Dunia Hari Ini: Suhu Udara di Australia Bisa Mencapai 45 Derajat Celsius

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Suhu Udara di Australia Bisa Mencapai 45 Derajat Celsius

ABC Australia - detikNews
Jumat, 23 Des 2022 10:00 WIB
Udara panas dari Australia Barat akan bergerak ke arah timur dan tenggara Australia dalam beberapa hari mendatang. (Supplied: Instagram )
Jakarta -

Dua hari menjelang Hari Natal, yang akan jadi awal dari perayaan akhir tahun.

Memasuki musim libur Natal tahun ini, belahan selatan Bumi, seperti Australia, sedang berlangsung musim panas.

Bahkan, beberapa hari ke depan, prakiraan cuaca menunjukkan suhu udara berpeluang mendekati 45 derajat Celsius.

Berita ini akan mengawali Dunia Hari Ini, edisi Jumat 23 Desember 2022.

Malam tahun baru yang panas!

Gelombang panas pertama pada musim panas tahun akan memicu suhu udara mendekati 40-an derajat Celsius di seluruh belahan selatan Australia.

Gelombang panas akan melanda antara 'Boxing Day', yaitu sehari setelah Natal hingga Malam Tahun Baru, sehingga meningkatkan risiko kebakaran hutan, atau gangguan kesehatan akibat suhu panas, selama musim liburan.

Kondisi ini merupakan perubahan cepat setelah awal musim panas yang dingin hingga pertengahan Desember.

Pergerakan massa udara panas yang signifikan saat ini di bagian barat laut Australia semakin meningkat sebelum menyebar ke belahan selatan hingga minggu terakhir tahun 2022.

Angin utara yang panas dan kering akan bergerak turun ke Australia Selatan dari 26 hingga 28 Desember dan ke Victoria dari 26 hingga 29 Desember, menjadikan suhu udara lebih panas 15C di atas rata-rata.

Langkah Beijing mendanai pembangunan rumah sakit untuk Angkatan Bersenjata Papua Nugini (PNGDF) dikhawatirkan dapat mengarah pada kehadiran militer China yang lebih banyak di Pasifik.

"Saya berterima kasih pada komitmen China mendanai pembangunan Rumah Sakit Militer PNGDF di Barak Taurama," kata Mayor Jenderal Mark Goina, Komandan PNGDF.

Menurut Meyjen Goina, proyek ini menelan biaya 31 juta Kina atau setara dengan $13 juta.

Pada tahun 2007, China membantu setengah juta dolar AS untuk pemeliharaan dan renovasi fasilitas medis yang ada di Barak Taurama.

Departemen Pertahanan Australia menyatakan "keputusan yang dibuat oleh Pemerintah Papua Nugini dan PNGDF adalah masalah Papua Nugini".

Jepang ubah lagi kebijakan energi nuklirnya

Untuk mengurangi emisi karbon, Jepang mengadopsi kebijakan baru penggunaan energi nuklir yang lebih besar untuk memastikan pasokan listrik stabil saat bahan bakar langka.

Sebelumnya, Pemerintah Jepang mempertimbangkan penghentian penggunaan energi nuklir setelah malapetaka Fukushima.

Kebijakan baru ini mendorong Jepang memaksimalkan penggunaan reaktor nuklir yang ada, selain juga memperpanjang masa operasi reaktor lama melebihi batas 60 tahun, serta mengembangkan reaktor generasi berikutnya untuk menggantikannya.

Perusahaan utilitas telah mengajukan permohonan untuk menghidupkan kembali 27 reaktor dalam dekade terakhir. Tujuh belas telah lulus pemeriksaan keselamatan dan hanya 10 yang kembali beroperasi.

"Transformasi hijau melibatkan transformasi ekonomi dan sosial yang besar, dan pengembangan teknologi serta upaya oleh masing-masing negara dapat mengubah situasi," kata Perdana Menteri Fumio Kishida.

Perhiasan jutaan dolar dicuri di Melbourne

Kepolisian Victoria meminta bantuan masyarakat untuk menemukan perhiasan senilai lebih dari $1,25 juta yang dicuri dari sebuah rumah di Eildon, pinggiran Kota Melbourne.

Pencuri menggondol perhiasan berupa kalung, anting-anting, cincin dan gelang dari emas dan berlian serta jam tangan bermerek antara Pukul 17:30 dan 20:30 pada hari Sabtu, 17 Desember.

Pemilik perhiasan kembali ke rumahnya dan menemukan jejak pencuri yang masuk ke rumah melalui pintu samping, dan berhasil mencuri perhiasan itu dari tempat penyimpanan yang terkunci.

"Korban memang memiliki banyak perhiasan yang dikumpulkannya seumur hidup," ujar Detektif Aaron Diwell dari kepolisian setempat.

Ikuti perkembangan terkini dari Australia dan negara lainnya di ABC Indonesia

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT