DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 00:00 WIB

Pemuda Inspiratif Pemenang MLDSPOT Content Hunt 2017

Advertorial - detikNews
Pemuda Inspiratif Pemenang MLDSPOT Content Hunt 2017
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, MLD menggelar ajang MLDSPOT Content Hunt untuk menggugah semangat anak muda Indonesia agar terus berkarya dan menginspirasi yang lainnya. Antusiasme anak muda pun terlihat begitu besar dengan turut mengirim konten di MLDSPOT Content Hunt.

Setelah melalui beberapa tahap penyeleksian, terpilih lah empat orang pemenangnya. Di antaranya, Setya Yudha Indraswara dengan konten Jaringan Warkop Nusantara yang masuk dalam kategori Inspiring People.

Setya Yudha Indraswara atau yang akrab disapa Ulil adalah founder dari Jaringan Warkop Nusantara sejak Agustus 2016. Jaringan Warkop Nusantara (JWN) adalah usaha mikro berbasis socio-preneurship untuk mengembangkan kopi lokal dan warung kopi tradisional Indonesia.

Ulil mendirikan JWN karena pengalamannya saat kesulitan mendapatkan kopi asli (bukan sachet). Alasan lainnya yaitu agar semua orang dapat menikmati kopi-kopi lokal berkualitas terbaik dengan harga terjangkau, saling terhubung, dan berbagi segala hal terkait kopi.

"Saya ingin memperkenalkan bahwa ada alternatif lain selain kopi sachet, yaitu kopi asli Indonesia yang semuanya enak," ujar Setya Yudha.

JWN bukan merupakan grup eksklusif dan tidak memerlukan membership karena tujuannya untuk bergerak bersama demi memajukan kopi asli Indonesia. Oleh karena itu, Ulil juga menyiapkan wadah berupa WarkopLab di rumahnya untuk siapapun yang ingin belajar mengenai kopi secara gratis.

Kini JWN mulai memberikan penyuluhan ke pemilik warkop mengenai teknik penyeduhan. Ke depannya JWN juga akan mengenalkan ke alat pembuat kopi kepada pemilik warkop.

Perjuangan Ulil dalam mengembangkan JWN tidaklah mudah. Awalnya JWN didirikan dari dana pribadi, lalu Ulil selaku pemiliknya memulai berbisnis untuk menghidupkan proyek JWN. Dari perjuangan itu, Ulil pun mendistribusikan kopi-kopi yang didapatkannya ke warkop dan berhasil mendapatkan respons yang baik.

Setelah berjalan selama delapan bulan, JWN pun mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat hingga Ulil sendiri kerap diundang menjadi pembiacara di beberapa seminar. Belakangan, Ulil juga tampil sebagai pembicara dalam seminar yang digelar oleh Bekraf.

Meskipun mendapatkan tawaran dari venture capital, JWN tetap memilih menjadi social project miliknya bersama teman-teman yang sudah bergabung. Agar tetap berjalan dengan baik, Ulil tetap menjalankan bisnis di dalamnya untuk mendukung social project JWN.

Mau jadi seperti Setya Yudha yang kisah hidupnya menginspirasi anak muda Indonesia? Nantikan MLDSPOT Content Hunt berikutnya. Jadi pantau terus media sosial dan website MLDSPOT untuk mendapatkan informasi lengkapnya.


(adv/adv)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed