Dunia Hari Ini: Tiga Simpanse Ditembak Mati di Kebun Binatang Swedia

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Tiga Simpanse Ditembak Mati di Kebun Binatang Swedia

ABC Australia - detikNews
Jumat, 16 Des 2022 16:43 WIB
Kebun Binatang di Swedia masih memburu simpanse yang lepas, sementara tiga lainnya terpaksa ditembak mati. (Reuters: Yara Nardi )
Jakarta -

Akhirnya hari Jumat!

Di hari kerja terakhir pekan ini, semoga Anda masih semangat dan tetap sehat.

Untuk melengkapi aktivitas Anda hari ini, kami rangkumkan sejumlah informasi pilihan dari berbagai negara dalam Dunia Hari Ini, edisi 16 Desember 2022.

Kita mulai dari Swedia.

Tiga simpanse ditembak mati di Kebun Binatang Furuvik Swedia

Tindakan ini dilakukan sehari setelah mereka lepas dari kandang mereka, sementara beberapa di antaranya masih ada dalam kawasan kebun binatang.

Kepada media Swedia, pihak kebun binatang mengatakan keputusan tersebut diambil karena obat penenang yang tidak cukup untuk simpanse-simpanse itu.

"Kami harus memikirkan kehidupan dan keselamatan orang-orang. Tidak ada karyawan yang diizinkan bekerja dalam kontak dekat dengan hewan seperti ini," ujar Annika Troselius, juru bicara kebun binatang kepada media Swedia. SVT.

Dalam unggahan di Instagram, pihak kebun binatang mengatakan simpanse adalah hewan yang cepat, sangat kuat dan umumnya tidak takut, sehingga bisa sangat berbahaya.

Kebun Binatang Furuvik terletak di dekat Gavle, 165 kilometer sebelah utara Stockholm.

Minuman keras oplosan membuat puluhan tewas dan buta

Para korban berasal dari tiga desa di distrik Saran di negara bagian Bihar di India.

Di sana, produksi, penjualan, dan konsumsi minuman keras dilarang sejak tahun 2016 setelah kelompok perempuan berkampanye atas pekerja miskin yang menghabiskan pendapatan mereka yang sedikit untuk minuman keras.

Petugas polisi Santosh Kumar mengatakan beberapa dari 20 orang yang dirawat di rumah sakit kehilangan penglihatan mereka.

Tiga orang telah ditahan untuk diinterogasi karena diduga menjual alkohol ilegal di daerah tersebut.

Warga Australia keracunan bayam

Sedikitnya sembilan orang dari empat rumah yang berbeda di Sydney membutuhkan perhatian medis setelah makan bayam segar kemasan, yang diyakini terkontaminasi secara tidak sengaja.

Orang-orang diimbau untuk membuang paket bayam merek Riviera Farms, yang dijual melalui pengecer Costco, dengan tanggal kedaluwarsa 16 Desember tahun ini.

Dinas Kesehatan setempat mengatakan produk itu "tidak aman dikonsumsi dan orang yang memilikinya harus membuangnya."

Putri Thailand Bajrakitiyabha dilarikan ke rumah sakit

Istana Kerajaan mengonfirmasi bahwa Putri Bajrakitiyabha kehilangan kesadaran saat melatih anjingnya untuk berkompetisi dalam Kejuaraan Anjing Kerja tentara.

Putri berusia 44 tahun ini dibawa ke rumah sakit setempat sebelum diterbangkan dengan helikopter bersama tim medis kerajaan ke Bangkok setelah kondisinya dikatakan "stabil dalam batas tertentu."

Pernyataan istana mengatakan sang putri dirawat di Rumah Sakit Memorial King Chulalongkorn di ibukota Thailand.

Meski Raja Vajiralongkorn belum menunjuk pewaris takhta, Bajrakitiyabha adalah salah satu dari tiga anak raja yang memiliki gelar formal, yang membuatnya memenuhi syarat untuk naik takhta di bawah Hukum Suksesi Istana tahun 1924.

Donald Trump rilis NFT

Donald Trump telah mengumumkan bahwa dia merilis koleksi NFT (non-fungible token) miliknya sendiri.

Namanya Trump Digital Trading Cards dan harganya $99 (sekitar Rp1,5 juta).

"Ini seperti kartu bisbol, tetapi Anda mengumpulkannya secara digital, di komputer atau ponsel Anda," kata situs web produk tersebut.

Trump mengatakan setiap kartu berpeluang memenangkan "hadiah luar biasa," salah satunya adalah makan malam dengan mantan presiden itu sendiri.

Bagaimana? Anda tertarik untuk ikut membelinya?

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT