Kelola Limbah dengan Baik, Sido Muncul Dapat Predikat Industri Hijau

Advertorial - detikNews
Sabtu, 23 Des 2017 00:00 WIB
Direktur Marketing Sido Muncul Irwan Hidayat memegang penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian (Foto: dok. Sido Muncul)
Jakarta - Kesuksesan sebuah industri atau perusahaan juga dinilai dari kepeduliannya pada lingkungan sekitar. Maka di samping terus menggenjot produksi obat-obatan herbal, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk terus berkomitmen mengelola limbahnya dengan baik.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengungkapkan Sido Muncul tidak pernah membuang limbah atau sampah. Limbah padat maupun limbah cair dikelola sedemikian rupa agar tidak mencemari lingkungan.

"Kami nggak pernah buang sampah. Limbah cair kami proses sehingga memenuhi persyaratan. Sedangkan limbah padat kami olah menjadi bahan bakar. Jadi bahan bakar kami 60% dari limbah, 40% dari gas. Dalam sehari, Sido Muncul menghasilkan limbah padat sebanyak 40 ton. Selain bahan bakar, kami jadikan pupuk juga," katanya saat ditemui detikcom usai menerima penghargaan Industri Hijau di Kementerian Perindustrian, Kamis (21/12/2017).

Irwan menjelaskan proses pengelolaan limbah tersebut juga mengantarkan Sido Muncul bisa melancarkan efisiensi produk.

"Harga limbah padat cuma 50% dari harga gas. Jadi lebih hemat, emisi buangnya juga memenuhi syarat," paparnya.

Berkat pengelolaan limbah yang baik, Sido Muncul mendapatkan penghargaan dan sertifikat Industri Hijau Level 5 (level tertinggi) dari Kementerian Perindustrian. Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar N didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Ngakan Timur Antara kepada Direktur Marketing Sido Muncul Irwan Hidayat.

Penghargaan ini didapatkan Sido Muncul karena telah berhasil melewati tiga tahap penilaian, yakni proses produksi yang melalui program efesiensi produksi, penggunaan material input, energi, air, teknologi proses, produk, sumber daya manusia, dan lingkungan kerja.

Kemudian kinerja pengelolaan limbah/emisi meliputi upaya penurunan emisi, pemenuhan baku mutu lingkungan dan sarana pengelolaan limbah/emisi, serta manajemen perusahaan meliputi sertifikasi, corporate social responsibility, dan berbagai penghargaan yang telah diterima Sido Muncul.

Sebelumnya pada Senin (18/12/2017), Sido Muncul juga mendapatkan penghargaan Proper Hijau periode tahun 2016-2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (adv/adv)