Dunia Hari Ini: Banjir di Australia Kembali Memakan Korban Tewas

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Banjir di Australia Kembali Memakan Korban Tewas

ABC Australia - detikNews
Senin, 24 Okt 2022 12:30 WIB
Warga yang mengalami kebanjiran di Victoria masih harus menunggu beberapa hari sebelum air surut. (ABC News: Iskhandar Razak)
Canberra -

Selamat datang di pekan yang baru, yang jadi pekan terakhir di bulan Oktober.Kami sudah merangkum laporan utama dari sejumlah negara untuk Dunia Hari Ini, edisi 24 Oktober 2022.Kita awali dengan laporan terkini dari banjir di Australia.

Banjir Australia memakan korban

Hari ini ada sekitar 200 peringatan banjir yang dikeluarkan, 140 diantaranya di negara bagian New South Wales (NSW) dan 60 di negara bagian Victoria.

Hujan besar telah membuat banjir dan air sungai meluap di sejumlah kawasan di NSW, sementara kekhawatiran sungai Murray meluap masih dialami warga Victoria.

Jenazah seorang perempuan ditemukan di kawasan Cooyal Creek, NSW, setelah sebuah mobil hanyut. Sopir dan dua penumpang prianya berhasil melahirkan diri dan selamat.

Pekan lalu seorang pria juga dilaporkan meninggal akibat banjir yang terjadi di Rochester, kawasan sebelah utara negara bagian Victoria.

Siapa calon terkuat PM Inggris?

Rishi Sunak, 42 tahun, disebut-sebut akan menjadi calon kuat untuk menjadi perdana menteri Inggris selanjutnya, setelah Boris Johnson mengumumkan tidak akan mencalonkan diri lagi.

Rishi adalah mantan menteri keuangan yang dilaporkan telah mendapat dukungan lebih dari 140 orang politisi.

Hari ini, Partai Konservatif di Inggris akan mengakhiri proses nominasi calon perdana menteri selanjutnya dan mengumumkan hasilnya dalam waktu sepekan.

Jika memenangkan nominasi, Rishi akan menggantikan Liz Truss, yang menjabat perdana menteri paling singkat dalam sejarah Inggris.

Dominasi kekuasaan Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping kembali menjabat sebagai Ketua Partai Komunis China untuk ketiga kalinya.

Artinya, pria berusia 69 tahun tersebut akan menjabat sebagai ketua partai selama 15 tahun, yang biasanya hanya dijabat 10 tahun oleh pemimpin sebelumnya.

Dalam upacara penutupan Kongres Nasional hari Sabtu, mantan presiden Hu Jintao terlihat meninggalkan lebih cepat pertemuan tersebut dengan dibawa petugas.

Kejadian tersebut membuat warga mencari namanya di sosial media yang kemudian disensor oleh pemerintah China.

Mata kiri Salman Rushdie tidak bisa melihat lagi

Agen dari penulis Salman Rushdie mengatakan penulis buku Ayat-Ayat Setan tersebut kehilangan fungsi salah satu matanya dan juga tangannya, setelah insiden penusukan yang dialaminya bulan Agustus di New York.

"Dia kehilangan penglihatan di salah satu matanya," kata Andrew Wylie, agen Salman kepada El Pais, sebuah harian Spanyol.

"Dia mengalami tiga luka berat di leher. Salah satu tangannya cacat karena saraf di tangannya putus," tambahnya.

Andrew tidak menjelaskan di mana keberadaan Salman, sementara penyerangnya, Hadi Matar (24 tahun), menyatakan tidak bersalah atas usaha pembunuhan tersebut.

Ribuan domba padati kota Madrid

Di Madrid, ibukota Spanyol, ribuan domba memenuhi jalanan ketika penggembala membawa ternak mereka menuju ke kawasan selatan selama musim dingin.

Ini adalah bagian dari tradisi tahunan yang dimulai kembali di tahun 1994, dikenal dengan nama 'Fiesta de la Trashumancia', setelah parlemen Spanyol mengakui rute ini.

Jika berabad-abad lalu rute yang dilalui sepi, maka di era modern ini domba-domba ini melewati pusat kota yang ramai, termasuk lapangan utama Plaza Mayor.

Ini salah satu video yang direkam salah satu warga yang melihatnya.

(nvc/nvc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT