DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 00:00 WIB

Nikmati Ragam Keindahan Pulau-pulau di Perbatasan

advertorial - detikNews
Nikmati Ragam Keindahan Pulau-pulau di Perbatasan Pulau Liran (Foto: Dok. DetikTravel)
Jakarta -

Perbatasan Indonesia sudah tak lagi dipandang sebelah mata. Sebab, pulau-pulau yang berbatasan negara lain itu tersimpan sejuta pesona yang sulit dilupakan. Bagi Anda para petualang bisa mulai menjelajahi pulau-pulau berikut untuk mendapatkan pengalaman tak tergantikan dari daerah perbatasan.

1. Pulau Sara

Pulau Sara (Foto: Dok CNN Indonesia)Pulau Sara (Foto: Dok CNN Indonesia)

Pulau Sara memiliki ciri khas yang unik, yakni pulaunya tak berpenghuni dan pantainya berpasir putih halus. Pulau Sara merupakan salah satu pulau yang siap dijual untuk aktivitas pariwisata. Di pulau ini telah dibangun sejumlah cottage dan prasarana air bersih.

Dikutip dari cnnindonesia, Pulau Sara yang berada di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara Tengah yang berbatasan langsung dengan Filipina ini dijuluki Bumi Porodisa yang berarti paradise atau kepingan surga. Kabarnya, julukan ini diungkapkan pelaut Portugis ketika melakukan pelayaran sepanjang Kepulauan Sangir-Talaud.

2. Pulau Liran

Pulau Liran (Foto: Dok DetikTravel)Pulau Liran (Foto: Dok DetikTravel)

Pulau Liran adalah salah satu pulau terdepan di Indonesia. Pulau ini cantik sekali. Namun karena letaknya di perbatasan, 'surga' ini jadi sedikit terlupakan. Dikutip dari detikTravel, Pulau Liran terletak di Kabupaten Wetar Barat, Maluku. Pulau ini berbatasan langsung dengan Timor Leste. Jumlah penduduknya sekitar 1.118 jiwa atau sekitar 235 KK.

Pulau yang memiliki luas sekitar 34,3 km2 ini memiliki keindahan alam yang cukup menakjubkan. Saat siang hari, air laut berwarna biru toska mengitari wilayah pantai pulau ini. Degradasi warna biru air laut itu pun semakin terlihat eksotis ketika berbaur dengan pasir putih dan bukit tandus berbatu yang dikelilinginya.

3. Pulau Salura

Rombongan touring berfoto bersama dengan latar perbukitan Pulau Salura (Foto: Dok. Yamaha)Rombongan touring berfoto bersama dengan latar perbukitan Pulau Salura (Foto: Dok. Yamaha)

Pesona dan keindahan Pulau Salura memang belum seterkenal kawasan perbatasan lainnya, seperti Atambua. Namun pulau yang berbatasan dengan Australia ini patut didatangi karena mempunyai karisma tersendiri.

Secara geografis, Pulau Salura terletak di ujung selatan Indonesia. Tepatnya di Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya kurang lebih sekitar 620 hektare dengan kontur alam mayoritas perbukitan. Berdasarkan Data Statistik Sekretaris Desa pada 2012, Desa Prai Salura mempunyai populasi penduduk pulau mencapai 568 jiwa.

Bagi yang suka touring, Pulau Salura mempunyai trek yang komplet mulai dari perbukitan hijau sampai pantai berpasir putih. Selain itu, Pulau Salura dianugerahi kekayaan laut yang melimpah, seperti cumi-cumi. Air dan pantai di sini pun masih alami sehingga cocok untuk arena snorkeling.

Namun di balik keindahan tersebut, masyarakat di sana masih mengalami keterbatasan sarana pendidikan dan kesehatan. Menyadari hal tersebut, Yamaha melalui program VixionR_1DekadePeduli memberikan donasi pendidikan sebesar Rp 50.453.886. Donasi ini merupakan hasil kerja sama dengan kitabisa.com yang diserahkan ke SD Inpres Pulau Salura, Nusa Tenggara Timur pada Minggu (11/3/2018).

"Melalui kunjungan ke Pulau Salura ini membuka mata saya pribadi, juga Yamaha, bahwa banyak hal yang bisa kami lakukan untuk teman-teman dan saudara-saudara di Indonesia. Ini adalah komitmen Yamaha untuk ikut membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa." ujar GM Marketing PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM), Eddy Ang.

Eddy Ang memberikan donasi kepada Kepala Sekolah SD Inpres, Rasyid Longsoh (Foto: Dok Yamaha)Eddy Ang memberikan donasi kepada Kepala Sekolah SD Inpres, Rasyid Longsoh (Foto: Dok Yamaha)

Donasi pendidikan VixionR_1DekadePeduli diterima langsung oleh Kepala Sekolah SD Inpres Salura, Rasyid Longsoh. Pria yang sudah menjadi tenaga pengajar di pulau ini sejak tahun 1984 mengapresiasi donasi yang diberikan Yamaha. Apalagi Yamaha juga memberikan Power Product Generator seri EF6600E yang berfungsi sebagai sumber listrik agar anak-anak Salura tetap dapat belajar dengan nyaman di malam hari karena listrik di sini belumlah sempurna.

"Semoga dengan bantuan yang diberikan Yamaha dan yayasan-yayasan lain dapat meningkatkan kesadaran belajar siswa-siswi. Bantuan ini diharap menjadi dorongan bagi orangtua dan guru untuk lebih memperhatikan pendidikan anak-anak Salura," Rasyid menjelaskan.

Komunitas saat belajar bersama dengan siswa SD Inpres SaluraKomunitas saat belajar bersama dengan siswa SD Inpres Salura

Tim Yamaha pun tidak mau ketinggalan menikmati sensasi touring dengan Yamaha Vixion yang mudah dilibas dengan 150cc Fuel Injection bertenaga responsif.

Apalagi Yamaha Vixion didukung rangka Deltabox yang sudah teruji kuat dan kokoh, membuat berkendara lebih stabil di jalan menikung dan menanjak. Berkendara di jalan berlubang dan rusak jadi tetap nyaman karena Vixion dibekali Monocross Suspension yang membuat redaman lebih stabil dan nyaman.

Perjalanan ke Pulau Salura diikuti berbagai komunitas Vixion seluruh dari berbagai kota di Indonesia. Sepuluh orang mengendarai Vixion menempuh perjalanan sejauh 110 km dari Waingapu untuk sampai ke Pulau Salura.

Para penjelajah ini membawa misi mulia memberikan bantuan pendidikan. Perjalanan ini adalah awal mula perjalanan Yamaha untuk terus menularkan semangat 'Semakin Di Depan'. Suatu saat Yamaha akan kembali untuk melihat anak-anak Salura mendapat pendidikan yang jauh lebih baik. Informasi lebih lanjut lihat di sini.

Yamaha Semakin Di Depan!


(adv/adv)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed