Dunia Hari Ini: Gempa Cianjur Menyita Perhatian Dunia Internasional

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Gempa Cianjur Menyita Perhatian Dunia Internasional

ABC Australia - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 14:38 WIB
Anak sekolah banyak yang menjadi korban Gempa Cianjur, Senin (21/11/2022) akibat tertimpa reruntuhan bangunan sekolah. (Reuters:Antara Foto/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta -

Kabar dukacita datang dari Jawa Barat, Indonesia.Gempa di Cianjur sejauh ini menewaskan 162 orang, menurut Gubernur Ridwan Kamil, dan mencederai ratusan lainnya.

Gempa tersebut telah menyita perhatian dunia internasional dengan ucapan dukacita dari pemimpin-pemimpin negara sahabat Indonesia.Tak ketinggalan juga update terbaru dari keberhasilan NASA mengirim wahana ke orbit bulan.

Inilah Dunia Hari Ini, edisi Selasa 22 November.

Ribuan orang mengungsi akibat gempa Cianjur

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan selain korban meninggal dan luka-luka, tercatat lebih dari 13 ribu warga telah mengungsi dari rumahnya.

BNPB melaporkan sekitar 25 orang terjebak di bawah reruntuhan bangunan dengan 2.200-an rumah dan bangunan hancur dan rusak.

Gubernur Ridwan Kamil menyebut, anak sekolah banyak menjadi korban karena sedang berada di dalam kelas pada saat gempa dan bangunan sekolah mereka ambruk.

Sejumlah pemimpin negara sahabat, termasuk dari Australia telah menyampaikan dukacita mendalam atas bencana ini, yang disampaikan Menlu Australia Senator Penny Wong.

Kapsul Orion masuki orbit bulan!

Senin kemarin, Badan Antariksa NASA berhasil mengirimkan wahana kapsul Orion ke orbit bulan yang akan menjadi perintis untuk mendaratkan kembali manusia ke satelit Bumi tersebut.

Ini menandai kunjungan wahana kapsul di bulan untuk pertama kalinya sejak Apollo 50 tahun sebelumnya.

Jarak terdekat Orion ke permukaan bulan yaitu 130 kilometer, meski sempat terjadi kehilangan kontak dengan pusat kendali di Houston selama setengah jam.

Kamera pada kapsul itu mengirimkan foto Bumi yang tampak di kejauhan.

"Titik biru yang dihuni 8 miliar penduduk kini bisa terlihat dengan jelas," ujar Sandra Jones, komentator di pusat kendali Houston.

Orion akan berada di orbit bulan selama satu minggu dan dijadwalkan kembali ke Bumi pada 11 Desember, dan akan kembali ke orbit bulan dengan sejumlah awak pada 2024.

FIFA larang simbol LGBT selama Piala Dunia di Qatar

Tujuh orang kapten Timnas negara-negara Eropa yang berlaga di Piala Dunia Qatar diancam untuk dijatuhi kartu kuning oleh FIFA, setelah mereka menyatakan akan mengenakan simbol LGBT di lengannya.

Para kapten timnas tersebut menyatakan bermaksud mempromosikan kesetaraan dan keberagaman dalam sepakbola dan masyarakat.

Harry Kane dari Inggris,Virgil van Dijk dari Belanda dan Gareth Bale dari Wales bertekad mengenakan simbol ini dalam pertandingan.Kapten Timnas Belgia, Swiss, Jerman dan Denmark juga menyatakan hal serupa.

Namun Federasi Sepakbola Eropa menyatakan para pemain asal Eropa ini akan mematuhi larangan FIFA.

Perintah evakuasi bagi warga akibat banjir di Australia

Ratusan warga Australia yang tinggal di wilayah Selatan sungai Riverina diperintahkan untuk evakuasi untuk mengantisipasi banjir susulan yang bisa mengisolasi mereka.

Perintah evakuasi dikeluarkan oleh Layanan Darurat SES mulai berlaku Pukul 2 siang, Selasa (22/11), akibat meluapnya sungai Billabong Creek dan Edward River.

PM Anthony Albanese telah tiba di Kota Eugowra, daerah yang diterjang banjir bandang pekan lalu, untuk meninjau langsung kondisi yang dialami warga.

Menurut Andrew Hall dari Dewan Asuransi Australia, banyak kota pedalaman yang dilanda banjir beberapa bulan terakhir, sudah tidak layak dilindungi oleh asuransi.

"Kota yang dilanda banjir berulang-kali sudah tidak layak dijamin oleh produk asuransi," jelasnya.

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT