DetikNews
Jumat 19 Juni 2015, 00:00 WIB

Menyambut Era Konektivitas 4G

Advertorial - detikNews
Menyambut Era Konektivitas 4G
Jakarta -

Saat ini era jaringan 4G mulai merambah Indonesia, menawarkan kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan jaringan 3G. Saat ini jaringan 3G sudah berada di batas maksimum kemampuannya yaitu HSDPA dengan kecepatan 21 MBps. Sementara konsumen mobile data saat ini semakin banyak dan butuh bandwidth yang lebih besar, melampaui kemampuan jaringan 3G.

Kemunculan jaringan 4G memberikan nafas baru bagi operator telekomunikasi untuk bisa memberikan layanan internet / mobile data yang lebih baik. Jaringan 4G secara komersial saat ini bisa memberikan kecepatan 150 MBps untuk bandwith frekwensi 20 MBps dan 38 MBps untuk bandwith frekwensi 5 Mhz.
 
Standar komersial yang berlaku di jaringan 4G LTE saat ini berada di level Cat 4, yang akan segera disusul oleh Cat 5. Saat Cat 5 diimplementasikan, kecepatan 4G LTE akan menjadi 300 MBps. Di Indonesia, jaringan 4G sudah digelar oleh Telkomsel di frekuensi 900 MHz (Band 8) dengan bandwidth 5MHz. Sehingga jaringan Telkomsel di Band 8 bisa memberikan kecepatan hingga 38 MBps.

Telkomsel, XL dan Indosat akan segera mengaktifkan jaringan 4G LTE nya di frekuensi 1800 MHz (Band 3) dengan bandwith 20 MHz sehingga bisa menggunakan seluruh kapasitas 4G LTE Cat 4 dengan kecepatan 150 MBps. Band 3 ini direncanakan akan aktif pada bulan Juli 2015 dimulai dari Makasar. Roll-out seluruh Indonesia diharapkan bisa selesai pada akhir 2015.

Dengan peningkatan kecepatan sekitar 10x lipat dari jaringan 3G, jaringan 4G LTE akan memberikan pengalaman yang berbeda. Streaming video lebih lancar, resolusi lebih tinggi dan bermain game online tidak tersendat-sendat merupakan beberapa perbaikan yang bisa langsung dirasakan oleh pengguna jaringan 4G.

Di masa depan jaringan 4G akan semakin berkembang dan aplikasi juga akan semakin banyak sehingga banyak manfaat baru bagi pengguna internet. Dalam waktu dekat, pengguna 4G akan bisa merasakan kualitas suara telepon yang jauh lebih jernih. Aplikasi lainnya yang membutuhkan bandwith besar seperti Virtual Reality juga akan segera berkembang dalam waktu dekat.

Untuk dapat menikmati layanan 4G, dibutuhkan handset yang mendukung konektivitas 4G. Namun karena ada banyak jenis bandwidth yang digunakan operator Indonesia, Anda harus pintar-pintar sebelum membeli. Pilihlah handset yang bisa meliputi semua bandwidth 4G seperti Polytron Zap 5 4G450.

Selain dapat digunakan di bandwidth 4G operator Indonesia, Polytron Zap 5 4G450 juga bisa digunakan di 2600 MHz (Band 7), 1900 MHz (Band 2) dan band 850 MHz (Band 5). Polytron Zap 5 mendapatkan Selular Award sebagai Most Affordable 4G Smartphone 2015. Ini merupakan indikasi bahwa Polytron Zap 5 adalah salah satu smartphone 4G terbaik.

Tertarik memiliki Polytron Zap 5 4G450? Anda bisa mendapatkannya di blibli.com seharga Rp 1.299.000.


(adv/adv)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed