DetikNews
Senin 20 November 2017, 00:00 WIB

eMagic, Hero Solution untuk Konektivitas yang Efektif dan Efisien

Advertorial - detikNews
eMagic, Hero Solution untuk Konektivitas yang Efektif dan Efisien Group Head Business Products Indosat Ooredoo, Budiharto (Foto: detikcom)
Jakarta -

Masih ingat dengan kejadian offline-nya ribuan ATM di berbagai wilayah di Indonesia beberapa waktu lalu? Ribuan ATM offline tersebut merupakan dampak dari gangguan satelit. Bukan hanya sehari, masyarakat dan perbankan harus merasakan dampaknya hingga berhari-hari.

Pada saat itu, telah terjadi gangguan (anomali) yang mengakibatkan pergeseran pointing antena satelit sehingga semua layanan transponder yang menggunakan satelit itu terganggu.

Sejumlah bank pun melakukan upaya pemulihan dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit lainnya. Dengan solusi migrasi yang membutuhkan waktu beberapa jam hingga layanan dapat kembali berjalan normal.

Sebetulnya, ada beberapa metode untuk menghidupkan ribuan mesin ATM yang offiline tersebut, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan pemanfaatan solusi eMagic (enhance Managed IoT Connectivity). eMagic merupakan multi carrier secure access dari Indosat Ooredoo Business untuk menghubungkan dan mengelola perangkat atau mesin dengan layanan full manage.

Solusi ini sudah ada sebelumnya, namun hanya digunakan oleh bank-bank asing saja. Saat kejadian ribuan ATM offline yang menimpa rekanan perbankan, eMagic menjadi hero solution yang banyak dipilih untuk menghidupkan kembali ATM-ATM tersebut.

"Karena adanya kasus ATM offline, ada salah satu bank yang meminta kami menghidupkan 200 ATM tersebut dalam 2 hari. Sewaktu kita cek, lokasinya ada di pusat bisnis, pastinya ada jaringan seluler. Langsung saja kita implementasikan solusi eMagic," ujar Group Head Business Products Indosat Ooredoo, Budiharto.

Keuntungan eMagic untuk Bisnis

Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, maka penyedia jasa layanan semakin dituntut untuk menyelesaikan masalah yang menyangkut pelayanan kepada pelanggannya. Saat ini ada empat kendala utama yang dihadapi korporasi dalam menghubungkan dan mengelola komunikasi antarperangkat atau mesin.

Pertama ialah lokasi, seberapa sulitnya medan lokasi yang di tempuh atau posisi yang selalu berpindah-pindah. Kedua masalah waktu, dibutuhkan waktu untuk instalasi dan konfigurasi perangkat. Ketiga biaya, semakin sulit jangkauan dan jarak maka semakin mahal biaya yang dibutuhkan. Keempat pemeliharaan/maintenance, tentu dibutuhkan resources yang mumpuni untuk memonitor dan mengoperasikan.

Beruntungnya layanan eMagic ini memiliki berbagai keunggulan terutama dalam hal pemasangan dan pengoperasian sehingga keempat permasalah diatas dapat teratasi. Indosat Ooredoo Business juga menyiapkan customer operation khusus untuk solusi ini.

eMagic didesain dengan fitur kunci yang meliputi:

1. Teknologi Bonding/Speed Fusion

Dalam hal ini, digunakan dua operator selular yang sama-sama aktif. Apabila terjadi suatu gangguan, maka akan langsung berpindah ke operator selular yang lain tanpa ada waktu jeda.

2. Hot Failover

Dengan sistem ini, pelanggan bisa mengaktifkan operator kedua secara pilihan. Statusnya satu selular aktif dan satunya lagi stand by.

3. Bandwidth Aggregation

Sistem ini menggabungkan beberapa sim card selular (bisa lebih dari dua). Dalam kasus ATM offline, bisa digunakan fitur seamless yang perpindahannya tanpa jeda dan tidak terasa sehingga ATM selalu dalam keadaan hidup.

Sebagai sebuah solusi, eMagic tidak hanya dapat diterapkan di ATM saja, tetapi juga pada kebutuhan lainnya seperti EDC perbankan, gateway untuk sensor pada perusahaan oil and gas, broadcasting, retail dengan live streaming, advertising dan small branches office, serta industri lain yang membutuhkan komunikasi data.

Produk M2M seperti eMagic membuktikan komitmen Indosat Ooredoo Business untuk menghadirkan solusi bisnis yang akhirnya mampu meningkatkan pelayanan masyarakat.

Bagi para pebisnis dan korporasi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang eMagic kunjungi indosatooredoo.com/emagic atau Anda dapat menghubungi nomor telepon 0815 1201 8888 atau e-mail ke info.business@indosatooredoo.com.


(adv/adv)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed