Alasan Sido Muncul Jadi Produsen Jamu Paling Dikenal di Indonesia

Advertorial - detikNews
Sabtu, 16 Des 2017 00:00 WIB
Jakarta - Reputasi perusahaan bisa jadi merupakan modal paling berharga bagi sebuah perusahaan agar bisa terus berkembang. Hal ini pula yang menjadi formula perusahaan jamu nasional terkemuka, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, untuk terus bertumbuh positif. Tak sulit menemukan produk perusahaan yang berbasis di Semarang tersebut dari warung hingga jaringan ritel modern. Produk jamunya pun sangat akrab di telinga masyarakat.

Tak salah jika Sido Muncul mendapatkan penghargaan Indonesia Best Corporate Reputation Award 2017 sebagai 'Top 5 Corporate Reputation In Pharmaceutical Sector' dari Warta Ekonomi. Penghargaan tersebut merupakan hasil penelitian lembaga periset, Marketing Research Indonesia (MRI), terkait reputasi perusahaan berdasarkan awareness perusahaan yang diukur dari net promotion score dan index corporate reputation.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan beberapa penghargaan yang silih berganti diterima perusahaannya tak lepas dari upaya selama puluhan tahun Sido Muncul membangun kepercayaan masyarakat dalam menghasilkan produk herbal berkualitas.

"Dengan diterimanya penghargaan ini, saya harap Sido Muncul dapat terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat akan kualitas produknya, sehingga citra baik perusahaan dapat tetap terjaga," ujar Irwan di acara Indonesia Corporate Reputation Award 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Diungkapkannya, terbangunnnya kepercayaan masyarakat atas produk-produk jamu Sido Muncul bukan datang dalam waktu singkat. Butuh proses panjang dengan terus berinovasi menciptakan jamu berkualitas, serta proses penelitian tak kenal lelah untuk menciptakan produk jamu bermutu tinggi.

Alasan Sido Muncul Jadi Produsen Jamu Paling Dikenal di Indonesia

"Anda suka tidak dengan jamu Sido Muncul? Karena untuk membuat jamu berkualitas, aman, dan berkhasiat, harus base on riset secara terus menerus. Kalau tidak berinovasi pasti tertinggal, seperti apa produk yang disukai masyarakat, orang-orang yang bekerja di Sido Muncul sudah biasa meneliti. Kemudian pabrik jamu kita saat ini ditingkatkan dengan standar GMP (Good Manufacturing Practice)," tutur Irwan.

Tak hanya akrab di dalam negeri, produk herbal Sido Muncul juga diterima secara luas di pasar luar negeri. Penjualan ekspor pun terus terus mengalami pertumbuhan ke sejumlah negara seperti Timur Tengah, Asia Tenggara, Afrika, dan Asia Timur.

"Paling penting dari produk itu kreativitas. Dalam waktu dekat sekitar Maret kita mulai ekspor banyak ke Filipina. Kami ingin masuk ke produk herbal suplemen. Termasuk memperkenalkan pabrik baru di Semarang," jelas Irwan.

Sebagai informasi, tahun ini cukup banyak penghargaan yang telah diterima Sido Muncul antara lain Indonesia Most Powerful Companies Award, Indonesia's PR of The Year 2017, Public Relation Excellence Award, Indonesia Living Legend Brand Award, Indonesia Digital Popular Brand Award, Satria Brand Award, Corporate Image Award, Solo Best Brand, dan Super Brands Indonesia's Choice. (adv/adv)