Dunia Hari Ini: Tanggapan Presiden Jokowi soal Tragedi Sepak Bola Sejauh Ini

ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Tanggapan Presiden Jokowi soal Tragedi Sepak Bola Sejauh Ini

ABC Australia - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 12:50 WIB
FIFA akan membantu membenahi sistem manajemen sepak bola Indonesia menyusul peristiwa di Stadion Kanjuruhan Malang. (Reuters: Antara Foto/Zabur Karuru)
Jakarta -

Tidak terasa kita sudah sampai di pertengahan minggu.

Sejumlah laporan utama dari penjuru dunia sudah kami rangkum untuk Dunia Hari Ini, edisi Kamis 6 Oktober 2022.

Presiden minta "evaluasi total"

Presiden Joko Widodo kemarin (05/10) mengunjungi Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, setelah insiden yang menewaskan 131 orang, menurut data resmi terakhir.

"Saya sudah memerintahkan terhadap stadion yang dipakai, untuk memperbaiki pintu gerbang, posisi duduk, pagar, dan lain-lain, untuk keselamatan penonton."

"Kita perlu evaluasi total semuanya, manajemen pertandingan, stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, manajemen pengamanan, semuanya, agar tragedi Kanjuruhan tidak terjadi lagi.

"Kita ingin usut tuntas dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Yang salah diberi sanksi, kalau masuk pidana juga sama dipidanakan."

Sehari setelah insiden mematikan, Presiden Jokowi juga sudah "perintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan."

Korea Utara kembali luncurkan rudal

Situasi di Semenanjung Korea semakin memanas selama sepekan terakhir setelah Korea Utara kembali meluncurkan rudal.

Militer Korea Selatan mengatakan ini adalah rudal keenam yang diluncurkan Korea Utara selama hampir dua minggu terakhir.

Panglima Angkatan Bersenjata Korea Selatan mengatakan rudal itu diluncurkan hari Kamis pagi waktu setempat, tapi tidak merinci seberapa jauh perjalanan rudal tersebut dan jenis apa yang digunakan oleh Korea Utara.

Dua hari lalu, Pyongyang meluncurkan rudal yang melintasi wilayah udara Jepang, rudal pertama yang diluncurkan dalam lima tahun terakhir.

OPEC turunkan produksi minyak dunia

Sementara itu untuk menaikkan harga minyak, negara-negara penghasil minyak utama dunia yang tergabung dalam OPEC memutuskan menurunkan produksi minyak sebanyak dua juta barel per hari, atau dua persen dari produksi global saat ini.

Ini adalah penurunan produksi minyak terbesar sejak dimulainya pandemi COVID-19 di tahun 2020.

Negara penghasil minyak terbesar di dunia, Arab Saudi, mengatakan penurunan produksi perlu dilakukan mengikuti peningkatan suku bunga di berbagai negara selain karena melemahnya perekonomian global.

OPEC mengatakan produksi akan diturunkan sampai akhir tahun 2023, kecuali jika ada perubahan besar pada situasi pasar dunia.

Kosmonot Rusia berangkat ke luar angkasa

Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir, seorang kosmonot asal Rusia meluncur ke angkasa dari pusat peluncuran di Amerika Serikat.

Anna Kikina sekarang dalam perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional bersama dengan para astronot NASA dan Jepang, meski ada ketegangan politik karena invasi Rusia ke Ukraina.

"Kami sangat senang bisa melakukannya bersama-sama," kata Anna sambil mengucapkan terima kasih dalam bahasa Inggris dan Rusia "Spasibo!"

Selain Anna, ekspedisi tersebut juga diikuti Kolonel Marinir Nicole Mann, yang adalah perempuan pribumi Amerika, menjadikannya perempuan dari suku asli Amerika pertama yang terbang ke angkasa luar.

Para awak yang diterbangkan dengan Roket Crew-5 milik SpaceX diperkirakan akan tiba setelah terbang selama 29 jam dari Pusat Peluncuran di Florida dan kembali ke bumi bulan Maret tahun depan.

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT