Djarum Sirnas Premier, Ajang Pembibitan Atlet Badminton Muda

Advertorial - detikNews
Senin, 09 Mei 2016 00:00 WIB
Foto: adv
Jakarta -

Untuk pertama kalinya Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) Premier 2016 diadakan di Jakarta. Djarum Sirnas Premier dihelat selama seminggu, 2 – 7 Mei di GOR Asia Afrika - Jakarta.  Sebanyak 992 atlet dari kategori U15, U17, U19 dan dewasa ikut berpartisipasi dalam turnamen ini.

Satu hal yang menarik dari Djarum Sirnas Premier, jumlah atlet yang ikut serta dari kategori U15, U17 dan U19 mencapai 84% dari total keseluruhan peserta. Hal ini menunjukkan bahwa Djarum Sirnas Premier merupakan ajang pembibitan atlet-atlet badminton muda.

Kekuatan, mental dan skill para atlet muda badminton dalam mengikuti turnamen diuji. Djarum Sirnas Premier juga merupakan ajang untuk mengumpulkan poin. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI – Achmad Budiharto, poin yang diraih peserta Sirnas Jakarta akan masuk ke Asia alias masuk perhitungan ranking internasional.

Ini juga lah yang sepertinya menjadi alasan di balik banyaknya negara asing yang mengirimkan atlet-atletnya. Ada yang dari Filipina, Jepang, Korea, Malaysia, India, Vietnam, Slovakia dan Amerika Serikat. Filipina mengirimkan 14 pemain sementara Jepang mengirimkan 49 pemain.

Tim Filipina dilatih oleh coach asal Indonesia, Paulus Firman. Dia dulu sempat melatih ganda putri Indonesia. Namun sejak tahun 2014 hingga sekarang, Paulus hijrah ke Manila dan menjadi pelatih tim Filipina. Pelatih tim Jepang, Ricky Kristyawan juga kelahiran Indonesia.

Masih ada satu lagi daya tarik Djarum Sirnas Premier. Apa lagi kalau bukan wajah rupawan para atlet yang tampan dan cantik. Dari kategori putra, ada Riyanto Subagja, Shesar Hiren Rhustavito, Matej Polacek (Slovakia), Abdul Kadir Zaelani dan Mochamad Rehan Diaz.

Sementara di kategori putri, ada Tania Oktaviani Kusumah, Marsheilla Gischa Islami, Lisa Ayu Kusumawati, Ribka Sugiarto, Febby Valencia Dwijayanti Gani, Mychelle Christine Bandaso, Devi Yunita Indah Sari, Della Augustia Surya, Monika Insany, Yulfira Barkah, Gebby Ristiyani Imawan dan Brigita Marcelia Rumambi.

Anda bisa melihat foto-foto saat mereka beraksi di http://www.djarumbadminton.com/sirkuit-nasional/galeri/foto/ atau di tab Media akun Twitter @DjarumBadminton.
(adv/adv)