Telkomsel Gelar Uji Coba 4G LTE di KTT APEC 2013

- detikNews
Jumat, 13 Sep 2013 00:00 WIB
Jakarta - Dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) yang akan berlangsung pada tanggal 1-8 Oktober 2013 di Bali, Telkomsel menghadirkan produk dan layanan yang berkualitas, penggelaran dan penambahan kapasitas jaringan, serta melakukan uji coba 4G LTE (Long Term Evolution). Bersinergi dengan Telkom Group, Telkomsel menyediakan solusi telekomunikasi terdepan yang terintegrasi untuk kenyamanan berkomunikasi selama penyelenggaraan KTT APEC 2013.

Pada penyelenggaran KTT APEC 2013 kali ini Telkomsel berkesempatan untuk menggelar uji coba 4G LTE, dengan menggandeng Nokia Solutions & Networks (NSN) Indonesia sebagai technology partner. Untuk implementasi uji coba teknologi 4G LTE 1800 MHz di KTT APEC 2013 ini, Telkomsel telah menggelar sebanyak 39 BTS 4G LTE dengan cakupan seluruh venue KTT APEC dan tempat strategis terkait KTT APEC.

Uji coba 4G LTE yang dilakukan pada event internasional layaknya APEC ini menunjukkan kesiapan Telkomsel dalam pengembangan jarinan broadband di Indonesia. Langkah uji coba ini juga sekaligus menunjukkan kepada dunia global bahwa Indonesia tidak tertinggal dalam implementasi teknologi terbaru dan sudah memiliki jaringan LTE.

LTE (Long Term Evolution) sendiri adalah evolusi teknologi selular generasi ke-4 (4G). Pada dasarnya dengan adanya LTE, maka operator dapat memberikan layanan data (broadband) yang lebih cepat, kapasitas yang jauh lebih besar, dan kemampuan layanan yang lebih banyak kepada pelanggan. Lebih lanjut, dari perspektif operator, LTE mampu menurunkan cost/bit sehingga pembangunan mobile broadband network di Indonesia diharapkan dapat lebih merata dan tersebar sampai ke pelosok karena beban belanja modal yang lebih efisien.

Terkait dengan uji coba 4G LTE non komersial selama penyelenggaraan KTT APEC 2013, Telkomsel menyiapkan kartu perdana khusus simPATI APEC 4G Trial untuk melayani kebutuhan komunikasi para delegasi negara dan peserta KTT APEC 2013 di sekitar kawasan KTT APEC 2013. Masyarakat pada umumnya juga dapat merasakan langsung pengalaman 4G LTE serta menikmati kecepatan akses di jaringan 4G LTE dengan biaya yang sama bila menggunakan jaringan 3G.
(adv/adv)