Qantas Raih Penghargaan, Tapi karena Layanan yang Dianggap Mengecewakan

ADVERTISEMENT

Qantas Raih Penghargaan, Tapi karena Layanan yang Dianggap Mengecewakan

ABC Australia - detikNews
Kamis, 03 Nov 2022 16:26 WIB
Qantas adalah bisnis besar di Australia yang mendapat Shonky Awards di tahun 2022. (Supplied: Qantas)
Jakarta -

Setiap tahunnya, lembaga pegiat perlindungan konsumen Australia 'Choice' memberikan 'award' kepada perusahaan yang pelayanannya dianggap mengecewakan.

'Shonky Awards' diberikan sebagai bentuk kritikan dan masukan, dan 'shonky' dalam bahasa Inggris artinya adalah tidak jujur atau tidak bisa dipercaya.

Qantas adalah 'brand' terbesar yang mendapatkannya tahun ini.

Perusahaan lain yang juga meraih 'award' tahun ini adalah Steggles, VetPay, Bloomex danZega Digital.

Direktur eksekutif Choice Alan Kirkland mengatakan Qantas seolah seperti sengaja untuk bisa meraih 'Shonky Awards'.

"Qantas menyebut diri mereka sebagai Spirit of Australia[Semangat Australia], namun kami pikirSpirit of Dissapointment [semangat Kekecewaan] mungkin lebih tepat," kata Alan.

"Mereka memang betul-betul pantas mendapatkan Shonky Award tahun ini," tambahnya.

"Penumpang membeli harga premium untuk terbang dengan Qantas, namun dari keluhan yang kami dengar mereka tidak mendapatkan layanan premium."

Ini menjadi tamparan terbaru bagi maskapai penerbangan terbesar di Australia tersebut, setelah dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah pelanggan menulis pengalaman mereka di jejaring sosial mengenai buruknya layanan, seperti penundaan penerbangan, bagasi yang hilang dan penumpang yang terdampar.

Tapi bulan Agustus lalu, Direktur Eksekutif Qantas Alan Joyce meminta maaf kepada pelanggan dan menawarkan sejumlah penawaran dan hadiah lewat program 'Frequent Flyers'.

Skema kredit penerbangan Qantas juga sekarang sedang diselidiki oleh Komisi Perlindungan Konsumen Australia (ACCC).

'Shonky Awards' tahun ini menjadi yang ketiga kalinya diraih Qantas dari Choice.

Juru bicara Qantas mengatakan penghargaan ini tidak relevan lagi karena performa maskapai sekarang jauh lebih baik dari beberapa bulan lalu.

"Tidak ada yang meragukan jika kami mengalami berbagai masalah beberapa bulan lalu, tapi sungguh mengecewakan karena Choice tidak melihat industri penerbangan dipengaruhi oleh pandemi COVID dan penutupan perbatasan," kata juru bicara Qantas.

Perusahaan lain yang mendapatkan penghargaan

Peraih 'Shonky Awards' lainnya di tahun ini adalah VetPay, Steggles, alat masak Zega Digital dan bisnis pengiriman bunga online Bloomex.

"Kami sangat terkejut dengan keluhan yang kami terima mengenai jasa pengiriman bunga online Bloomex," kata Alan.

"Karena kalau kita lihat dari iklan mereka di Google, mereka bisa mengirim bunga di hari yang sama ke seluruh kota di Australia."

"Namun ketika kami mencoba pelanggan untuk memesan bunga, dalam banyak kasus, uangnya diambil tapi pengiriman tidak dilakukan."

"Kadang pengiriman lambat, dan dalam kasus lain, bunganya layu atau rusak.'

VetPay adalah bisnis yang menawarkan pinjaman uang bagi warga yang butuh uang untuk membayar biaya perawatan hewan.

Choice menemukan perusahaan ini mengenakan suku bunga tinggi yaitu 18,4 persen, ditambah AU$2,50 untuk tiap kali pembayaran, dengan biaya anggota tahunan sebesar $49.

Bisnis yang menjual daging ayam Steggles masuk sebagai peraih penghargaan terkait pemasaran produk nugget ayam, yang disebutkan berisi sayur tapi sayurnya hanya sedikit.

Choice menemukan nugget ayam itu berisi 11 gram kentang, dan 3 gram bunga kol per 100 gram daging ayam, yang artinya hanya 20 persen dari standar satu porsi sayur.

Sementara itu Choice mendeskripsikan alat memasak Zega Digital sebagai peralatan dapur yang bisa memasak sendiri, namun sebenarnya tidak bisa memasak.

Saat Choice mencoba memasak ayam dengan Zega Digital, hasilnya hanya separuh yang matang.

Juru bicara Zega mengatakan tidak ada yang salah dengan produk mereka.

"Bahkan kami menerima banyak masukan positif dari pelanggan yang senang sekali dengan produk Zega, dan kami menerima juga pujian positif dari berbagai media," kata Zega.

"Sayang sekali, orang yang melakukan uji coba untuk Choice menolak tawaran kami membicarakan masalah yang dihadapinya lewat telepon."

"Dalam pengalaman kami, mayoritas masalah kecil yang ada bisa diselesaikan dengan panggilan telepon."

Butuh perlindungan konsumen lebih kuat

Alan mengatakan tahun ini adalah tahun ke-17 lembaga advokasi penghargaan memberikan 'Shonky Awards'.

"Kami berharap ke depannya nanti kami tidak perlu lagi memberikan penghargaan ini, tapi kita masih belum sampai titik itu," ujarnya.

"Kami terus menemukan perusahaan bisnis yang layak mendapatkannya"

"Maksud saya, ini adalah penghargaan yang tidak ingin disampaikan CEO kepada dewan perusahaan setelah mereka menerimanya."

Alan mengatakan penghargaan tersebut menyerukan praktik bisnis yang masuk ke jantung rasa keadilan Australia.

"Kita membutuhkan undang-undang konsumen yang lebih kuat di negara ini. Dan, khususnya, larangan praktik perdagangan yang tidak adil," katanya.

"Jika kita punya undang-undang kuat yang mengatakan perlu memperlakukan pelanggan dengan adil, maka akan sedikit yang melakukan tindak tidak adil dan akan ada [lebih sedikit] Shonky Awards di masa depan."

VetPay, Bloomex dan Steggles telah dihubungi untuk dimintai komentar.

Artikel ini diproduksi oleh Sastra Wijaya dari laporandalam bahasa Inggris

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT