DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 00:00 WIB

Liburan Keluarga ke Lombok, Cara Seru Jauhkan Smartphone dari Anak

Advertorial - detikNews
Liburan Keluarga ke Lombok, Cara Seru Jauhkan Smartphone dari Anak Sumber: Shutterstock
Jakarta -

Telepon pintar atau smartphone kini telah menjadi teman akrab bagi anak-anak. Akan tetapi, penggunaan yang terlalu sering bisa merugikan bagi mereka. Meski orangtua telah menerapkan aturan waktu penggunaan smartphone, anak-anak masih saja merajuk untuk terus menggunakannya.

Untuk melepaskan ketergantungan anak pada telepon pintar, liburan bersama bisa menjadi solusi. Agendakan liburan keluarga ke alam terbuka dan pilihlah destinasi yang menuntut banyak aktivitas luar ruangan dengan pemandangan memukau. Dengan begitu, perhatian si kecil diharapkan bisa beralih dari smartphone.

Salah satu destinasi yang patut dipertimbangkan adalah Lombok. Pasalnya, Lombok punya banyak destinasi untuk liburan keluarga. Berikut ragam aktivitas seru yang bisa Anda dan keluarga lakukan di Lombok:

1. Belajar Menyelam dan Berselancar

Tak ada yang meragukan keindahan bawah laut di Lombok. Menariknya, beberapa pantai di sini juga memiliki ombak besar dan menjadi favorit para peselancar dunia. Saat berlibur bersama si kecil, tak ada salahnya mengajari mereka menyelam ataupun berselancar dengan menggunakan jasa pelatih.

Lombok punya banyak tempat yang menawarkan kursus menyelam dan selancar untuk pemula yang bisa dimulai dari usia anak-anak. Tak perlu khawatir, di tangan para ahli dengan sertifikasi mengajar, si kecil akan aman dan bisa belajar dengan nyaman. Sebelumnya, Anda perlu melakukan survei tempat kursus terlebih dahulu agar mendapatkan harga dan kualitas terbaik.

2. Mengenal Suku Sasak, Suku Asli Lombok

Si kecil perlu tahu sekaligus merasa bangga bahwa Indonesia memiliki banyak suku bangsa. Pengenalan ragam suku dan budaya ini akan membuat mereka belajar toleransi antarsesama. Saat berada di Lombok, mengunjungi dan berinteraksi langsung Suku Sasak adalah cara sederhana mengenalkan anak dengan salah satu suku adat di negeri ini.

Ajak anak-anak ke Desa Sade di Kecamatan Pujut yang merupakan tempat bermukim Suku Sasak. Di sana, pengunjung bisa melihat rumah-rumah tradisional berdinding anyaman bambu dengan atap terbuat dari susunan daun kering.

Tak berhenti di situ, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat dan melihat aktivitas mereka saat membuat kain tenun yang cantik. Momen ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membeli hasil tenun dan songket Suku Sasak secara ekslusif. Kapan lagi bisa bebas memilih motif kain di daerah asalnya?

3.Trekking dan Mengenalkan Pentingnya Menjaga Alam

Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan bersama anakadalahtrekking untuk mengajari anak mencintai alam. Meskipun melelahkan,trekking memiliki manfaat besar bagi si kecil.

Melalui trekking, anak-anak akan berlatih untuk lebih mandiri, peduli, serta belajar beradaptasi. Selama perjalanan, orangtua bisa berbagi pengetahuan menarik seputar pentingnya menjaga alam dengan menanam pohon serta mengajarkan bahwa buang sampah sembarangan dapat menjadi pemicu kerusakan bumi.

Ingat, Anda juga perlu memilih medan yang cocok saat trekking bersama anak. Di Lombok, tersedia beberapa medan trekking untuk pemula dengan rintangan yang relatif ringan. Anda bisa memilih Bukit Selong, Bukit Korea, Bukit Batu Idung, ataupun Bukit Dandaun. Trekking di bukit tersebut bisa dilakukan dalam sehari bahkan setengah hari saja, tanpa harus menginap dan membawa perbekalan lebih.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Lombok bersama anak agar mereka bisa teralih dari ponsel pintar. Agar liburan bersama keluarga lebih berkesan, Anda bisa memanfaatkan penawaran spesial dari Traveloka. Kini, setiap pelanggan Traveloka bisa mendapatkan potongan harga hingga 20 persen untuk pemesanan paket tiket pesawat dan hotel di Lombok. Yuk, dapatkan penawarannya sekarang!


(adv/adv)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed