Harta Karun Koin Emas Dicuri dari Museum Jerman dalam Tempo 9 Menit

ADVERTISEMENT

Harta Karun Koin Emas Dicuri dari Museum Jerman dalam Tempo 9 Menit

ABC Australia - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 17:24 WIB
Koin emas yang dipamerkan di sebuah museum Manching, Jemarn, telah dicuri oleh penjahat terorganisir yang hanya butuh waktu 9 menit tanpa membunyikan alarm. (AP:Frank Maechler/dpa)
Jakarta -

Sindikat pencuri berhasil membobol museum di Kota Manching, Jerman, mengambil ratusan koin emas kuno, hanya dalam tempo sembilan menit, tanpa membunyikan alarm.

Kini aparat kepolisian melakukan pengejaran ke berbagai negara untuk menangkap pelaku dan hasil curiannya, yang terdiri dari 483 koin Celtic kuno dan sebongkah emas murni yang ditemukan pada tahun 1999 dalam penggalian arkeologi di pinggiran Manching.

Guido Limmer dari Kepolisian Negara Bagian Bavaria menjelaskan, pada hari Selasa kemarin,pukul 1:17 pagi, kabel-kabel telekomunikasi terputus sekitar satu kilometer dari Museum Celtic dan Romawi di Manching.

Terputusnya kabel-kabel mengakibatkan jaringan komunikasi di wilayah itu tidak berfungsi.

Menurut Guido, sistem keamanan di museum mencatat pintu dibuka paksa pada Pukul 1:26 pagi dan kemudian pelaku meninggalkan lokasi pada Pukul 1:35.

Dalam tempo sembilan menit inilah pelaku dipastikan telah menghancurkan lemari pajangan dan mengambil harta karun itu.

Ia menambahkan ada "kesejajaran" antara pencurian di Manching dan pencurian permata tak ternilai di Kota Dresden serta koin emas besar di Kota Berlin dalam beberapa tahun terakhir.

Polisi menyebut kedua aksi pencurian tersebut dilakukan oleh sindikat kriminal yang berbasis di Berlin.

"Kami belum bisa memastikan aksi ini ada hubungannya. Tapi kami menjalin kerjasama dengan aparat di sana untuk menyelidiki semua ini," ucap Guido.

Menteri Sains dan Seni Bavaria, Markus Blume, menyebutkan bukti-bukti kejadian menunjukkan pelaku pencurian adalah para profesional.

"Jelas tidak mungkin mereka bisa datang begitu saja ke museum dan keluar membawa harta karun ini," katanya.

Pihak berwenang telah mengakui bahwa pada malam kejadian tidak ada satu orang penjaga museum yang bertugas.

Kepala Arkeologi Bavaria Rupert Gebhard mengatakan sistem alarm dianggap dapat memberikan keamanan yang memadai.

Koin emas bernilai jutaan euro

Menurut Rupert,timbunan koin itu sangat berharga, baik bagi masyarakat lokal di Manching maupun bagi para arkeolog di Eropa.

Dia mengatakan koin berbentuk mangkuk, yang berasal dari tahun 100 sebelum Masehi, terbuat dari emas Sungai Bohemian dan menunjukkan bagaimana permukiman Celtic di Manching memiliki hubungan melintasi Eropa.

Ia memperkirakan nilai harta karun itu sekitar 1,6 juta Euro.

"Para arkeolog berharap koin-koin ini tetap dalam keadaan aslinya," katanya, seraya menambahkan bahwa koin itu didokumentasikan dengan baik dan akan sulit untuk dijual.

"Pilihan terburuknya, mereka mencairkannya, yang berarti kerugian total bagi kami," katanya.

Koleksi ini ditemukan di dalam karung yang terkubur di bawah fondasi bangunan, yang juga menjadi penemuan terbesar selama penggalian arkeologi di Jerman pada abad ke-20.

Kepala Polisi Bavaria Guido Limmer mengatakan pihaknya telah mengontak Interpol dan Europol tentang pencurian ini dan langsung membentuk unit investigasi khusus untuk menyelidikinya.

Diproduksi oleh Farid Ibrahim dari artikel ABC News.

Simak juga 'Dipermalukan Jepang, Jerman Mau Lampiaskan ke Spanyol':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT