DetikNews
Rabu 21 November 2018, 00:00 WIB

Lintasarta Dukung Pemkab Badung Launching Command Center Terbesar

Advertorial - detikNews
Lintasarta Dukung Pemkab Badung Launching Command Center Terbesar Lintasarta mendukung Pemerintah Kabupaten Badung melakukan peresmian Badung Command Center dan Data Center (Foto: dok. Lintasarta)
Badung -

Lintasarta kembali membuktikan komitmen dalam menyukseskan program pemerintah melalui implementasi smart city di Indonesia. Kali ini Lintasarta mendukung Pemerintah Kabupaten Badung melakukan peresmian Badung Command Center dan Data Center pada Jumat (16/11/2018) di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Bali.

Prosesi peresmian Badung Command Center dan Data Center dilakukan oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Turut hadir pada acara ini di antaranya Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, pimpinan DPRD Badung, perwakilan Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Bali, dan President Director Lintasarta Arya Damar.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan pembangunan fasilitas Badung Command Center dan Data Center sebagai pondasi implementasi smart city di Kabupaten Badung.

"Fasilitas Badung Command Center dan Data Center akan menjadi pusat monitoring & controlling serta komitmen pemerintah daerah dalam memberikan layanan yang transparan, cepat, pasti, dan murah kepada masyarakat," ujarnya.

President Director Lintasarta Arya Damar mengatakan sebuah kehormatan dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Badung dalam memberikan fasilitas command center dan data center dengan teknologi tercanggih.

"Sebuah kebanggaan dengan mendapatkan kepercayaan dalam pembangunan fasilitas command center yang merupakan terbesar di Indonesia dengan melibatkan teknologi serta tenaga ahli terbaik," ujar Arya.

Proses pembangunan Badung Command Center sendiri dimulai sejak 2017 di pusat pemerintahan Kabupaten Badung dan berada pada gedung yang memiliki luas bangunan mencapai 5.184 meter persegi dan terdiri dari tiga lantai. Fasilitas Badung Command Center dengan keberadaan gedung yang luas serta Video Wall dengan 27 Panel Display masing-masing berukuran 70 inch merupakan fasilitas yang terbesar di Indonesia.

Untuk infrastruktur command center menggunakan sistem Borderless Video Wall RGB Laser Technology dengan arsitektur terbaru yang mampu menampilkan visual yang lebih nyaman dilihat dan tajam dalam pencahayaan apapun. Lintasarta juga siap untuk ke depannya mendukung optimalisasi pemanfaatan Platform Command Center berbasis cloud yang dapat mengintegrasikan berbagai aplikasi dan data pemerintah daerah.

Lintasarta Smart City Solution

Lintasarta sebagai provider ICT Total Solutions menghadirkan solusi smart city komprehensif mulai dari penyediaan masterplan, infrastruktur ICT, integrasi data antar organisasi perangkat daerah (OPD), aplikasi smart city, change management, dan sosialisasi.

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik, setiap daerah membutuhkan aplikasi Citizen Request atau aduan masyarakat serta solusi Video Analytics untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga. Solusi Video Analytics dapat memaksimalkan infrastruktur IT daerah seperti CCTV untuk fungsi pengawasan serta penegakan hukum di lingkungan masyarakat.

CCTV akan diintegrasikan dengan komponen intelligent computing yang dapat mengidentifikasi berbagai karakteristik tidak hanya manusia saja tetapi juga objek seperti berbagai jenis kendaraan hingga plat nomor kendaraan.

"Data video CCTV yang dibutuhkan akan cepat didapat dan bisa segera dilakukan analisis, contohnya daerah atau jalan yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas atau tindak kriminal," ujar Arya.

Pemerintah kota atau kabupaten juga dapat memaksimalkan pendapatan dari berbagai sektor seperti contohnya pariwisata melalui pemanfaatan aplikasi City Living. Aplikasi ini akan memberikan informasi terkait destinasi pariwisata, kuliner, informasi cuaca, itinerary untuk turis lokal dan mancanegara, hingga pembelian tiket wisata serta hotel secara online.

Untuk memaksimalkan sektor pertanian, Lintasarta juga menyediakan aplikasi Smart Farmer yang membantu pemerintah daerah berinteraksi dengan petani lokal dan ahli pertanian untuk meningkatkan pengetahuan serta nilai penjualan hasil pertanian para petani. Semua solusi tersebut akan didukung jaringan komunikasi yang handal dengan berbagai media akses seperti fiber optic (FO) hingga VSAT dan dukungan tenaga ahli di seluruh Indonesia.

Pada akhirnya melalui solusi Lintasarta Smart City, menunjukkan komitmen serta keseriusan Lintasarta dalam mendukung implementasi Smart City menuju Smart Nation di Indonesia. More Information www.lintasarta.net.


(adv/adv)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed