DetikNews
Rabu 16 November 2016, 00:00 WIB

Dibayar Rp200 Ribu Hingga Dipercaya Banyak Stasiun TV, Lika-Liku Karier Robby Purba

Advertorial - detikNews
Dibayar Rp200 Ribu Hingga Dipercaya Banyak Stasiun TV, Lika-Liku Karier Robby Purba
Jakarta -

Jika Anda sering menonton televisi, nama Robby Purba pasti sudah tak asing lagi. Mantan VJ MTV Indonesia angkatan 2008 ini memenuhi layar televisi Anda di berbagai stasiun. Pasalnya, pembawaan pemilik nama lengkap Robby Caesar Titian Surya Purba ini memang enak dilihat. Dalam menyampaikan informasi saat menjadi pembawa acara pun, sosok pria kelahiran 1986 ini menjadi favorit banyak orang.

Awal karier Robby Purba dimulai saat ia menyadi seorang penyiar salah satu radio di Lampung. Namun sebelumnya, ternyata ia memiliki pengalaman first job yang menarik. "Waktu SMA aku ditawarkan pekerjaan menjadi MC Liga Basket se-Lampung. Waktu itu dibayar Rp200 ribu selama lima hari, nge-MC pun berjam-jam," kenang anak bungsu dari empat bersaudara ini.

Dengan didikan orang tua yang memberikan kebebasan pada anaknya, Robby Purba berhasil menjalani masa remajanya dengan fun dan sesuai passion. "Dulu dimanjain sama bokap nyokap, nggak pernah dimarahin sama sekali. Cara mendidik mereka memberikan kebebasan, nggak harus belajar setiap malam dan ambil les. Mereka juga bilang nikmati yang kita miliki," ceritanya.

Robby Purba kemudian meneruskan hobinya yakni cuap-cuap di muka umum dengan menjadi penyiar radio. "Dulu sih cita-citanya jadi pengajar seperti dosen. Pernah tercapai, Cuma karena hobinya cuap-cuap dan dulu siaran, aku meneruskan jadi pembawa acara aja. Ya nggak jauh beda juga," ujarnya.

Lika-liku kariernya di dunia entertainment juga dianggapnya berjalan dengan mulus walau terdapat banyak tantangan. "Aku nggak punya pengalaman buruk saat merintis karier. Mungkin ya beberapa kali aku harus di-cut karena pertimbangan dari tim programming, tapi itu hal yang lumrah karena kebijakan program TV. Up and down ya," tukasnya.

Menjadi bintang iklan sebuah produk rokok pada tahun 2008 adalah awal karier yang mengantarkan dirinya terjun lebih jauh ke dunia entertainment. Ia juga membintangi beberapa film seperti Kutukan Arwah Santet dan Cipularang. "Perjalanan karier berjalan mulus bagi aku karena bisa bertahan selama delama tahun sampai pencapaiannya sekarang bagus. Ini karena aku selalu dikelilingi dan di-support orang-orang yang sangat luar biasa," katanya.

Laki-laki yang mendambakan ingin adu akting dengan Dian Sastro dan Lukman Sardi ini juga berhasil masuk kategori Panasonic Award kategori Host Talent Show. Selain itu, Robby Purba juga menjadi pembawa acara untuk ajang pencarian bakat X Factor Indonesia di musm pertama. "Penghargaan besar bagi aku sih tetap dipercaya dengan stasiun TV manapun. Agar karier kita long lasting intinya harus menjalankan tiga hal. Sabar, low profile, dan easy going," ucapnya.

Lika-Liku Karir Robby Purba Berawal dari Jadi MC Liga Basket

Di tengah-tengah kariernya yang makin menjulang, tentunya Robby Purba gemar mengabadikan momen bersama teman-teman, tim, kru, hingga fansnya dengan wefie. "Aku suka wefie bareng teman-teman. Selfie juga suka, tapi tidak terlalu sering. Ini juga karena kalau misal di Instagram aku post foto pemandangan, yang nge-like Cuma 2000 sampai 3000 orang. Kalau selfie bisa sampai 5000 sampai 6000 likes. Mungkin fans sukanya selfie," ujar Robby sambil tertawa.

Robby Purba juga mengungkapkan bahwa ia lebih suka selfie dengan video karena seperti memperlihatkan reportase dalam hidup kita. Menurutnya hal ini penting untuk fans karena bisa memberitakan apa yang terjadi dalam kehidupannya.

"Aku sih paling percaya diri untuk selfie setelah mendapatkan cahaya bagus, seperti dalam mobil. Selfie-nya juga lebih suka yang natural. Paling menggunakan efek warna saja. Aku mengandalkan smartphone yang kamera depan dan belakangnya sama-sama mumpuni seperti OPPO. Semuanya terlihat natural dan beauty pakai OPPO. Bisa lihat di Instagram," ujarnya yang termasuk dalam Selfie Expert Member OPPO.
(adv/adv)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed