Inilah Suka Duka Menjadi Customer Service Officer Halo BCA

- detikNews
Jumat, 19 Sep 2014 00:00 WIB
Jakarta -

Pernah membayangkan seperti apa dunia pekerjaan customer service officer (CSO) Halo BCA? Mereka selalu siap menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan nasabah via telepon selama 24 jam. Bahkan dengan adanya fasilitas Video Banking Kiosk di MyBCA di Gandaria City dan Ciputra World – Surabaya, kini tugas CSO Halo BCA semakin beragam.

Melalui Video Banking Kiosk BCA, nasabah bisa membuka rekening Tahapan Xpresi, mengajukan aplikasi kartu kredit, mengajukan permintaan atau penggantian Key BCA hingga penggantian kartu ATM. Semuanya dilakukan sambil bertatapan langsung dengan para CSO Video Banking Halo BCA.

Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, BCA mengundang nasabah dan media untuk hadir dalam open house kantor Halo BCA di BSD City, Kamis (4/9). Melalui kegiatan inilah, kita bisa melihat langsung seperti apa keseharian para CSO Halo BCA. Salah satu CSO Video Banking Halo BCA, Selvi Khairuman (24) berbagi cerita mengenai suka duka yang dialaminya selama bekerja di sini.



“Sukanya, di sini rekan kerja mayoritas seumuran. Jadi have fun. Kerjanya juga tidak terpaku deadline. Kita datang ke kantor, langsung online melayani nasabah, buat report dan selesai saat itu juga. Dukanya, kita tetap harus senyum dan tampil prima meski sudah capek karena nasabah bisa melihat wajah kita langsung,” cerita Selvi.

Sebagai CSO Video Banking yang mengharuskan dirinya terlihat langsung dengan nasabah, Selvi dan rekan-rekannya harus tampil cantik. Make up lengkap dengan rambut yang disanggul rapi, serta seragam blazer kuning khas BCA. Sementara untuk CSO pria, tampil rapi dengan kemeja lengan panjang serta dasi biru khas BCA.

Selama dua tahun bekerja di Halo BCA, tentunya ada saja kejadian unik atau pengalaman tak terlupakan yang dialami Selvi saat berurusan dengan nasabah. “Pernah ada nasabah yang uangnya tersangkut, marah-marah dan mengancam ingin menonjok kamera. Malah ada rekan saya yang mengalami kameranya benar-benar ditonjok.”

“Ada juga nasabah yang sudah mau marah, tapi saat lihat kamera dia baru sadar bisa melihat langsung wajah CSO. Akhirnya mereka cara bicaranya jadi lebih enak atau tidak jadi marah. Ada juga yang iseng, telepon karena mau tes saja,” sambung Selvi. Mengenai jam kerja, Selvi mengungkapkan bahwa CSO Video Banking Halo BCA bekerja dalam lima shift.

Khusus untuk CSO perempuan seperti Selvi, jam kerja mereka maksimal pukul 8 malam. Sekedar informasi, layanan Video Banking Halo BCA berbeda dengan layanan telepon reguler Halo BCA yang online 24 jam. Video Banking Halo BCA bisa diakses setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam. BCA terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

BCA Senantiasa di Sisi Anda

(adv/adv)