Robot Produksi Kalifornia Bisa Menggoreng Kentang Lebih Cepat Ketimbang Manusia

ADVERTISEMENT

Robot Produksi Kalifornia Bisa Menggoreng Kentang Lebih Cepat Ketimbang Manusia

ABC Australia - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 13:54 WIB
Tidak semua restoran mau umumkan kepada publik soal penggunaan robot karena takut dianggap merebut pekerjaan manusia. (Reuters: Sandra Stojanovic)
Jakarta -

Miso Robotics Inc di Pasadena, Kalifornia, meluncurkan robot Flippy 2, yang membuat proses menggoreng kentang, bawang, dan makanan lainnya secara otomatis.

Robot memiliki tangan besar, seperti mesin-mesin di pabrik pembuatan mobil, yang dikendalikan oleh kamera dan 'Artificial Intelligence' (AI), atau kecerdasan buatan.

Dengan tangannya, robot ini mengambil kentang goreng beku dan makanan lain dari 'freezer', kemudian mencelupkannya ke dalam minyak panas, lalu menyimpan makanan siap saji ke dalam baki.

Flippy 2 bisa memasak beberapa makanan dengan resep berbeda secara bersamaan, sehingga bisa mengurangi staf katering yang dibutuhkan.

Menurut Miso Robotics Inc, robot ini juga mempercepat pengiriman pesanan melalui layanan 'drive-through'.

"Ketika pesanan masuk melalui sistem restoran, maka secara otomatis akan mengirimkan instruksi ke Flippy," kata Mike Bell, kepala eksekutif Miso.

"Ia melakukannya lebih cepat atau lebih akurat, lebih handal dan lebih bahagia kelihatannya ketimbang kebanyakan manusia saat melakukannya."

Robot dengan tugas menggoreng sudah dikembangkan selama lima tahun, tapi baru sekarang tersedia secara komersial.

Nama robot ini diambil dari robot sebelumnya yang dirancang untuk membalik burger, atau 'flip' dalam bahasa Inggris.

Tapi saat tim di Miso menyelesaikan pengembangan robot pembalik burger, mereka sadar kalau ada antrian yang lebih panjang di bagian penggorengan, terutama jelang larut malam.

Mike mengatakan Flippy 2 awalnya sangat menarik perhatian para pelanggan.

"Ketika kami menempatkan robot, pelanggan yang datang dan memesan mengambil foto, video, banyak bertanya."

"Tapi setelah itu, sepertinya mereka tidak sadar kalau itu robot dan menganggap biasa aja."

Para teknisi di perusahaan Miso bisa melihat robot Flippy 2 bekerja secara 'real time' di layar, sehingga jika ada masalah muncul bisa langsung diselesaikan.

Sejumlah rantai restoran 'fast food' sudah menggunakan robot ini di Amerika Serikat, termasuk Jack in the Box di San Diego, White Castle di Midwest dan CaliBurger di West Coast, kata Mike.

Mike mengatakan sebenarnya ada tiga rantai makanan cepat saji besar lainnya di Amerika Serikat yang sudah menggunakan Flippy 2, tapi mereka ragu untuk menyampaikannya kepada publik, karena takut ada anggapan robot akan mengambil pekerjaan manusia..

"Tugas yang orang-orang senang untuk berbagi tugas adalah bagian penggorengan ... Mereka senang mendapat bantuan sehingga bisa melakukan hal lainnya," katanya.

Miso Robotics memiliki sekitar 90 teknisi yang mengotak-atik prototipe atau mengerjakan kode komputer.

Salah satu proyek berikutnya adalah Sippy, robot pembuat minuman yang akan menerima pesanan dari pelanggan, menuangkan minuman, menutupnya, memasukkan sedotan, lalu menyimpan sesuai jenisnya.

Mike mengatakan suatu hari nanti orang-orang akan datang ke restoran dan berkata, "masih ingat dulu manusia biasanya yang melakukannya?".Menurutnya pernyataan seperti ini akan segera terjadi, tapi belum tahu akan seberapa cepat.

Artikel ini diproduksi oleh Erwin Renaldi dari laporan ABC News

REUTERS

Simak juga 'Dunia Robotik Makin Berkembang Pesat, Manusia Perlu Khawatir?':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT