Bagaimana Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan?

adv - detikNews
Kamis, 29 Sep 2016 00:00 WIB
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, laptop kini telah menjadi kebutuhan utama. Pasalnya, laptop membantu kegiatan Anda berjalan dengan lancar. Bentuknya yang ringkas juga mudah di bawa ke mana saja. Cukup letakkan di dalam tas Anda. Makin ke sini, berbagai macam brand menghadirkan laptop yang canggih untuk memenuhi kebutuhan kerja Anda.

Terkadang Anda bingung untuk membeli laptop karena terlalu banyak pilihannya. Tak jarang, beberapa orang merogoh kocek lebih dari budget yang dipersiapkan karena harga laptop yang dipilih mahal. Padahal, mereka tidak terlalu membutuhkan fitur yang diberikan. Sebenarnya ada tips yang bisa Anda praktikan untuk mendapatkan laptop yang pas untuk kebutuhan Anda. Berikut tipsnya:

Tentukan Fungsi Laptop

Biasanya Anda membutuhkan laptop untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan. Pertama, Anda bisa melihat dari jobdesk yang Anda kerjakan. Jika Anda membutuhkan laptop untuk mendukung pekerjaan bisnis seperti lebih banyak mengedit teks dan membuat tabel, Anda dapat memilih laptop yang berukuran 14" karena kinerjanya tidak terlalu berat dan ukurannya pas. Jika Anda bekerja sebagai desainer atau video editor, pilihlah laptop dengan spek yang besar, prosesornya berkecepatan tinggi, dan resolusinya juga tinggi.

Pilih Spesifikasi Laptop dengan Teliti

Harga laptop sudah dapat dipastikan tergantung dari spesifikasi yang diberikan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui spesifikasi laptop yang Anda inginkan. Pertama, anda harus mengetahui prosesornya. Semakin tinggi frekuensinya, semakin cepat kinerjanya. Kedua, pilih memori dengan RAM yang tinggi agar transfer data lebih cepat. Ketiga, cari tahu mengenai kapasitas baterai seperti berapa lamakah laptop bisa hidup. Terakhir, pastikan kompabilitasnya agar Anda mengetahui apakah Anda akan membutuhkan RAM lebih besar.

Pastikan Ukuran Layar Pas

Jangan menyepelekan ukuran laptop karena ini juga berperan penting untuk memenuhi kebutuhan Anda. Pilih ukuran 11" sampai 13" jika mobilitas Anda tinggi karena ringan ketika dibawa seharian ke berbagai tempat. Jika Anda menginginkan ukuran laptop pada umumnya, pilih ukuran notebook layar 13" sampai 14". Jika Anda membutuhkan laptop untuk meng-edit video dan foto juga bermain game, tetapi tidak terlalu merepotkan untuk mengedit teks, pilih ukuran 15". Jika Anda merupakan pekerja kreatif yang sering berhubungan dengan kegiatan desain, pilih ukuran 17".

Ketiga tips tersebut akan membantu Anda untuk menentukan laptop yang cocok. Anda bisa memilih pilihan laptop berdasarkan brand, ukuran layar, fitur, kecepatan prosesor, hingga memorinya. Tinggal buka situs Tokopedia, Anda sudah bisa menyaring laptop impian berdasarkan pilihan tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan kerja, Anda bisa menambahkan perangkat wireless router. Apalagi jika Anda sedang mendirikan sebuah perusahaan atau start-up digital. Perangkat ini bisa menghubungkan beberapa jaringan dalam suatu perusahaan. Anda bisa membagikan jaringan internet ke beberapa pengguna. Tentukan router terbaik dari beberapa brand dengan berbagai pilihan data rate dan network standard



(adv/adv)