Dunia Hari Ini: Tabrakan Helikopter di Australia, Empat Orang Tewas

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Tabrakan Helikopter di Australia, Empat Orang Tewas

ABC Australia - detikNews
Selasa, 03 Jan 2023 12:07 WIB
Petugas regu penyelamat dan polisi memeriksa kondisi salah satu helikopter yang bertabrakan di Gold Coast, Australia, Senin (2/10). (AAP: Dave Hunt)
Jakarta -

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Selasa, 2 Januari, rangkuman berita-berita utama yang terjadi di dunia dalam 24 jam terakhir.

Kami mengawalinya dengan berita yang terjadi di Queensland, Australia.

Dua helikopter tabrakan, empat orang tewas

Dua helikopter yang dioperasikan oleh Sea World Helicopters mengalami tabrakan di Gold Coast, Australia, menewaskan empat orang termasuk salah satu pilot.

Saksi menyebut kedua pesawat melakukan penerbangan di atas Broadwater di Southport ketika baling-baling salah satu helikopter yang baru saja lepas landas bertabrakan dengan helikopter lain yang hendak mendarat.

Satu helikopter dengan tujuh orang di dalamnya jatuh, menewaskan empat orang termasuk pilot, dan tiga lainnya luka parah. Sementara, helikopter lain dengan seorang pilot dan lima penumpang mendarat di pasir pantai dan semuanya selamat.

Kepala badan keselamatan transportasi Australia menyebut penyebab tabrakan ini masih dalam penyelidikan, tapi bisa saja lebih buruk daripada yang diperkirakan".

Kapal perang Iran berlabuh di Jakarta

Dua kapal perang Republik Islam Iran terdeteksi berlayar di wilayah Pasifik Selatan dalam pelayaran keliling dunia untuk menunjukkan kekuatan militer dan kemampuan maritim negara itu.

Kapal jenis fregat dan sebuah kapal tanker yang dikonversi diketahui sempat berlabuh di Jakarta sebelum bertolak menuju ke Pasifik, tapi tidak satu pun kapal yang memasuki zona ekonomi eksklusif (ZEE) Australia.

Juru bicara Departemen Pertahanan Australia mengonfirmasi jika kapal-kapal Iran ini sudah dipantau oleh Australia saat beroperasi di wilayah tersebut.

Sejumlah pakar maritim mengatakan kepada ABC jika tidak ada bukti kapal perang Iran melakukan kunjungan pelabuhan saat berada di Pasifik, tetapi mereka yakin armada mereka juga melewati dekat Kepulauan Solomon.

Sensor konten online semakin ketat di Asia

Menurut lembaga Freedom Housedari 4,5 miliar pengguna internet di dunia, lebih dari 75 persen tinggal di negara-negara dengan pemerintahan yang menghukum kebebasan berpendapat online.

China berada di posisi terburuk untuk kebebasan internet.

Di negara-negara Asia lainnya, Indonesia memberlakukan peraturan tahun ini untuk membuat platform media sosial menghapus konten yang dianggap melanggar hukum atau yang "mengganggu ketertiban umum" dalam waktu empat jam jika dianggap mendesak, dan 24 jam jika tidak.

Di Singapura dan Thailand, aturan baru juga telah disahkan bulan lalu untuk memaksa platform medsos memblokir konten "merusak". Sedangkan di India, pemerintah telah membentuk komisi untuk mengevaluasi moderasi konten platform medsos yang memicu kekhawatiran munculnya censorship.

Kanada larang pembelian rumah oleh orang asing

Pemerintah Kanada pimpinan PM Justin Trudeau mengesahkan Undang-Undang yang melarang pembelian properti oleh orang asing, sebagai upaya agar harga rumah lebih terjangkau bagi warga lokal.

Dalam kampanye Pemilu 2021 ketika harga rumah melonjak drastis, PM Trudeau menerapkan masa tunggu tua tahun bagi kepemilikan oleh orang asing.

Namun partainya kini diam-diam telah mengesahkan aturan baru bagi konsumen yang bukan warga negara, dengan sejumlah pengecualian termasuk bagi pengungsi dan penduduk tetap.

Menurut Asosiasi Real Estate Kanada, harga rumah telah menurun dari sekitar 800 ribu dolar di awal 2022 menjadi 630 ribu dolar pada Desember lalu.

(nvc/nvc)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT