Dunia Hari Ini: Australia Perbanyak Visa untuk Migran Terampil dan Keluarga

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Australia Perbanyak Visa untuk Migran Terampil dan Keluarga

ABC Australia - detikNews
Rabu, 26 Okt 2022 10:37 WIB
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Bendahara Negara Jim Chalmers menjelaskan APBN pertama dari Partai Buruh dalam pemerintahan sekarang. (ABC News: Matt Roberts)
Jakarta -

Selamat hari Rabu ... atau kalau dalam bahasa Inggris biasanya disebut happy hump day!

Hari ini, Rabu, 26 Oktober 2022, kami sudah merangkum laporan utama dari sejumlah penjuru dunia, yang akan kita awali dari Australia.

Selasa malam kemarin, pemerintah Australia mengumumkan anggaran belanja negara dan ini jadi anggaran pertama yang dikeluarkan Partai Buruh sejak mereka berkuasa.

Dan salah satu yang kami fokus adalah anggaran untuk sektor imigrasi, karena banyak yang tertarik soal ini, bukan?

Visa migran terampil ditambah

Pemerintah Australia memberikan anggaran tambahan sebesar AU$576 juta dalam empat tahun ke depan, salah satunya untuk mempercepat proses pengajuan visa.

Bendahara Negara Jim Chalmers juga mengukuhkan janji Partai Buruh yang akan meningkatkan penerimaan visa migran terampil dari angka 160 ribu orang menjadi 195 ribu orang.

Pemerintah juga akan meningkatkan alokasi visa orang tua, dari sebelumya 4.500 orang di tahun keuangan sebelumnya menjadi 8.500 orang di tahun 2022/2023.

Jumlah Visa kemanusiaan tetap sebanyak 13.750 orang, sementara ada tambahan penerimaan 16.500 bagi pengungsi Afghanistan selama empat tahun.

Pengguna Medibank diminta waspada

Perusahaan layanan asuransi Australia Medibank mengatakan paling sedikit empat juta data pelanggan telah diakses oleh peretas yang menyerang sistem mereka.

Dalam pernyataannya Medibank mengatakan sedang menyelidiki daya pribadi dari semua pelanggan Medibank, ahm, yakni anak perusahaannya, serta pelajar internasional yang memiliki produk OHSC.

Medibank mengatakan belum dapat dipastikan jika data-data mereka telah dicuri, tapi jumlah pelanggan yang terdampak diperkirakan akan terus meningkat.

Warga Palestina tewas dalam serangan Israel

Ribuan orang menghadiri pemakaman di Palestina, setelah sedikitnya enam warga Palestina tewas dan setidaknya 20 orang terluka akibat serangan Israel di Tepi Barat.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan tiga orang tewas dan 19 orang terluka setelah Israel meluncurkan serangan ke kota Nablus, kemudian korban lainnya tewas dalam serangan di Ramallah.

Seorang yang tewas menurut pihak keamanan Palestina tidak memiliki senjata ketika tewas, sementara lima orang lainnya diketahui sebagai anggota kelompok militan.

Dalam pernyataannya, pihak militer Israel mengatakan operasi besar-besaran yang dilakukan di Nablus adalah untuk menggerebek "apartemen yang digunakan sebagai markas dan tempat pembuatan bahan peledak."

Adidas Putus Hubungan dengan Kanye West

Perusahaan Adidas memutuskan untuk menghentikan hubungan bisnis dengan Kanye West, karena pernah mengeluarkan anti-semit terkait umat Yahudi.

"Adidas tidak menolerir ucapan anti semit dan ujaran kebencian lainnya," demikian pernyataan dari Adidas.

Adidas akan menghentikan pembuatan produk Yeezy yang diperkirakan akan mengurangi pendapat perusahaan tersebut sebanyak $390 juta.

Adidas

Rumah fesyen Balenciaga juga pernah memutuskan hubungan dengan Kanye West, yang kini dikenal dengan nama Ye.

Mayoritas anggota Parlemen Selandia Baru adalah perempuan

Selasa kemarin, Soraya Peke-Mason dari Partai Buruh terpilih menjadi ketua parlemen Selandia Baru menggantikan Trevor Mallard.

Artinya saat ini ada 60 perempuan di dalam parlemen Selandia Baru dan ini jadi sebuah sejarah baru.

"Ini adalah momen penting dalam perwakilan demokratis di Selandia Baru," kata Grant Robertson, pejabat sementara perdana menteri Selandia Baru, karena Jacinda Ardern sedang ke Antartika.

"Ketika kita memiliki perdana menteri, gubernur jenderal, ketua mahkamah agung yang semuanya perempuan, ini jadi bukti tambahan dalam upaya kita menuju ke kesetaraan gender."

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT