowo-Sandi yang hanya sebesar 38,7%.

[Gambas:Youtube]

Pada periode sama, survei Indikator Politik Indonesia (Indikator) menyatakan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 54,9% sementara pasangan Prabowo-Sandi hanya 34,8%. Sedangkan menurut Charta Politika, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul 53,2%, sementara pasangan Prabowo-Sandi hanya 34,1%.

Selanjutnya Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebut Jokowi-Ma'ruf kantongi elektabilitas 54,8%, sedangkan Prabowo-Sandi 31%. Lalu Vox Populi Research Center (Populi) menyebut elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 54,1%, Prabowo-Sandi 31%.

Selain itu, Cyrus Network menyebut elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 57,5%, jauh dibandingkan Prabowo-Sandi yang hanya 37,2%. Sedangkan menurut Indobarometer, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 50,2% dan Prabowo-Sandi 38,9%.

Jokowi-Ma'ruf kembali unggul telak di semua survei yang dirilis pada Februari 2019 menurut lima lembaga survei. Lembaga survei tersebut di antaranya Polmark menyatakan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 40,4%, sedangkan Prabowo-Sandi 33,8%. Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 57,6% dan Prabowo-Sandi 31,8%.

Kemudian Charta Politika menyebut elektabilitas Jokowi-Ma'ruf unggul 53,6%, dibandingkan Prabowo-Sandi 35,4%. Survei LSI menyebut elektabilitas Jokowi-Ma'ruf unggul telak 58,7%, sedang Prabowo-Sandi hanya 30,9%. Sedang menurut Populi, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf unggul 53,7% dari Prabowo-Sandi yang hanya 29,5%.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf kembali dinyatakan unggul telak oleh sejumlah lembaga survei yang memaparkan hasil surveinya pada Maret 2019. Lembaga survei itu adalah Kompas yang menyebut elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 49,2% dan Prabowo-Sandi 37,4%.

Pada periode yang sama, lembaga survei lainnya yang juga menyampaikan hasil temuannya adalah Charta Politika yang menyebut elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 53,6%, unggul dibandingkan Prabowo-Sandi 35,4%. Sedangkan menurut Vox Populi elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 54,1%, sementara Prabowo-Sandi hanya 33,6%.

Adapun dalam survei terbaru yang disampaikan CSIS menyebutkan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf mencapai 51,4%, jauh lebih besar dibandingkan pasangan Prabowo-Sandi yang hanya 33,3%.

Dengan melihat hasil survei dari lembaga-lembaga kredibel tersebut, pasangan Jokowi-Ma'ruf berpotensi besar sebagai pemenang pada pilpres 2019. Meski demikian, pasangan Jokowi-Ma'ruf tak ingin jumawa dan tetap waspada. Alasannya, penentuan hasil akhir yang sesungguhnya akan terlihat pada hari pencoblosan.

"Saya kira semua survei kita lihat sebagai bahan koreksi, sebagai bahan evaluasi untuk mendorong bekerja lebih baik lagi," kata Jokowi.


(-/-)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed