Dunia Hari Ini: Singapura dan New York Jadi Kota Termahal di Dunia

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Singapura dan New York Jadi Kota Termahal di Dunia

ABC Australia - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 12:54 WIB
Singapura dan New York kini menduduki peringkat teratas sebagai Kota Termahal di Dunia versi hasil survei Economist Intelligence Unit (EIU). (Pexels:Adhitya Andanu/Lukas Rodriguez)
Jakarta -

Menjelang akhir pekan, Dunia Hari Ini telah menyiapkan sejumlah laporan utama dari berbagai penjuru dunia.

Kita awali dengan laporan dari lembaga Economist Intelligence Unit yang bermarkas di London soal kota-kota yang saat ini paling mahal di dunia

Dimana kota termahal dunia?

Singapura dan New York menjadi kota termahal di dunia setelah inflasi melonjak tahun ini, menggeser Tel Aviv yang jatuh ke posisi ketiga dalam indeks Economist Intelligence Unit (EIU).

Survei ini menyebut terjadinya lonjakan biaya hidup di kota-kota dunia karena Perang Ukraina dan berlanjutnya pembatasan COVID mengganggu rantai pasokan, terutama untuk energi dan makanan.

New York mencapai posisi teratas untuk pertama kalinya, sementara Damaskus dan Tripoli tetap menjadi kota termurah.

Kenaikan peringkat terbesar dialami Moskow dan St Petersburg, masing-masing melonjak 88 dan 70 tempat karena sanksi yang dijatuhkan negara Barat.

Jepang kembali buat kejutan

Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar sebagai juara Grup E setelah menekuk Spanyol 2-1, menyebabkan Jerman tersisih meski menang 4-2 atas Costarica.

Spanyol dan Jerman sama-sama mengantongi 4 point namun selisih gol menempatkan Spanyol sebagai runner-up grup sekaligus lolos ke babak 16 besar.

Dalam pertandingan terpisah, Jerman sempat tertinggal atas Costarica, sehingga untuk sementara mengancam posisi Spanyol yang sudah kalah dari Jepang. Tapi Tim Panser Jerman kemudian bangkit dan mencetak 4 gol atas lawannya.

Kegagalan Jerman di babak penyisihan 32 besar Piala Dunia kali ini mengulang kembali kegagalan serupa dalam Piala Dunia Rusia 2018.

China akhirnya longgarkan 'lockdown'

Beberapa kota terbesar di China akhirnya mengakhiri pembatasan ketat COVID-19 yang telah memicu aksi-aksi protes di negara itu.

Kota Guangzhou, dekat Hong Kong, mengumumkan pencabutan lockdown di beberapa bagian kota, setelah demonstran bentrok dengan polisi anti huru-hara.

Pemerintah juga mengumumkan diakhirinya lockdown di 24 area berisiko tinggi pada 11 distrik di Kota Shanghai mulai hari Kamis.

Di Zhengzhou, lokasi pabrik terbesar iPhone, mengumumkan dibukanya kembali kegiatan bisnis secara tertib, termasuk supermarket, pusat kebugaran, dan restoran.

Dua prajurit TNI dipecat dan dipenjara karena hubungan homoseksual

Dua prajurit TNI dijatuhi hukuman penjara tujuh bulan karena melakukan hubungan seksual sesama jenis, yang dilarang oleh militer Indonesia dan dianggap sebagai "perilaku tidak pantas".

"Perbuatan para terdakwa yang melakukan perbuatan menyimpang dengan sesama jenis sangat tidak pantas karena sebagai tentara, para terdakwa harus menjadi contoh bagi masyarakat," demikian antara lain disebutkan dalam vonis setebal60 halaman.

Mahkamah Agung RI mengumumkan keputusan tersebut minggu lalu, tapi kasus ini baru terungkap pada Selasa malam, seperti yang dikutip dari Detik.

Pada tahun 2020Amnesty International menyebut 15 anggota militer atau polisi Indonesia dipecat karena melakukan hubungan seksual sesama jenis.

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT