DetikNews
Sabtu 22 Oktober 2016, 00:00 WIB

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan Mengapresiasi FKTP dengan Performa KBK Terbaik

Advertorial - detikNews
Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan Mengapresiasi FKTP dengan Performa KBK Terbaik
Jakarta -

Demi meningkatkan pelayanan kesehatan bagi pesertanya, BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan tersebut khususnya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Perfama (FKTP). Jambore Nasional Pelayanan Primer III merupakan bentuk komitmen yang secara kontinu dilakukan setiap tahunnya. Melalui program ini, BPJS Kesehatan berharap agar terbentuk kemitraan strategis dengan FKTP agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi peserta BPJS Kesehatan dan membangun FKTP yang kuat.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris mengungkapkan bahwa kegiatan Jambore Pelayanan Primer merupakan upaya mengoptimalisasi fungsi pelayanan kesehatan primer melalui peningkatan kompetensi FKTP serta pemahaman terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional. Tahun ini, Jambore Nasional Pelayanan Primer digelar dari Rabu (19/10) hingga Jumat (21/10) kemarin.

"Jambore Pelayanan Primer merupakan pertemuan rutin tahunan yang melibatkan FKTP dan stakeholder yang terlibat dalam pelayanan primer BPJS Kesehatan. Kegiatan Jambore Pelayanan Primer diharapkan dapat membentuk kemitraan strategis seluruh stakeholder untuk membanhun pelayanan primer yang kuat, yang pada akhirnya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ujarnya saat melakukan pemberian apresiasi di Hotel Borobudur, Jakarta pada Jumat malam (21/10).

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan Mengapresiasi FKTP dengan Performa KBK Terbaik

Sesuai dengan instruksi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, BPJS Kesehatan menekankan masyarakat harus terus mengutamakan pentingnya kebiasaan hidup sehat pada masyarakat, khususnya menekan kasus sakit. BPJS Kesehatan berharap upaya ini akan mendorong upaya hidup sehat masyarakat melalui kegiatan promotif dan preventif.

Di tahun ini, Jambore Nasional Pelayanan Primer mengusung tema "Budaya Hidup Sehat, Komitmen Layanan Kuat, INDONESIA SEHAT". Program ini juga memberikan apresiasi kepada FKTP dengan performa terbaik di wilayahnya dan performa terbaik FKTP daerah perifer sebagai wujud kepedulian kerjasama dalam pelayanan kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

FTKP/Dinas Kesehatan juga diberikan apresiasi karena memberikan inovasi dalam meningkatkan mutu pelayanan primer. Tak hanya itu, apresiasi juga diberikan kepada Klub Prolanis dalam pengelolaan Program Rujuk Balik/Program Pengelolaan Penyakit Kronis bagi peserta JKN-KIS.

Apresiasi diberikan kepada FKTP dan Klub Prolanis melalui beberapa indikator. Di antaranya angka kontak, rasio rujukan non spesialistik, rasio peserta prolanis berkunjung di FKTP. Indikator ini merupakan komitmen FKTP dalam melaksanakan Sistem Pembayaran Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK). Penilaian ini diharapkan akan mendorong pelaksanaan KBK yang efektif dan efesien bagi FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan Mengapresiasi FKTP dengan Performa KBK Terbaik

Aspek Angka Kontak merupakan indikator untuk mengetahui tingkat aksesabilitas dan pemanfaatan pelayanan primer di FKTP oleh peserta berdasarkan jumlah peserta JKN (per nomor identitas peserta). Lalu, Rasio Rujukan Rawat Jalan Non Spesialitik merupakan indikator untuk mengetahui kualitas pelayanan di FKTP. Terakhir, aspek Rasio Peserta Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) Rutin Berkunjung ke FKTP adalah indikator untuk mengetahui kesinambungan pelayanan penyakit kronis yang disepakati oleh BPJS Kesehatan dan FKTP terhadap peserta Prolanis.

Terdapat indikator tambahan bagi Puskesmas berupa Rasio Kunjugan rumah. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui penyelanggaraan kegiatan promotif di Puskesmas. Nantinya, Puskesmas akan memperoleh kompensasi dalam bentuk pelatihan atau seminar untuk meningkatkan kompetensi dan performa Puskesmas.

Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBK) merupakan program pembayaran yang diterapkan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Penerapan KBK bertujuan sebagai indikator kinerja yang berdampak pada hasil dan ditetapkan pola reward dan konsekuensi atas pemenuhan komitmen pelayanan atau kinerja FKTP. Penerapan KBK juga merupakan bagian dari pengembangan sistem kendali mutu pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas penyelenggaraan pelayanan kesehatan.

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan Mengapresiasi FKTP dengan Performa KBK Terbaik

Metode pembayaran seperti KBK sudah banyak diterapkan di berbagai negara yang menggunakan social insurance. "Sistem pembayaran ini terbukti dapat meningkatkan performa dari FKTP dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta program," tukasnya. Fachmi menambahkan bahwa di era JKN-KIS ini, kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh FKTP sangat penting. Ini dikarenakan FKTP adalah ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan.

"Semakin hari, jumlah peserta JKN-KIS kian bertambah sehingga FKTP sebagai lini pertama pelayanan kesehatan harus diperkuat dan terus berkomitmen supaya dapat terus memberikan pelayanan optimal. KBK sudah mulai diterapkan sejak setahun lalu melalui uji coba secara bertahap. Ini juga merupakan upaya kendali mutu dan kendali biaya di fasilitas kesehatan, sekaligus sebagai komitmen nyata dari pemangku kepentingan untuk memberikan pelayanan yang lebih bermutu," tutup Fachmi Idris.


(adv/adv)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed