detikNews
Senin 19 Juni 2017, 00:00 WIB

Ini Cara Buat Laporan Data Lebih Akurat dan Efisien bagi Startup

adv - detikNews
Ini Cara Buat Laporan Data Lebih Akurat dan Efisien bagi Startup
-

Mendirikan sebuah startup kini tengah menjadi tren bagi pelaku bisnis di Indonesia. Modalnya tak begitu besar, bisa menjadi viral, dan keuntungannya bisa berlipat. Namun diperlukan strategi yang tepat.

Ada tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku startup, salah satunya menyusun laporan data, seperti akuntansi dan manajemen operasi perusahaan dengan tepat. Anda pasti memikirkan bagaimana caranya mengalokasikan sumber daya yang efektif.

Menyusun laporan data mendasar pastinya sudah bukan jadi masalah. Namun kini yang menjadi masalah adalah bagaimana laporan tersebut bisa terhindar dari kesalahan dan startup bisa lebih menggali keuntungan.

Anda bisa menyusun laporan data dengan lebih akurat dan efisien dengan menggunakan tools yang mumpuni. Faktanya, hingga kini masih banyak perusahaan yang menggunakan tools lama seperti Microsoft Excel karena sudah pasti tersedia di tiap komputer dan penggunaannya dinilai praktis.

Keseriusan perusahaan untuk membuat perencanaan keuangan yang baik seharusnya sudah tidak menggunakan Microsoft Excel lagi. Sudah saatnya Anda beralih ke tools yang lebih praktis.

Salah satunya dengan menggunakan software manajemen bisnis perusahaan dengan solusi Enterprise Resource Planning (ERP) atau perencanaan sumber daya perusahaan. Software ini memberikan banyak keuntungan. Antara lain menghemat waktu bagi para pemula dengan sistem pengajaran yang cepat dan tak memerlukan pengetahuan accounting tertentu.

Selain itu juga bisa menyusun laporan tagihan dan pembayaran dalam satu kerangka yang telah di-set, tanpa perlu melibatkan banyak departemen/divisi untuk menangani tiap komponen. ERP juga membantu laporan data yang akurat dengan mempersingkat data entry di mana sering mengalami kesalahan seperti dobel memasukkan data.

ERP turut mengakses data finansial secara real time dan bisa memberikan insight terhadap performa bisnis Anda. Bahkan ERP juga bisa melakukan sistem audit dengan lebih cepat dan akurat.

Solusi ERP hendaknya dibarengi dengan penggunaan teknologi cloud computing yang memberikan beragam servis dengan menggunakan internet. Misalnya menyediakan servis penyimpanan dokumen.

Cloud computing sangat penting untuk startup yang tengah berkembang, apalagi dari sisi finansial. Anda bisa menekan biaya IT support karena sudah disediakan secara cloud. Anda juga bisa menekan biaya pemeliharaan dan biaya support software.

Penggabungan keduanya dikenal dengan nama Cloud ERP. Dengan Cloud ERP, Anda hanya membayar sesuai kebutuhan. Bahkan biaya tagihan bulanan bisa dialokasikan untuk investasi lainnya.

Cloud ERP juga bisa melakukan penyimpanan data sesuai kebutuhan perusahaan dan data sudah pasti di-back up dan tersedianya disaster recovery plan.

Jika terjadi kerusakan pada server, maka data tetap aman karena disimpan dalam cloud. Anda juga bisa mengakses sistem dari mana saja sehingga mudah mengembangkan bisnis. Ini disebabkan sudah terdapat koneksi internet. Jadi tak perlu mengimplementasi software atau hardware.

Anda bisa menggunakan SAP Business One dari System Applications and Products (SAP) yang menghadirkan software manajemen bisnis yang tepat dengan solusi ERP. SAP dapat membantu menyederhanakan, mengelola, hingga menumbuhkan bisnis startup.

Selain itu, SAP Business One telah dipercaya oleh lebih dari 50 ribu perusahaan di 150 negara. Perangkat teknologi ini menawarkan cara yang terjangkau bagi usaha kecil dan yang sedang berkembang untuk mengelola setiap aspek operasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SAP Business One, silakan klik di sini.


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed