Mau Beli Rumah dengan Harga Murah? Ini Tips Menawarnya

Advertorial - detikNews
Selasa, 29 Jan 2019 00:00 WIB
Foto: dok. Rumah123
Jakarta - Dalam proses transaksi jual beli rumah tentu memiliki peluang adanya tawar menawar harga. Dalam proses tersebut, tentu dari sisi penjual ingin cepat laku sebaliknya dari sisi pembeli ingin mendapatkan rumah yang diinginkan dengan harga sesuai dengan kantong.

Nah, bagi Anda yang sedang mengincar rumah idaman namun ingin berjuang menawar harga, Anda bisa menyontek tips ini. Dikutip dari laman resmi Rumah123, setidaknya ada empat tips bagi Anda yang ingin menawar harga rumah agar bisa lebih terjangkau.

Pelajari Pasar Pembeli atau Pasar Penjual

Sebelum membeli rumah yang diinginkan, Anda harus mengetahui terlebih dulu penjualan rumah tersebut berada di posisi pasar pembeli atau pasar penjual.

Pasar pembeli adalah saat pasokan lebih dari permintaan. Artinya, ada banyak orang yang ingin menjual rumah daripada orang yang ingin membeli rumah. Sebaliknya, pasar pembeli ada banyak yang ingin membeli rumah daripada menjual rumah.

Dampaknya dalam pasar pembeli, penjual harus menerima harga yang lebih rendah dari nilai yang diharapkan karena memang banyak pilihan rumah yang dijual dipasaran. Ini adalah waktu yang ideal untuk pembeli.

Dengan demikian, jika Anda dalam posisi pasar pembeli tentu punya kesempatan untuk menawar harga lebih rendah karena memang banyak rumah yang akan dijual sementara pembelinya tidak terlalu banyak.

Berapa Lama Rumah Dipasarkan

Selain mempelajari posisi pasar pembeli atau penjual, Anda juga harus mencari tahu lama rumah tersebut dipasarkan, baru sebulan, setahun, atau lebih.

Jika rumah sudah lama dipasarkan, misalnya hampir setahun, Anda bisa bernegosiasi meminta pengurangan harga. Sebab, waktu pemasaran rumah yang cukup lama bisa jadi penjual akan melepaskannya dengan harga murah.

Bandingkan Harga Rumah yang Dijual dengan Rumah Lain di Kawasan yang Sama

Coba Anda bandingkan harga rumah yang dijual tersebut dengan harga rumah lain di kawasan yang sama. Coba cari tahu rumah lainnya yang sedang dipasarkan di daerah sekitar.

Jangan lupa, Anda juga harus mempertimbangkan posisi jalan, fasilitas, jumlah lantai, luas rumah, dan lainnya saat membandingkan harga rumah-rumah tersebut.

Seberapa Besar Keinginan Anda Membeli Rumah Tersebut

Jika Anda sudah jatuh cinta dengan rumah tersebut, mungkin Anda tetap akan menawar rumah tersebut. Namun, pastikan Anda menawarnya dengan harga yang masih masuk akal. Jangan sampai penjual tidak menerimanya lantaran harga terlalu rendah.

Buat Anda yang ingin membeli rumah bekas, sederetan tips ini bisa dicoba lho. Anda juga bisa mengintip situs pembelian rumah.

Salah satunya situs tempat jual beli rumah di rumah123.com yang menyediakan banyak pilihan rumah terbaik. Ada lebih dari 900 ribu properti yang ditawarkan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi terkini mengenai investasi terbaik dan rumah idaman di rumah123.com (adv/adv)