Pesan Inspiratif dari Para Pemimpin Berpengaruh di Indonesia

Advertorial - detikNews
Sabtu, 20 Jan 2018 00:00 WIB
Fruitful Business hadirkan Direktur PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat, Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Rina Ciputra Sastrawinata, dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro (Foto:Detikcom)
Jakarta - Tiga pemimpin berpengaruh di Indonesia berbagi pesan bermakna di acara tahunan Fruitful Business bertemakan 'Seven Secrets to Successful Business' yang diadakan oleh Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP) Shekinah.

Para pemimpin yang hadir antara lain Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat, Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Rina Ciputra Sastrawinata, dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro.

Jonan yang ditunjuk sebagai keynote speaker menyampaikan pengalaman sekaligus pesan kepada para leader dan profesional yang hadir di acara tersebut.

"Saya menyarankan kalau jabatan itu jangan dicita-citakan deh, kalau dikasih tugas itu amanah jadi harus diselesaikan sebaik-baiknya dan berusaha jangan buat orang tergantung sama kita. Harus berusaha bermanfaat untuk orang lain," ucap Jonan di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (19/1/2017).

Pesan Inspiratif dari Para Pemimpin Berpengaruh di Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan (Foto:Detikcom)


Jonan mengaku hal itulah yang membuat dia tetap tenang saat dicopot oleh Presiden sebagai Menhub beberapa waktu lalu. Dia yang meyakini rezeki tak tertukar hingga akhirnya kembali menjabat sebagai menteri ESDM.

"Saya tidak punya cita-cita untuk ditugaskan menjadi menteri. Sama sekali. Ini beneran. Makanya waktu diberhentikan tenang saja saya." kata Jonan.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat pun tak kalah inspiratif dalam membagikan pesannya sebagai leader.

"Sido Muncul sebagai pionir industri jamu modern harus memiliki visi memberikan manfaat lebih banyak kepada masyarakat dan tidak mengejar keuntungan semata. Upaya untuk memupuk kepercayaan pasar dalam negeri dilakukan melalui verifikasi produk dan peran dalam memajukan pariwisata Indonesia melalui iklan produk Sido Muncul," ujar Irwan.

Pesan Inspiratif dari Para Pemimpin Berpengaruh di Indonesia

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat dan Andy F Noya (Foto:Detikcom)


Menurutnya, visi tersebut baru benar-benar bertranformasi sejak tahun 1995. Saat itu Irwan menyadari bahwa perusahaan Sido Muncul harus mempunyai kebermanfaatan dan tidak sekadar mencari untung.

"Saya terinspirasi oleh Bunda Theresa. Dia mengatakan jika hidupmu itu tidak bermanfaat maka bagi orang lain (kamu) tidak berguna. itu menyadarkan saya maka saya mengubah perusahaan ini tidak cari untung semata tapi bawa manfaat," tutup Irwan.

Dia menyadari kebermanfaatan yang ditebar untuk karyawan, lingkungan, negara, dan masyarakat akan membawa dampak positif bagi dirinya dan sekitarnya. Oleh karena itu, di hadapan para peserta talk show yang dimoderatori oleh Andy F Noya ini, Irwan berharap agar para profesional tidak melupakan asas manfaat demi kepentingan bersama. (adv/adv)