Dunia Hari Ini: Donald Trump Terancam Tuntutan Pidana

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Donald Trump Terancam Tuntutan Pidana

ABC Australia - detikNews
Selasa, 20 Des 2022 11:42 WIB
Komite merekomendasikan untuk menyerahkan Donald Trump ke Departemen Kehakiman dan dituntut secara pidana. (AP Photo: Mary Altaffer)
Washington DC -

Lima hari lagi menjelang pekan Natal dan Tahun Baru.

Sejumlah laporan utama dari penjuru dunia telah kami siapkan untuk Anda.

Inilah Dunia Hari Ini, edisi Selasa 20 Desember, yang kami awali dengan kabar terbaru dari Amerika Serikat.

Rekomendasi agar Donald Trump dituntut pidana

Dalam pertemuan terakhirnya, Komite 6 Januari di Amerika Serikat memilih menyerahkan Donald Trump dan beberapa sekutunya ke Departemen Kehakiman AS untuk kemungkinan penuntutan pidana atas penyerbuan ke Gedung Putih pada 6 Januari 2021.

Komite, yang terdiri dari tujuh orang asal Partai Demokrat dan dua dari Partai Republik, sudah menghabiskan waktu 18 bulan lamanya menyelidiki kerusuhan mematikan itu, termasuk "sejumlah rencana" Donald untuk membatalkan pemilihan presiden 2020.

Senin (19/12) sore waktu setempat, panel bersidang di Washington DC untuk menyetujui laporan setebal delapan bab yang akan dirilis akhir pekan ini.

Mereka merekomendasikan agar Departemen Kehakiman menuntut pidana Donald dengan empat kejahatan federal, yakni menghalangi jalannya acara resmi Kongres, persekongkolan untuk menipu Amerika Serikat, persekongkolan untuk membuat pernyataan palsu, dan pemberontakan.

"Jika kita ingin bertahan sebagai negara hukum dan demokrasi, ini tidak boleh terjadi lagi," kata ketua komite Bennie Thompson dalam pidato pembukaan pertemuan.

Insiden penembakan di Toronto

Lima orang tewas tertembak di sebuah apartemen, sementara pelaku ditembak oleh polisi.

Satu korban tembak lainnya dilarikan ke rumah sakit.

Polisi mengatakan pelaku menembak tiga pria dan dua orang perempuan, tiga dari mereka adalah anggota dari dewan penanggung jawab gedung.

Motif penembakan masih diselidiki, tapi diketahui jika pelaku penembakan adalah lelaki berusia 73 tahun bernama Fransesco Velli dan korban adalah penghuni gedung.

Penembakan massal adalah hal yang jarang terjadi di Kanada, sementara Toronto sendiri masuk dalam daftar kota paling aman di dunia.

"Bangun pagi dengan berita ini membuat kita benar-benar terkejut. Sesuatu yang tak pernah terpikir akan terjadi di sini," kata Steven Del Duca, wali kota wilayah Vaughan.

Pencarian puluhan pelaut Thailand berlanjut

Thailand masih menggelar Operasi pencarian dan penyelamatan awak kapal HTMS Sukhothai yang dilaporkan mengalami gangguan mesin sebelum tenggelam di Teluk Thailand.

Kemarin malam, Militer Thailand mengerahkan kapal perang dan helikopter ke ujung provinsi Prachuap Khiri Khan province.

Angkatan Laut Thailand mengatakan setelah insiden tersebut, misi penyelamatan dilakukan dan mereka berhasil menyelamatkan 75 dari 106 orang di dalamnya.

Sebanyak31 orang sisanya terpaksa meninggalkan kapal dan hingga kini status mereka masih dinyatakan hilang.

Pengguna Twitter ingin Elon Musk turun

Pengguna Twitter mengisi 'polling' yang dilakukan oleh Elon Musk sendiri, saat ia bertanya apakah sebaiknya ia turun dari jabatannya sebagai pemimpin perusahaan jejaring sosial media tersebut.

Dan ini hasilnya:lebih dari setengahnya ingin ia mundur.

Sekarang pertanyaan berikutnya adalah apakah benar Elon benar-benar akan 'abide' atau mematuhi hasilnya?

Tapi menjawab pertanyaan salah satu pengguna apakah ia akan mundur dari jabatannya,Elon mengatakan "tidak ada penerusnya."

Ini menjadi drama terkini dari Twitter setelah menangguhkan akun sejumlah jurnalis, yang menuai kecaman dari kantor berita, kelompok advokat, serta beberapa pejabat di Eropa.

Uni Eropa setujui batas harga gas

Para menteri energi dari negara-negara Uni Eropa menyepakati batas harga gas, Senin (19/12)waktu setempat.

Sebelumnya mereka sudah melakukan pembicaraan selama berminggu-minggu untuk membahas tindakan darurat yang perlu diambil agar tidak memecah opini di antara negara-negara Uni Eropa.

Penentuan batasan harga gas adalah upaya terbaru dari 27 negara untuk menurunkan harga gas yang tinggi yang telah berdampak pada warga, serta mendorong rekor inflasi tertinggi tahun ini karena Rusia menghentikan sebagian besar pengiriman gasnya ke Eropa.

Para menteri setuju untuk menentukan batasan jika harga melebihi 180 Euro per megawatt jam selama tiga hari dalam kontrak Dutch Title Transfer Facility (TTF), yang menjadi patokan di Eropa.

(nvc/nvc)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT