Dunia Hari Ini: Presiden Zelensky Bertemu Presiden Biden di Gedung Putih

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Presiden Zelensky Bertemu Presiden Biden di Gedung Putih

ABC Australia - detikNews
Kamis, 22 Des 2022 12:48 WIB
Washington DC -

Selamat merayakan tanggal 22 Desember, Hari Pergerakan Perempuan Indonesia!

Tepat hari ini, 94 tahun yang lalu, sejumlah organisasi dan aktivis perempuan menggelar Kongres Perempuan, membahas perkawinan anak, Hukum Perkawinan yang melindungi perempuan dan anak, pendidikan bagi anak perempuan dan perlindungan bagi perempuan pekerja, yang masih relevan hingga kini.

Itulah sejarah singkat di balik "Hari Ibu".

Dan kini saatnya membaca Dunia Hari Ini, rangkuman informasi pilihan dari berbagai negara selama 24 jam terakhir.

Kita awali dari Washington DC, Amerika Serikat.

Presiden Ukraina bertemu dengan Presiden Amerika Serikat

Ini adalah perjalanan luar negeri pertama Presiden Volodymyr Zelenskyy sejak Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari.

Menjelang kedatangan Presiden Zelenskyy, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengumumkan Amerika Serikat akan memberikan tambahan bantuan militer senilai $1,85 miliar untuk Ukraina, yang dikonfirmasi oleh Presiden Joe Biden pada konferensi pers.

Paket tersebut termasuk transfer langsung peralatan ke Ukraina, kontrak untuk memasok amunisi yang akan dibutuhkan Ukraina dalam beberapa bulan mendatang, serta baterai rudal Patriot, yang menurut Presiden Biden akan "membantu meningkatkan pertahanan udara Ukraina."

"Ini adalah langkah yang sangat penting untuk menciptakan wilayah udara yang aman bagi Ukraina, dan itulah satu-satunya cara kami dapat menghalangi negara teroris menyerang sektor energi kami," ujar Presiden Zelenskyy dalam pidatonya di Gedung Putih.

Badai salju di Jepang utara menewaskan tiga orang

Pasukan pertahanan Jepang membantu membersihkan jalan di Niigata, di mana ratusan mobil dan truk pengiriman barang terjebak dalam antrean sepanjang lebih dari 20 kilometer.

Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang mengatakan lebih dari 10.000 rumah masih mengalami pemadaman listrik hingga Rabu pagi waktu setempat, selain juga menunda pengiriman kebutuhan pangan karena jalan yang terblokir salju.

Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana mengatakan tiga orang tewas dan 10 orang lainnya luka-luka.

Seorang pria berusia 85 tahun meninggal setelah jatuh ke selokan saat membersihkan salju di kota Kashiwazaki. Di Hokkaido, seorang perempuan berusia 63 tahun terjepit di antara dua truk yang berusaha keluar dari salju, sementara seorang pria berusia 73 tahun meninggal setelah jatuh dari atap saat membersihkan salju di Akita.

KPK geledah kantor Gubernur Jawa Timur

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)menggeledah kantor Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa terkait dugaan suap Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua P. Simandjuntak.

Sahat dan bawahannya sebelumnya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) saat diduga menerima suap Rp1 miliar dari Kepala Desa Jelgung Kabupaten Sampang, Abdul Hamid untuk memuluskan alokasi dana hibah Pemprov Jatim.

Pemprov Jatim menganggarkan dana hibah sebesar Rp7,8 triliun dari APBD 2020 dan 2021.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan penyidik juga menggeledah ruangan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.

H&M menarik produk Justin Bieber

Perusahaan fesyen H&M menghapus koleksinya yang terinspirasi dari Justin Bieber, setelah penyanyi itu mencapnya sebagai produk "sampah" di media sosial awal pekan ini.

Di Instagram Story-nya, Bieber mengatakan dia belum menyetujui koleksi yang mencakup t-shirt, tas jinjing, dan casing ponsel, dan mendesak orang untuk tidak membelinya.

"Merchandise H&M yang mereka buat dari saya adalah sampah dan saya tidak menyetujuinya," kata Bieber.

H&M membela diri dengan mengatakan telah mengikuti "prosedur persetujuan yang benar", tapi mereka tetap menarik koleksi-koleksi tersebut dari toko mereka, termasuk toko online.

(nvc/nvc)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT