Wayang for Student, Upaya BCA Kenalkan Wayang pada Generasi Muda Indonesia

- detikNews
Rabu, 30 Apr 2014 11:10 WIB
Jakarta -

Wayang adalah salah satu seni budaya asli Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan, agar tidak ada bangsa lain yang mengklaim sebagai miliknya. Apalagi wayang sudah diakui oleh UNESCO sebagai World Master of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Caranya, dengan mengenalkan wayang sejak dini kepada generasi muda dengan berbagai kegiatan terkait pelestarian wayang warisan nenek moyang kita.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) adalah perusahaan perbankan yang memiliki komitmen terhadap kelestarian seni budaya di Tanah Air, termasuk wayang. Berbagai kegiatan dilakukan oleh BCA sejak tahun 2013 untuk mendukung upaya pelestarian wayang. Belum lama ini BCA menggelar Wayang For Student di Rumah Topeng & Wayang Setia Darma, Ubud, Bali pada 15-17 April 2014. Selama 3 hari berturut-turut BCA mengajak 1.500 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat untuk menyaksikan pertunjukan wayang. Hadir dalam peresmian Wayang for Student Komisaris Independen BCA - Cyrillus Harinowo, Sekretaris Perusahaan BCA - Inge Setiawati , Kepala Kantor Wilayah BCA IV - Frengky Chandra Kusuma, Head of CSR BCA - Sapto Rachmadie, Bupati Gianyar yang diwakili oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol - I Wayan Wardana dan Kurator Rumah Topeng & Wayang Setia Darma - Prayitno.

Pagelaran ini merupakan kegiatan Bakti BCA bidang budaya di bawah payung program “BCA untuk Wayang Indonesia”. “Komitmen BCA dalam memperkenalkan dan menumbuhkan kecintaan generasi muda akan budaya Wayang Indonesia kembali kami nyatakan melalui kegiatan Wayang For Student. Kami mengajak siswa-siswi mulai dari tingkat SD hingga SMA untuk menonton pertunjukan wayang. Sebelumnya, BCA telah memfasilitasi masyarakat, khususnya generasi muda untuk mengenal wayang lebih jauh dengan menyelenggarakan Wayang Masuk Mal di Jakarta.” kata Cyrillus.

Ada beragam jenis wayang di Indonesia. Selama pagelaran, para siswa menyaksikan pertunjukan Wayang Sasak, Wayang Modern Bali, dan Wayang Listrik. Selain menonton, para siswa juga mengikuti workshop yang dipandu oleh Dalang Made Sidia. Para siswa ditantang untuk mewarnai karakter wayang yang mereka anggap menarik. “Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan bersifat dua arah. Artinya selain menampilkan pagelaran wayang, para siswa pun dilibatkan secara aktif untuk mengenal tokoh-tokoh wayang melalui lukisan yang mereka buat. Rendahnya keterlibatan generasi muda dalam budaya wayang dan frekuensi pergelaran wayang yang minim membuat wayang kurang berdaya dalam merebut ruang dan perhatian anak-anak muda Indonesia. Oleh karena itu, BCA berupaya untuk menghadirkan aktivitas-aktivitas yang mendekatkan wayang dengan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Diharapkan dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, generasi muda Indonesia lebih mengenal, mencintai, dan tergerak untuk melestarikan budaya bangsa yang telah diakui dunia ini” lanjut Cyrillus.

BCA berkomitmen memberikan dukungan terhadap pewayangan Indonesia melalui berbagai kegiatan melibatkan berbagai kalangan. Sebelumnya, BCA bekerja sama dengan Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia), BCA mengemas suatu tayangan edukasi berseri berjudul World of Wayang (WOW) yang mengupas kebudayaan Wayang di Indonesia yang tayang di Kompas TV setiap hari Minggu pukul 11.30 WIB. World of Wayang (WOW) merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang akan dijalankan dalam program “BCA untuk Wayang Indonesia”, partisipasi dalam acara Bali Puppetry Festival & Seminar 2013 yang menghadirkan pertunjukan dari berbagai negara. Selain itu, BCA juga turut serta mendukung Wayang World Puppet Carnival 2013 yang merupakan festival wayang bertaraf internasional. Dalam rangkaian acara ulang tahunnya yang ke-56, BCA telah menyelenggarakan pameran dan perlombaan fotografi bertajuk “World of Wayang 2013” yang diikuti lebih dari 700 peserta. Di penghujung tahun 2013, BCA mendukung perayaan hari ulang tahun Union Internationale de Marionnette (UNIMA) Indonesia yang keempat. Di awal tahun 2014 ini, dukungan BCA dinyatakan dengan menggelar Wayang Masuk Mall di Grand Indonesia yang sekaligus menjadi rangkaian kegiatan HUT BCA ke-57.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.

(adv/adv)