DetikNews
Selasa 04 Desember 2018, 19:02 WIB

MPKP FEB UI Buka Program Baru Double Degree dengan CMU in Australia

Berita FEB UI - detikNews
MPKP FEB UI Buka Program Baru Double Degree dengan CMU in Australia Gedung MPKP FEB UI, Salemba, Jakarta (Foto: dok. Humas FEB UI)
Jakarta -

Makin banyak pilihan menarik untuk Program Magister yang ditawarkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Tahun 2019 akan ada program Double Degree bidang Public Private Partnership.

Pada tahun 2019 mendatang, Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (MPKP FEB UI) membuka program baru Public Private Partnership (PPP) untuk kelas kerja sama Double Degree dengan Carnegie Melon University (CMU) di Australia yang merupakan bagian dari CMU Amerika Serikat.

Dalam PPP, mahasiswa belajar tentang perencanaan dan pengelolaan, financial analysis, risk management, dan mekanisme operasional. Mengingat, saat ini pemerintah Indonesia berfokus pada pembangunan infrastruktur. Oleh karena itu, CMU Australia dipilih dalam kerja sama oleh MPKP FEB UI, karena mereka memiliki pengalaman dan reputasi yang baik di Bidang PPP.

Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (MPKP FEB UI) merupakan Program Studi Jenjang Magister Ekonomi (S-2) terapan yang berada di ruang lingkup Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI.

Program ini mampu membuat perencanaan dan merekomendasikan kebijakan pembangunan ekonomi dalam kaitannya dengan aspek sosial dan lingkungan. MPKP FEB UI diresmikan pada 26 Maret 1996 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 78/DIKTI/ Kep/1996. Didukung oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) dan BAPPENAS. MPKP FEB UI juga mempertahankan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan keputusan SK No 2606/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2018.

Ada tiga program yang ditawarkan oleh MPKP FEB UI, di antaranya yaitu Reguler (kelas pagi sampai sore) dengan durasi masa studi 2 tahun atau 4 semester, Non-Reguler (kelas malam) dengan durasi masa studi 2,5 tahun atau 5 semester, dan Double Degree dengan durasi masa studi 2 tahun (1 tahun di MPKP FEB UI dan 1 tahun lagi di universitas mitra) dan memperoleh dua gelar pendidikan sekaligus yang berasal dari UI dan universitas mitra.

Saat ini, MPKP FEB UI memiliki 4 universitas mitra di Jepang, yakni The National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS), International University of Japan (IUJ), Rikkyo University, Ritsumeikan Asia Pacific University.

Beragam prestasi telah ditorehkan dari MPKP FEB UI, seperti penghargaan Director's Award for Outstanding Academic Achievement dari Economics, Planning and Public Policy Program di GRIPS Jepang. Selain itu, The Winner ANZISM, Sustainable Management Award Winners.

Prospek kerja dari lulusan MPKP FEB UI bila dilihat dari persentase, didominasi oleh institusi pemerintahan atau PNS sebesar 59,81%, perusahaan swasta 30,33%, dosen atau peneliti 4,92%, bank atau lembaga keuangan 3,28%, dan lain-lain 1,64%. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh UI kepada para pengguna lulusan (employer survey), umumnya pengguna lulusan puas terhadap peningkatan kemampuan stafnya yang telah menempuh pendidikan di MPKP FEB UI.

Jika dibandingkan dengan MPKP di universitas lain, MPKP FEB UI memiliki beberapa keunggulan. Antara lain, membekali mahasiswanya dengan teori-teori ekonomi terkini dengan berbagai macam teknik penelitian, penguasaan analisis data baik kuantitatif dan kualitatif maupun teknik penelitian sehingga mampu membuat perencanaan dan merekomendasikan kebijakan pembangunan ekonomi.

Tak hanya itu, saat ini seluruh Program Pendidikan di FEB UI, termasuk MPKP, mengikuti akreditasi internasional AACSB. Proses akreditasi AACSB tersebut sangat berguna untuk melakukan perbaikan berkelanjutan dalam penyelenggaraan pendidikan gelar khususnya di MPKP dan FEB UI pada umumnya.

Manfaat lain yang diperoleh jika menjadi mahasiswa MPKP FEB UI adalah mahasiswa diajarkan oleh dosen yang berkualitas baik dan berpengalaman dalam pengajaran maupun penelitian. Didukung oleh kurikulum yang baik menunjang proses pembelajaran, fasilitas atau infrastruktur yang unggul. Akses terhadap jurnal internasional yang dilanggan oleh UI juga bisa dilakukan dari mana saja selama masih terhubung dengan internet, dengan menggunakan account UI yang diberikan secara unique kepada setiap mahasiswa.

Mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan dosen-dosen yang berkualitas, seperti mengikuti seminar yang dilakukan di lingkungan Fakultas maupun Universitas. Serta berkesempatan untuk mengikuti hibah penelitian bersama dosen. Selain itu, apabila mahasiswa sudah lulus atau menjadi alumni otomatis tergabung dalam anggota Ikatan Alumni FEB UI (ILUNI FEB UI).

Daftarkan diri Anda untuk menjadi calon mahasiswa Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan FEB UI melalui www.penerimaan.ui.ac.id atau simak.ui.ac.id. Ikuti juga tes SIMAK UI untuk Jenjang Magister yang akan dibuka untuk tahun ajaran 2019 pada Februari 2019.


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed